Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
92
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebad9b9c8393a409c2c7e76/mcd-sarinah-sempat-jadi-tempat-muhammad-ali-traktir-warga-jakarta
Quote:Kabar mengejutkan datang dari McDonald’s Sarinah Thamrin, Jakarta. Setelah 30 tahun beroperasi, restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu akan ditutup secara permanen. Sebagai gerai McDonald’s pertama yang ada di Indonesia, ada banyak kisah di balik kabar penutupannya tersebut.
Lapor Hansip
13-05-2020 00:15

Fakta McD Sarinah yang Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta

Past Hot Thread
Quote:Kabar mengejutkan datang dari McDonald’s Sarinah Thamrin, Jakarta. Setelah 30 tahun beroperasi, restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu akan ditutup secara permanen. Sebagai gerai McDonald’s pertama yang ada di Indonesia, ada banyak kisah di balik kabar penutupannya tersebut.

Salah satu hal yang paling berkesan adalah saat petinju dunia asal Amerika Serikat, Muhammad Ali, mentraktir 100 orang untuk makan gratis di McDonald’s Sarinah pada tahun 1991 lalu. Sebagai restoran yang memiliki sejarah di Indonesia, perjalanan bisnis gerai cepat saji tersebut juga diwarnai beragam cerita.

Outlet pertama yang ada di Indonesia
Berdirinya McDonald’s Sarinah tak lepas dari peran Bambang Nuryatno Rachmadi. Usai berhenti dari jabatannya sebagai Presiden Direktur Panin Bank, ia pun memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri. 

Bambang ,kemudian tertarik untuk mencoba usaha di bidang waralaba. McDonald dari Amerika Serikat menjadi pilihannya.

McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta

Ia pun segera mengajukan diri sebagai mitra McDonald’s yang pertama di Indonesia. Tak langsung diterima, Tony harus menjalani masa magang terlebih dahulu di Singapura, Australia, Hong Kong, dan Amerika Serikat sebagai salah satu syarat calon mitra. Setelah disetujui, ia berhasil membuka gerai McDonald’s yang pertama di Sarinah.



Quote:Pernah menjadi tempat Muhammad Ali traktir 100 warga Jakarta
Ada sebuah momen yang menarik saat petinju kenamaan Amerika Serikat, Muhammad Ali, datang ke Indonesia pada tahun 1996 silam. Saat itu, ia berkunjung dalam rangka misi kemanusiaan bersama bersama Yank Barry, teman dekat sekaligus founder Global Village Foundation. Kala itu, Ali yang tengah mencari sarapan mencoba berkunjung ke McDonald’s Sarinah tanpa ditemani oleh pengawalnya.
Baca juga: 5 Manga Karya Koyoharu Gotouge Selain Kimetsu no Yaiba

McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta

Ia pun dikerumuni oleh banyak orang pada saat itu. Melihat hal tersebut, Ali bertanya pada Yank apakah dirinya membawa banyak uang lebih. Setelah dijawab ‘ya’, Ali secara spontan mengkomando orang-orang yang berkerumun di sekitarnya untuk sarapan bersama. “Ayo sarapan! Saya yang traktir semua,” teriak Ali pada 100 orang yang ada saat itu.



Quote:Perusahaan makanan cepat saji yang sempat diwarnai dengan konflik
Meski dikenal sebagai waralaba yang terkenal, perjalanan bisnis McDonald’s Sarinah tak selalu mulus. Beberapa konflik sempat mewarnai gerai waralaba pertama di Indonesia tersebut. Salah satunya saat pihak McDonald’s pusat memberi peringatan agar Bambang menutup 13 gerai McDonald’s miliknya pada 11 Agustus 2009.

McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta

Padahal, ia masih memiliki kerjasama dengan pusat hingga kontrak berakhir pada 2011. Bambang pun mencoba melakukan pembicaraan agar penutupan tetap dilaksanakan pada 2011. Mengingat, saat itu banyak karyawan yang akan berlebaran bakal dipecat. Namun, McDonald’s pusat bergeming dan memutuskan untuk menutup gerai milik Bambang pada 30 September 2009.
Baca juga: 25 Rekomendasi Drama Korea Romantis Fantasi Terbaik



Quote:
Dikabarkan akan tutup permanen
Setelah 30 tahun beroperasi, McDonald’s Sarinah pun akhirnya akan ditutup secara permanen mulai 10 Mei 2020. Dilansir dari Kompas (08/05/2020), hal ini terjadi setelah PT Sarinah (Persero) atau pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin Jakarta akan melakukan renovasi gedung. Salah satunya adalah dengan melakukan pengosongan terlebih dahulu.

McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta

McDonad’s pun menjadi salah satu bisnis yang terkena dampaknya sehingga harus ditutup. Kabar mengejutkan ini pun sempat menuai respon beragam. Beberapa dari mereka memang memiliki nostalgia tersendiri dengan gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat tersebut.

Kabar penutupan McDonald’s Sarinah ini kemudian ramai dibicarakan oleh warganet di Twitter. Banyak dari mereka yang merasa punya kenangan dengan restoran cepat saji asal Amerika Serikat tersebut. Mulai dari tempat nongkrong bersama teman-teman, hingga menghabiskan waktu sembari melihat lalu lalang kendaraan di perempatan Sarinah. Kamu punya kenangan di sana  ?


Baca juga:
- Macam-macam Kostum Batman dalam Komik DC
- 20 Film Hollywood Terbaik Tahun 2019
- 25 Drama Korea Fantasi Romance Terbaik Sepanjang Masa
- 15 Film Bertema Kuliner yang Wajib Ditonton
- 25 Drama Korea Sekolah Paling Mengharukan dan Bikin Nangis
Diubah oleh wizard.20
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 111 lainnya memberi reputasi
110
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 09:18
ah, biasa aja. mau ditutup mau kaga, gak ngaruh buat gue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanblackcore dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 09:26
Ane salah baca Muhammad Ali jadi Bang Ali Sadikin emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 09:36
Saya punya kenangan di copet pas di depan mc d sarinah, menjadi area yg ku blacklist untuk kusinggahi...
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 09:39
tenyata m ali pernah kesana yah.
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 09:52
tempat ane numpang pipis kala CFD.. hehehe. emoticon-Malu sama numpang ngadem modal es krim aja.. pernah beberapa kali jg makan. terakhir sama temen2 ane pas balik dari perpusnas. ampir 2 taun yg lalu kali ya... karena setelah itu ane pindah kerja k jatim. jd ga pernah mampir k situ lg
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 09:53
dari kemaren mbahas McD tros, padahal bulan puasa emoticon-Big Grin emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 09:54
tempat yang memorable banget sih menurut ane emoticon-Malu (S)
tapi apa daya
waktu berkata lain emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:00
nah kaya2 gini yg bikin jadi ada romantisasi kaya kemwrin ga si gan?
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:03
legend pernah sarapan disana..nraktir pula
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:03
dulu waktu kecil sering diajakin bokap ksana krna rumah di tanah abang, bokap kerja di thamrin. tpi blm makan dsana, ane malah seneng makan di sabang, makan di kaki lima tpi rasa nya top
profile-picture
profile-picture
UchieSuciani dan kalkuser memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:06
maho pada ambyar ini
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:11
nunggu mike tyson traktir warga bandung di burgerking
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:12
apalah kita yang cuma tinggal di kampung.. boro boro kenal mcd.. makan cireng aja udah seneng bener..
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:24
yah belum aja sempat ke sarinah udah tutup aja mcd nya emoticon-Hammer (S)

maklum orang daerah emoticon-Big Grin
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:36
sekarang jadi cluster Mcd Sarinah oleh kemenkes, udah berubah menjadi Mcovid-19 emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka (efek kejut penutupan resto)
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 10:47
wow sangat mengagumkan emoticon-Matabelo
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 11:07
bodo amat sih emang kalo tutup ngapa
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 11:25
ane kesana jg diundang jd figuran pura pura makan 🤣
profile-picture
profile-picture
hard_dick dan UchieSuciani memberi reputasi
2 0
2
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 11:30
Banyak sejarah yang telah terukir di situ, mungkin itu yang menjadi alasan banyak orang berkumpul ketika McD Sarinah akan ditutup. Namun sayang kegiatan kumpul-kumpul tersebut dilakukan disaat yang tidak tepat, ditengah penyebaran covid yang semakin meningkat.
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
McD Sarinah Sempat Jadi Tempat Muhammad Ali Traktir Warga Jakarta
14-05-2020 11:43
Sedihh, pdhal mo ke sana
profile-picture
UchieSuciani memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia