News
Batal
KATEGORI
link has been copied
299
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb959b3c820843f1f13335f/diancam-denda-bila-tak-bayar-thr-pengusaha-buka-suara
"Ya saya rasa tidak bijak ya kalau masa sulit kayak gini, pengusaha nggak mampu malah didenda. Berbalik dengan stimulus pemerintah, kan stimulus untuk kurangi beban pengusaha agar bisa berjalan," kata Sarman kepada detikcom, Minggu (10/5/2020).
Lapor Hansip
11-05-2020 20:57

Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara

Past Hot Thread
Menjelang Lebaran, pembayaran tunjangan hari raya alias THR tahun ini jadi polemik. Pasalnya, pengusaha mengaku kesulitan membayar sedangkan pemerintah menegaskan THR mesti dibayar, kalau tidak bakal kena sanksi.

Ketua Umum DPD HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan tidak bijak apabila pemerintah masih memberikan sanksi denda bagi pengusaha di tengah kesulitan saat pandemi.

"Ya saya rasa tidak bijak ya kalau masa sulit kayak gini, pengusaha nggak mampu malah didenda. Berbalik dengan stimulus pemerintah, kan stimulus untuk kurangi beban pengusaha agar bisa berjalan," kata Sarman kepada detikcom, Minggu (10/5/2020).

Sarman menilai kalau pemerintah memberikan sanksi maka akan berdampak pada pengusaha, apalagi yang terdampak Corona sejak Februari. Pengusaha-pengusaha itu disebut Sarman bagaikan jatuh tertimpa tangga kalau sampai kena denda.

"Kalau pemerintah kasih denda, coba lihat lah pengusaha yang sudah terdampak sejak Februari. Lihat pengusaha tempat hiburan, hotel, restoran, kafe nggak ada pemasukan sama sekali. Ini kalau mereka kena denda, ibarat jatuh tertimpa tangga pula," kata Sarman.


Di sisi lain, Sarman mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan sudah tepat mengeluarkan (SE) M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Membuat pengusaha bisa bernegosiasi soal THR dengan pekerja. "Nah biarlah dengan SE itu adalah dasar untuk negosiasi," tambahnya.

Lalu apakah pengusaha mau mengikuti pemerintah untuk tetap membayarkan THR?

Sarman menyatakan bahwa pengusaha tidak akan lari dari tanggung jawab. Dia menegaskan bahwa membayar THR adalah kewajiban yang dilandaskan oleh undang-undang.

"Ini kewajiban pengusaha yang diatur dalam undang-undang. Kita nggak akan lari dari tanggung jawab. Itu hak karyawan, tapi waktunya nggak saat ini karena cashflow kami nggak kuat," kata Sarman.

Dia menegaskan bahwa upaya mencicil maupun menunda pembayaran THR bukan dalam rangka menolak untuk membayar THR.

"Jadi sekali lagi saya tegaskan, bukan nggak dibayar ya, tapi nanti tunggu cashflow kita baik lagi," tegas Sarman.


Sarman mengatakan silakan pemerintah memberikan sanksi apabila ada pengusaha benar-benar tak peduli THR pekerjanya. Namun, menurutnya semua pengusaha sadar bahwa membayar THR adalah kewajibannya.

"Kecuali kalau ada pengusaha sama sekali nggak mau tanggung jawab silakan ditindak sanksi. Tapi sampai saat ini sih nggak ada, karena ini kan kewajiban tiap tahun, saya nggak mendengar bahwa ada pengusaha yang sama sekali nggak mau peduli," jelas Sarman

https://m.detik.com/finance/berita-e...a-buka-suara/2

saya setuju sama pak sarman ini..kalau bagi yg masih mampu ya silahkan keluarin THR nya..bagi yg benar2 sdh ga mampu lg cashflownya kan bisa ditunda THR nya sampai cashflow perusahaan membaik,kemampuan tipa perusahaan kan beda2.ada yg kebetulan uang kas perusahaannya lg berisi,ada yg benar2 lg kering uang kas nya krn dana nya dipake utk ekspansi entah itu baru nambah armada atau instal mesin,ada yg baru ambil kredit sebelum tiba2 wabah corona menghampiri

jgn pengusaha ni diperlakukan seperti penjahat aja ditodong diancam2 segala...emoticon-Nohope

kalau mau maksa thr ontime ya setidaknya dibantu lah pengusaha perihal relaksasi kredit utk semua sektor usaha dan tingkatan tanpa pengecualian..jgn pake embel2 khusus ini itu segala seolah olah ga niat kasih relaksasi kredit..pemerintah kebanyakan drama emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berdjayapku dan 180 lainnya memberi reputasi
179
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 10
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:42
kasih aja THR plus PHKemoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:45
namanya jg pemerintah, soal thr mank ada keringanan dgn diskusi dgn pekerja, masyarakat yg kena dampak covid jg ada yg dibantu walaupun mnurut ane msh jauh dari jumlah keseluruhan yg masyarakat yg terdampak.

tpi coba donk pemerintah bnr2 bebasin pajak apapun itu di tahun ini. kredit jg jelas bnr2 ga blh ada yg nagih kredit selama pandemi, truz jg yg terdampak bkn cma masyarakat bawah tpi ane yakin masyarakat menengah jg kena dampaknya, rmh boleh lah di perumahan tpi blm tntu hak milik, di garasi pun blh ada motor ato mobil sapa tau itu punya kerabatnya yg nitip akibat ga ada garasi ato ga aman di lingkungannya. lagipula msh bnyak kryawan yg di gaji dbawah ump bahkan bnr2 pas ump dan kena potong ada yg di phk tanpa pesangon, mreka cma modal cairin bpjs ketenagakerjaan tpi itu makan waktu jg blm tntu cair dalam 2 minggu.

krna smua kena dampaknya, masyarakat cma bisa berharap pandemi ini cpt berakhir agar situasi kembali normal, dan butuh jg orang yg dermawan saling bantu kanan kirinya, kerabat dan lingkungan sekitarnya, butuh jg tuk petinggi negara beserta jajarannya yg merasa gaji nya lbh dari cukup sisihkan sdikit bwt negara ini dan masyarakatnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:45
nunggu thr dulu ah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:45
komunikasi,,,
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:47
SEMOGA DIRAMPOK SAMA PARA KARYAWAN NYA, BARU RUGI 1-2 BULAN, SEBELUMNYA KAN JUGA UNTUNG, DASAR BOS KADRUN, DIPIKIRAN NYA RUGA RUGI MULU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:48
Nah setuju lebih baik di tunda dulu bayar THR buat perusahaan2 yg cashflownya masih kurang sehat mending tunggu sampe agak baikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:48
Emang dana THR nga dipersiapkan jauh jauh hari ya ? *nanya serius.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:50
Wahhh semoga aja deh Ada solusi yang bisa menguntungkan semua pihak ya di situasi yang lagi seperti ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:50
orang gila... masa seperti ini malah maksa pake ngancem emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:54
Dalam kondisi spt sekarang ini mudah2an semua masalah ada jalan keluar terbaiknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:57
pemerintah bisa apa si saat bnyak yg di phk karna prushaaan bangkrut?
nerbitin kartu sakti..yg gak ada manfaatnya itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 1 lainnya memberi reputasi
2 0
2
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 09:57
Padahal lebaran diundur sampe akhir tahun, mudik juga dilarang.
tapi THR ngotot minta sekarang.

ntar akhir tahun minta lagi? emoticon-Ngakak (S)

Apes emang posisi pengusaha, negara lebih pro sama yg jumlahny banyak (pekerja) daripada pengusaha karena pengusaha dianggap "boss" pasti duitny banyak.

persis kyk statement artis yg lakiny padahal masih makan gaji full di DPR kemaren.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:02
Makanya usaha sendiri. Kerja sama orang berharap lebih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:02
Pengusaha masih sanggup bayar full gaji karyawan aja udah bagus banget gan, ada yg harus di gaji 50% karena wabah ini, paling klo mau ya nunggu cashflow mereka normal lg, baru pembayaran THR bisa full seperti biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:03
Nah loh makanya bayar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:03
Kami pengusaha yang diperas terus, mana uang pajak gabalik ke kita malah balik ke yang gabayar pajak.

Kasi apresiasi lah semacam piagam gitu, tulisan pahlawan negara 2020 dengan tidak mem-PHK berapa puluh,ratus,ribu karyawan.
Puluhan sertifikatnya warna Bronze
Ratusan warna Silver
Ribuan warna Gold
Kan enak daripada diancam. GCG pegimana si negara ini
Diubah oleh masbisbus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:07
dicicil aja THRnya, udah paling pas. buat yang karyawan ga usah banyak nuntutlah, sama2 ngerti aja. pengusahan juga kena imbasnya kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:07
masa iya 1-2 bulan udah rugi gk bisa bayar thr lagi emg gk ada dana cadangan?? perusahaan puluhan tahun berdiri?? kecuali yg baru berdiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:10
Itulah kenapa banyak investor pada ngibrit cabut dari negara ini emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
12-05-2020 10:11
Ane mah nyimak aja gan, bukan expert dibidang beginianemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 4 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia