joko.winAvatar border
TS
joko.win
Bansos DKI Didistribusikan Pekan Ini, DPRD: Nilainya Jadi Rp 250 Ribu

Warga memeriksa isi paket bantuan sosial (bansos) dari Presiden yang akan didistribusikan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa, 28 April 2020. TEMPO/Nita Dian

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 2,03 juta kepala keluarga di DKI Jakarta bakal menerima paket bantuan sosial (bansos) berskala besar tahap dua pekan ini.

Anggota Komisi Keuangan DPRD DKI S. Andyka mengatakan paket bansos yang diberikan pada tahap dua ini nilainya lebih besar dibanding sebelumnya. "Paketnya sekarang sedang dalam pengepakan di PD Sarana Jaya," kata Andyka saat dihubungi, Senin, 11 Mei 2020.

Politikus Partai Gerindra itu menuturkan paket bansos kedua ini dianggarkan Rp 250 ribu per paket. Paket sembako pada tahap pertama hanya Rp 149.500.

"Ada beberapa isi paket yang ditambah. Beras dari 5 kg menjadi 10 kg. Ada tambahan kecap dan lainnya untuk menambah kebutuhan menjelang lebaran," ujarnya.

Pada pendistribusian tahap dua Pemprov DKI menggelontorkan Rp 510 miliar. Pendistribusian pada tahap kedua ini lebih banyak dari sebelumnya karena pemerintah telah memperbaiki datanya. "Kami berharap pendistribusian tahap dua ini bakal lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah sebelumnya memperkirakan ada sekitar dua juta kepala keluarga (KK) atau lebih yang bakal menerima bansos tahap dua berbekal data yang diperbaharui dari sebelumnya 1,2 juta kepala keluarga (KK).

Pada tahap I penyaluran bansos, Pemprov DKI Jakarta menargetkan 1,2 juta KK, namun hingga 28 April 2020, berdasarkan data dari laman web COVID-19, tercatat penerima bansos tahap satu senilai Rp149.500 itu, mencapai 1.178.173 KK.

Namun, sejauh ini Dinsos DKI belum memutuskan bentuk bantuan sosial (bansos) tahap dua bagi masyarakat terdampak kebijakan pembatasan ini. Sejumlah kalangan memberikan masukan agar bantuan tahap kedua diberikan secara tunai.

"Itu yang kami masih tunggu. Kan yang pasti kalau dari pusat bentuknya itu tahap kedua ini beras dari bulog 25 kg. Itu yang disampaikan Pak Mensos, hanya beras saja 25 kg, tapi mungkin itu senilai Rp300 ribu," kata Irmansyah di Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.


https://www.google.com/amp/s/metro.t...ya-rp-250-ribu
saeful07
sarkaje
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
1.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.