News
Batal
KATEGORI
link has been copied
295
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb80c3de83c72222c6f93b1/7-alasan-kenapa-banyak-sarjana-masih-menganggur
Wow, Angka yang fantastis gan dari potongan berita di Atas. bahwa ada sekitar 8,8 % dari 7 juta penganguran di Indonesia adalah Sarjana berarti angkanya kurang lebih 630.000 Orang Sarjana masih menganggur.
Lapor Hansip
10-05-2020 21:14

7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur

Past Hot Thread
icon-verified-thread
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
Ilustrasi Gambar

Hallo AganSista, kembali lagi bersama ane Ramonesh.
Thread ane kali ini mau mambahas soal makin besar nya angka penganguran di Negeri tercinta ini.


Quote:630.000 Orang Sarjana Masih Menganggur

JAKARTA, (PR).- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mencatat sekitar 8,8% dari total 7 juta pengangguran di Indonesia adalah sarjana. Kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan mengingat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin ketat dengan datangnya Revolusi Industri 4.0.

https://www.pikiran-rakyat.com/pendi...ganggur-421873



Wow, Angka yang fantastis gan dari potongan berita di Atas. bahwa ada sekitar 8,8 % dari 7 juta penganguran di Indonesia adalah Sarjana berarti angkanya kurang lebih 630.000 Orang Sarjana masih menganggur.

Lantas apakah ini semua salah Pemerintah ?

Atau memang sebenarnya ada di diri kita sendiri kenapa sampai saat ini kita masih sulit mendapatkan Pekerjaan ?

Nah ini ane mau membahas perihal persoalan yang klasik ini gan menurut pandangan ane sendiri yang ane dapatkan dari cerita teman-teman ane yang bekerja sebagai HR dan juga dari beberapa teman ane yang memang masih menganggur saat ini.

Ok. gan

Tentunya Ekspetasi Orang Tua kita adalah jika anaknya lulus Kuliah otomatis pasti dapat pekerjaan dan apalagi kalo anaknya Pintar dan mendapatkan nilai yang memuaskan, pasti yang namanya orang tua sudah gembar-gembor kesana-kemari ke tetangga, saudara dan semua nya kalo anaknya lulus kuliah dan mendapatkan nilai terbaik. namun alangkah runtuh nya hati orang tua melihat setelah prosesi lulus selesai bulan demi bulan anaknya masih saja di rumah alias masih belum mendapatkan pekerjaan. yah tentunya suara bising Saudara, Tetangga sudah mulai berada di telinga orang tua dan kita menjadi tertekan oleh nya. yah ane pun merasakan hal yang sama.

Mungkin jika tau setelah lulus kuliah lebih menyeramkan di bandingkan membuat Skripsi ane lebih memilih untuk tetap dalam fase menulis skripsi / tugas akhir ketimbang fase dalam pencarian kerja.

Singkat cerita Alhamdulillah Ane cuman nganggur 2 bulan dari ane Wisuda gan, dari 20 lamaran yang ane kirim hanya 4 yang memanggil ane. bersyukur ane lulus dengan nilai yang tidak terlalu bagus dan tidak terlalu jelek juga, jadi ane dulu pas ngelamar kerja punya prinsip yang penting ane di terima kerja dan ane tidak pernah mempersoalkan gaji ane. tujuan ane hanya satu, dapat status Kerja bukan Gaji, karena Gaji saat itu belum menjadi tujuan pertama ane.

Singkat cerita ane diterima kerja, dan teman-teman ane saat itu hanya tertawa karena melihat gaji ane yang hanya 1.5 juta saat itu. saat itu ane di terima sebagai Staff IT. waktu terus berjalan dan tidak terasa sudah 1 tahun ane bekerja dan ane diangkat menjadi pegawai tetap. ini adalah momen terbaik dalam hidup ane dimana saat itu sulitnya mencari pekerjaan. yang unik lagi banyak teman ane yang justru masih belum bekerja.

Padahal secara keilmuan teman ane lebih baik dari ane. namun ternyata teman ane punya prinsip.  "Ane Lulus terbaik, jadi ane harus dapat kantor terbaik minimal BUMN, atau dengan Gaji 5 juta"  (thn 2011)   ane pun terdiam.  padahal saat itu ane mau memberikan informasi lowongan kepadanya. jadi minder duluan ane denger kata-kata itu.

Ane pun berfikir, lowongan kerja itu ada banyak setiap hari nya tapi kenapa juga masih banyak penganguran, lantas apa yang salah ?  okelah untuk jadi pengusaha masih sangat Tabu di Negeri tercinta ini karena ane yakin orang tua kita masih lebih suka anaknya jadi PNS atau bekerja di perusahaan / Bank ketimbang menjadi seorang pengusaha.

Ane pun menyimpulkan ada 7 Alasan kenapa Sarjana yang baru lulus sulit mendapatkan pekerjaan.


Quote:1. Mereka tidak menguasai Ilmu apapun selama masa perkuliahan. IPK 3.6 tentunya saat ini banyak IPK tinggi bertebaran. Namun menurut teman ane yang HRD saat mereka di minta menjelaskan satu saja materi yang menarik selama masa perkuliahan yang notabene nya mereka dapat A mereka tidak mampu menjelaskan, bahkan Skripsi/Penulisan yang mereka buatpun mereka tidak mampu menjelaskan dengan baik. dan menurut teman ane hampir semua Fresh Graduate seperti ini.

2. Attitude, sangat-sangat buruk menurut teman HRD kami, yah wajar sih kita di perkuliahan kan tidak belajar perihal Attitude yang baik seperti apa. jadi menurut teman ane mereka tidak menunjukan sopan santun, justru terlihat menggurui, dan merasa paling pintar.

3. Baru saja lulus, tetapi minta Gaji setara Manager. yah ini mirip sekali dengan prinsip teman ane, padahal gaji itu mengikuti skill kita nanti, ane yakin semakin skill terasah maka Gaji akan menyesuaikan.

4. Tidak mempelajari sama sekali Perusahaan yang sedang di Apply. yah minimal kalo ane dapat Interview di Indofood misalkan, pasti malamnya ane sempatkan diri browsing soal perusahaan ini, bergerak di bidang apa, tahun berapa berdiri sama produk apa yang menjadi unggulan, minimal kita tau sedikit Profile Perusahaan yang kita lamar gan jangan sampai tidak tau sama sekali.

5. Tidak paham dengan JobDesc yang dilamar. balik lagi misalkan ane melamar jadi System Analyst masa iya ane tidak paham System Analyst itu apa ? yah minimal kita manfaatkan google,bing untuk cari tau posisi yang kita lamar itu apa dan tugas utama nya apa. jadi balik lagi jangan cuman Apply doang.

6. Penyusunan CV yang alakadarnya dan amburadul, coba kita bayangkan kalo CV kita berantakan dan amburadul bagaimana HR akan tertarik dengan kita, padahal CV kita itu jembatan kita menuju tahap awal, CV itu berisi Profile kita bagaimana caranya orang HR tertarik dengan kita yah kita harus Powerfull juga di CV kita. minimal sering nyari-nyari template CV jangan ala kadarnya.

7. Tidak memiliki pengalaman Organisasi/ magang / kegiatan apapun selama kuliah. lalu darimana orang HR dapat menilai kamu gan jika kerja kita hanya kuliah saja (dan seperti poin pertama kuliah pun tidak kita kuasai sepenuhnya).




Jadi bagi ane Stop menyalahkan Pemerintah, karena kerja itu bukan butuh Ijazah saja tapi Skill, gimana punya Skill dan pengalaman kalo belum kerja ? nah Hak kita memang untuk memilih sebuah pekerjaan, tapi bagaikan jodoh kalo milih-milih terus terlalu lama kapan nikahnya ?  begitupun pekerjaan, kalo milih-milih terus kapan kerjanya, dan umur kita kan terus bertambah yang ada makin umur saingan makin banyak. 

Jadi  untuk para agansista yang baru lulus kuliah, jangan berharap mendapatkan gaji besar tapi cari lah ilmu dahulu, ane yakin gaji akan menyesuaikan pengalaman agan sista bukan dari nilai IPK.

Mungkin itu 7 Alasan mengapa banyak Sarjana yang sulit mencari pekerjaan, jika agan merasa Thread ane bermanfaat ane hanya minta agan sista lemparin Cendol ke Thread ane ini emoticon-Cendol Gan sebagai bentuk kebaikan agan sista pada ane, namun jika agansista punya pendapat lain dari 7 poin diatas bisa di sampaikan di kolom komentas yang sudah di sediakan oleh kaskus emoticon-Coolemoticon-Peace

Terima Kasih
--Ramonesh--
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 185 lainnya memberi reputasi
184
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 10
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 08:39
Makanya, kerja dulu beberapa tahun, terus lanjut kuliah, skill dapet, gelar dapet
emoticon-Cool



ane masih skripsian gan. dan ane masih dalam proses pengajuan judul.
emoticon-Ngakak
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 08:40
kebanyakan anak lulusan baru skill ny di lapangan blm ada cm teori aja makanya saat interview ketolak.
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 09:00
Pengennya langsung dapet gaji gede dan kerjaannya enak
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 09:06
emoticon-Sundul Gan (S) yuk gan kita share ke adik-adik kita emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 09:25
krn mindset kuliah buat kerja.
padahal kuliah buat ngasi cara solusi yg baik
Diubah oleh wbros
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 09:28
setujuu kalo gak punya pengalaman wajib ikut training gan
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 09:32
kalo topiknya ini mengarah ke kenapa msh banyak "sarjana penggangguran di indonesia" ya bukan cuma kenapa tidak diterima di suatu perusahaan/tempat bekerja.
judul agan banyaknya penggangguran di indonesia, tetapi yg dijelaskan kenapa para pencari kerja kadang tidak diterima di suatu perusahaan.

kalo penjelasan 7 hal agan itu lebih cocok ke kenapa seseorang bisa gagal saat test penerimaan karyawan di perusahaan.
agan jelaskan kalimat paling atas soal sarjana penggangguran di indonesia, tapi makin kebawah lebih ke penerimaan oleh suatu perusahaan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

kalo untuk kenapa masih banyak sarjana penggangguran di indonesia ya banyak faktor gan, banyak banget gan ga bsa dijelaskan 1 1 awkawkwakkwa. tapi yang paling berpengaruh :
lapangan kerja dan lulusan sarjana setiap tahun tidak seimbang, penduduk semakin banyak, lulusan semakin banyak, tetapi lapangan pekerjaan tidak bisa mengikuti.

tapi untuk penjelasannya kenapa org bisa ga diterima di suatu perusahaan yg hal2 yang agan sebutkan memang benar.
namanya jg baru lulus, ga tau gmna beratnya dunia kerja dan kadang banyak yg ga tau kalo baru lulus itu intinya cari pengalaman dlu nanti gaji itu mengikuti dan jabatan.
tapi apa itu sepenuhnya salah siswa ? ane rasa jg bukan gan.
kenapa ? karena kita dlu jg ga diajarkan gmna alur dan kerasnya dunia kerja. kita diajarkan hanya belajar, lulus, cari kerja sesuai bidang, nilai IPK bagus kemungkinan lu dpt kerja lebih baik.

kita mana diajarin dlu kalo lulus harus berprinsip cari pengalaman dibandingkan gaji (ya kalo lu lulusan harvard ya beda lah wkwkwk, ga mungkin lulusan harvard tapi mau digaji 1 juta emoticon-Stick Out Tongue )

kita jg ga diajarin skill2 interview, ga pernah merasakan masuk langsung di dunia kerja jg.

kita jg ga diajarin kalo dunia kerja ini kadang ga sesuai yg kita inginkan, jadi jangan kaget kalo jurusan A, kerjanya B wkwkwkwkwk


terus apa salah kalo ga diajarin oleh universitas ? ya ga jg sih WKWKWKWK soalnya kalo hal seperti itu dijelaskan, resikonya bisa jadi kemungkinan yg akan muncul.
- mahasiswa tidak benar2 belajar, karena mereka merasa percuma jika ipk tinggi tapi ntr gajinya sama dgn ipk 2, sehingga kalo mrka belajar kurang, pengetahuan kurang, skill ya pasti ga ada. mau jd apa ntr indonesia kalo mahasiswanya ga belajar benar2 hueueuheu

- mahasiswa tidak optimis, karena kalo diajarkan realita kerja bisa jd kemungkinan mereka jd "pasrah" maksud pasrah kalo ga dapat ya sudah apa yg ada, bukan berusaha lebih keras untuk jd lebih baik.

- dll ahahahahahaha

jadi apa yg paling benar ? ya biarkan para lulusan sarjana saja yang mendapatkan pengalaman dari keras dan pahitnya dunia kerja.
lihat siapa yang bisa berkembang dan bertahan mengikuti realita kerja, dan siapa yg masih idealis dan tidak mau berkembang dan menerima beratnya realita kerja emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan sandygituloh memberi reputasi
2 0
2
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 09:33
Kebanyakan mereka hanya mengandalkan titel, nama besar universitas dan ipk. tapi minim pengalaman dan skill banyakan cuma tau teori doang tapi over expectation
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 09:36
joss gan, bener banget
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 10:24
Iya bener balik juga ke diri sendiri ya, ane selama kuliah suruh apa aja lakuin deh, kuliah di it tapi nyawah biasa, dibangunan pernah, suruh ngajar pernah, service cap terima kasih sering, la bagusnya perbanyak pengalaman dan relasi entah lewat apa, jangan ngarepin ipk mulu deh.emoticon-Salam Kenal
profile-picture
ramonesh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 10:45
Pendidikan tinggi dan nilai yg bagus menurut ane cuma berfungsi buat ngebuka jalan aja..
sisanya ya kemampuan real kita.. Untung waktu masih kuliah dulu ane sempet jadi frelancer yg mendukung buat profesi ane saat ini, jadi pas interview dan test user ane aman2 aja..

Initnya kl belum punya daya jual, jang sok2an jual mahal dulu..
ikutin alurnya aja, usaha ngga akan menghianati hasil kok..
profile-picture
ramonesh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 10:55
iya sih, ini alasan2 yg sering kita temui,ntp gimana ya gan, ya semua serba kompleks sih, sarjana juga sudah menjamur sekarang ini
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 12:12
ya kalo ipk gede minimal gak bodo bodo amat lah bisa pertanggung jawabin nilainya
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 12:35
kok jd inget insta story fresh graduate yg sombong itu ya
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 12:50
pengalaman ane nih ,
ane kelas karyawan kebetulan dah semester akhir

ada junior masuk , kampus ternama
IPK tinggi , dapet tunjangan besar dan lain lain

pas kerja 3 bulan memble

menurut ane pribadi
IPK 30% dari peluang diterima , karena nilai adalah gambaran kepintaran dan daya tangkap si pekerja tersebut.

sisanya Attitude dan pengalaman yang diperlukan untuk menunjang kinerja dan menghemat waktu pas training
cmiiw
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 13:35
Betul gan, sekarang banyak lulusan SMA sama Sarjana memiliki kesetaraan yang sama juga. Karna yang sarjana tidak bisa melatih skill hanya mementingkan ijazah sedangkan yang SMA masih mau belajar dan meningkatkan skillnya 😁
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 14:19
dan belum rejekinya gan emoticon-Shakehand2 emoticon-Toast
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 14:31
klo ane dlu nganggur lama krn IPK, tanpa pengalaman+milih" kerjaan (pokokny front office)... susah bner masuk k tingkat interview... pdhl ane selalu baca profil perusahaan ama CV ane bkin yg sepaham mungkin bwat d baca... yg pnting jngn aaaammm eeemm ammm emmm wktu interview... skrang mala kerja lapangan truz... emoticon-Ngakak
0 0
0
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
12-05-2020 14:35
karena sarjana bermental kuli. ngejar gelar otak kosong, gawene inyah inyih koyo manuk kuntul, ngalor ngidul golek rai( pencitraan) ra entuk gawean jebule nyaleg DPR adol omong. mbrabas koyo ampas.!!
0 0
0
Halaman 8 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia