News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
220
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb9ee04eaab2527e7632333/anies-perkirakan-kasus-corona-di-dki-sebenarnya-capai-40-ribu-80-ribu
"Ada dua hal yang berbeda di sini, yakni kasus COVID-19 dan hasil tes. Apa yang ditampilkan ke publik adalah hasil tes," kata Anies saat diwawancarai wartawan The Sydney Morning Herald, James Massola, ditayangkan di akun YouTube Pemprov DKI, Senin (11/5/2020).
Lapor Hansip
12-05-2020 07:29

Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu

Past Hot Thread
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI)

Jakarta - Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan jumlah sebenarnya dari kasus positif virus Corona di Jakarta lebih tinggi dari yang diumumkan pemerintah. Anies memperkirakan jumlah kasus COVID-19 di Jakarta bisa mencapai 40 ribu hingga 80 ribu kasus.

"Ada dua hal yang berbeda di sini, yakni kasus COVID-19 dan hasil tes. Apa yang ditampilkan ke publik adalah hasil tes," kata Anies saat diwawancarai wartawan The Sydney Morning Herald, James Massola, ditayangkan di akun YouTube Pemprov DKI, Senin (11/5/2020).

Anies menjelaskan, angka yang setiap hari disampaikan pemerintah ke publik adalah angka hasil tes COVID-19. Hasil tes tergantung dari kemampuan melakukan pengetesan. Bila suatu negara hanya mampu melakukan sedikit tes, maka angka hasil tes juga sedikit. Namun, angka kasus COVID-19 yang sebenarnya diperkirakan lebih besar dari hasil tes.

"Soal jumlah kasus yang sebenarnya, saya merujuk ke layanan pemakaman," kata Anies.

Anies mendasarkan perkiraan jumlah sebenarnya dari kasus Corona pada data pemakaman. Terjadi lonjakan angka dari bulan Februari ke Maret. Pada Februari, angkanya sekitar 2.700 pemakaman seperti rata-rata pada kondisi biasanya. Pada pekan ketiga dan keemat Maret, angkanya melonjak menjadi 4.300 pemakaman. Pada April, angkanya menjadi 4.590 pemakaman.

"Bila CFR (case fatality rate/tingkat kematian) antara 5% sampai 10%, maka kasus yang sebenarnya mencapai 8 ribu atau 9 ribu. Oh, maaf, mungkin 40 ribu hingga 80 ribu," kata Anies.

CFR diperoleh dengan membagi jumlah kematian dengan jumlah kasus. Anies mengasumsikan sekitar 4 ribu pemakaman sebagai kematian COVID-19 semua. Bila CFR-nya 10%, maka kasus sebenarnya bisa mencapai 40 ribu kasus COVID-19, karena 10% dari 40 ribu adalah 4 ribu. Bila CFR-nya 5%, maka kasus sebenarnya bisa mencapai 80 ribu kasus COVID-19, karena 5% dari 80 ribu adalah 4 ribu.

Tidak jelas betul, kenapa Anies mengasumsikan sekitar 4 ribu pemakaman pada bulan Maret dan April itu sebagai kematian COVID-19 semua. Anies mengakui dirinya tidak mempunyai bukti bahwa semua itu adalah COVID-19, namun dia heran dengan lonjakan pemakaman yang tercatat pada Februari ke Maret.

"Memang benar kita tidak bisa mengatakan itu adalah kasus COVID-19, tapi rata-rata layanan pemakaman itu sekitar 2.700 pemakaman per bulan, dan tiba-tiba melonjak menjadi lebih dari 4 ribu, itu mencengangkan," kata Anies.

Anies menjelaskan perkiraan kasus COVID-19 ini sebagai penjelasan awal atas jawaban, apakah kurva Corona di Jakarta akan segera mendatar atau tidak (mendatar karena tidak ada penambahan kasus baru). Pada wawancara tertanggal 6 Mei ini, Anies mengatakan kurva Corona belum akan segera mendatar.

"Saya belum yakin apakah kurvanya mendatar. Kita harus menunggu dua pekan lagi untuk menyimpulkan apakah kurvanya datar atau kita masih menanjak," kata Anies.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 119 lainnya memberi reputasi
116
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 10
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:22
cucoknya ni org dagang obat di jalan
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan jazzcoustic memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:28
demi kursi 2024 segala cara dilakukan.kl masih ngira dan raba2 gk usah asumsi dah mending buka aj data.toh kl ad.. byk emg g akuin kasus2 ditutupi baik dr rs yg takut kehilangan pasien potensinya sama pemerintah yg takut rakyatnya heboh.. cuma kl mau lwn org model gitu bukan hanya omdo.tp data valid lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:29
Naik naik ke puncak Corona gak nyampai nyampai.
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:41
heran ni orang ngebacot mulu, kerja aja cukup, tunjukin hasil, ribet amat
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:43
Semangat kerjanya zerrppp
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:44
Gagal donk jadi kepala daerah jakarta?
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan jazzcoustic memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:46
Terlalu kecil Pak....boleh lah tulis 80 ribu sampai 200ribu......biar prestasinya ga perlu dipertanyakan lg.
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:46
jakarta udah banyak kayaknya, tapi ga semua ke rapid test. kalo testnya gratis mungkin datanya bakal lebih akurat...maklum kita masih nganut motto kalo ada yg gratis ngapain bayar...
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 11:52
Saya yakin, dengan efek kejut dan membuat keramaian akhirnya banyak yg kena korona

Cuma bisa doain orang itu, semoga apapun yg dilakukan balik lagi keorangnya, kalau dia niatnya baik dapet kebaikan, sebaliknya juga.

profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:04
Heran.. Msh aja ngebacot hal yg tak penting.. Masalah bantuan yg kacau data penerimanya seperti ga ada perhatian..emoticon-Entahlah emoticon-Bingung
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:10
aduuh udh enak damai bbrp saat tanpa bacot ente bud.. udalah bikin geger aja tiap ngevacodemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:14
Curiga pernah kerja di pegadaian sebagai juru taksir emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan jazzcoustic memberi reputasi
2 0
2
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:15
Parah juga ya di Jakarta
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:25
hahh perkirakan???
gak ada data ya gak bisa donk
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:41
elah bacot mulu ni orang. kek lagunya slank
"Tong kosong nyaring bunyinya
Klentang-klentong kosong banyak bicara
Oceh sana-sini nggak ada isi
Otak udang ngomongnya sembarang…

aelah emoticon-Bata (S)

profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:43
numpang ngakak ajalah emoticon-Ngakak argumennya mirip kek bocah alesan sama emak pake "katanya-katanya"
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 12:58
nitip jejak aja dah, lagi puasa emoticon-Traveller
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 13:35
Kalau Jakarta banyak yg kena ya anus juga tanggung jawab dikiranya semua cuma tanggung jawab pemerintah, anus cuma play viktim doang emoticon-Cool

Pemerintah pusat buruk penanganan saat corona, anus lebih buruk lagi emoticon-Traveller
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 13:48
Sdh biasa di negara ini duit aja dimanipulasi apalagi data gpp selow aja
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
13-05-2020 14:48
Lha guobloog, itu gubernur ijasah nembak kali ya, ga pernah skripsi apah, lg sidang skripsi jawaban nya ga ada bukti, ga ada data, ga ada tes, cuman tiba-tiba muncul begitu saja di kepala, yg ada kepala lu dilempar asbak ama yg nyidang,
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
1 0
1
Halaman 8 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia