News
Batal
KATEGORI
link has been copied
435
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb917178d9b1758842b6ef0/pemerintah-izinkan-warga-di-bawah-45-tahun-kembali-bekerja
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan bakal memberi kesempatan pada kelompok muda usia di bawah 45 tahun untuk tetap bekerja di tengah pandemi virus corona.
Lapor Hansip
11-05-2020 16:12

Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja

Past Hot Thread
 Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja

Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan bakal memberi kesempatan pada kelompok muda usia di bawah 45 tahun untuk tetap bekerja di tengah pandemi virus corona.

Tujuannya agar pemerintah dapat menekan potensi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) warga yang terdampak corona.


"Kelompok ini tentu kita beri ruang untuk bisa aktivitas lebih banyak lagi sehingga potensi terkapar karena PHK bisa kami kurangi," ujar Doni dalam jumpa pers melalui siaran langsung akun Instagram Sekretariat Kabinet, Senin (11/5).

Doni menilai kelompok usia di bawah 45 tahun ini tak rentan terpapar corona. Secara fisik, kebanyakan mereka yang berusia di bawah 45 tahun sehat dan memiliki mobilitas tinggi.

Di sisi lain, angka kematian akibat corona dari kelompok usia di bawah 45 tahun ini hanya 15 persen. Sementara angka kematian tertinggi 45 persen dari kelompok usia 60 tahun ke atas.

"Kelompok muda usia di bawah 45 tahun mereka adalah secara fisik sehat, punya mobilitas tinggi, dan rata-rata kalau toh terpapar belum tentu sakit. Mereka tidak ada gejala," kata pria yang juga Kepala BNPB tersebut.


Sementara bagi warga yang berusia 46 tahun ke atas tetap diminta untuk menjaga diri agar tak tertular corona.

Umumnya, kata Doni, kelompok usia 46 sampai 59 tahun ini memiliki kondisi kormobid atau penyakit penyerta di antaranya hipertensi, diabetes, jantung, hingga penyakit paru obstraksi kronis. Untuk itu mereka tetap diminta di rumah, mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

"Kalau kita bisa melindungi saudara-saudara kita yang kelompok rentan ini, berarti kita mampu melindungi warga negara kita 85 persen," ucap Doni.

Doni mengatakan, saat ini gugus tugas tengah menyusun skenario untuk menjaga agar masyarakat tidak terpapar virus corona dan juga tidak terdampak PHK.

"Di sinilah dibutuhkan kerja keras dari seluruh komponen masyarakat untuk betul-betul bisa disiplin, taat, dan patuh kepada protokol kesehatan," ujarnya.

Sebelumnya, terkait pandemi virus corona, pemerintah merekomendasikan pelaksanaan kerja tak di kantor alias bekerja di rumah (WFH). Atas dasar itu, lembaga pemerintahan dan juga unit-unit usaha swasta di luar pengecualian menonaktifkan aktivitas perkantoran mereka. Terhitung, sudah lebih dari sebulan WFH ini digalakkan demi meminimalisasi penyebaran virus corona, terutama setelah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Insert Artikel Tempat Usaha yang Tidak Diliburkan Saat PSBB(CNNIndonesia/Basith Subastian)

Pandemi virus corona sendiri telah berdampak cukup besar pada sektor industri di berbagai bidang, terutama terkait imbauan physical distancing yang lalu ditegaskan lewat penerapan PSBB.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat total pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan per 20 April 2020 mencapai 2,08 juta pekerja. Lebih dari setengahnya berasal dari sektor formal yang terkena imbas wabah virus corona. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan jumlah pekerja dari sektor formal korban PHK dan dirumahkan mencapai 1,54 juta orang. Kemudian, khusus di sektor informal jumlahnya sebanyak 538 ribu pekerja.

Selain itu, ada pula sejumlah industri yang akhirnya harus menutup dan melakukan tes terhadap para pekerjanya setelah kedapatan satu atau beberapa yang positif corona. Salah satunya banyak terjadi di Jawa Timur. Angka infeksi penularan virus corona (Covid-19) di Jawa Timur melonjak tajam 128 kasus pada Sabtu (9/5). Penambahan disebut lantaran banyak kasus baru dari klaster penularan industri atau pabrik.

Salah satu peningkatan tinggi terjadi di Kabupaten Pasuruan, sedikitnya ada 21 kasus Covid-19 baru yang bertambah di daerah itu. Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim dr Kohar Hari Santoso menyebut sebagian besar angka itu berasal dari pekerja industri.

Selain Kabupaten Pasuruan, Kota Surabaya kembali lagi menjadi daerah dengan penambahan terbanyak pada Sabtu. Tercatat ada 75 kasus baru di Kota Pahlawan.

Kohar mengatakan 75 kasus baru itu merupakan hasil penelusuran lanjutan dari beberapa klaster yang sudah ada. Penambahan kasus berasal dari klaster PT HM Sampoerna Tbk dan Rungkut Surabaya.

Pemerintah sendiri mulai mewacanakan relaksasi dalam pelaksanaan PSBB, dan skema pemulihan kegiatan perekonomian. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pelonggaran perlu dilakukan untuk mengembalikan perekonomian di masyarakat.

Kemudian hal itu disusul relaksasi transportasi yang diumumkan Menhub Budi Karya Sumadi. Mulai pekan lalu, beberapa golongan masyarakat diperbolehkan mengakses transportasi publik selama PSBB.

Selain itu, Kemenko Perekonomian pun ketahuan mengatakan tengah melakukan kajian skema pembukaan kegiatan ekonomi mulai Juni. Sebuah foto paparan kajian yang viral pekan lalu itu berisi beberapa fase atau tahapan pembukaan kegiatan-kegiatan ekonomi yang akan dilakukan selama Juni hingga Juli telah dikonfirmasi benar oleh kementerian tersebut. Diprediksikan juga, seluruh kegiatan ekonomi akan dapat berjalan normal pada akhir Juli atau awal Agustus.

"Bahwa yang beredar di masyarakat tersebut merupakan Kajian Awal Kemenko Perekonomian, yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan Pemerintah menjelang, selama, dan pascapandemi Covid-19," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (7/5). (psp/kid)



Sumber
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...embali-bekerja

Sip pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
capadesu dan 131 lainnya memberi reputasi
130
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 12
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:32
Mau kerja gmn lagi lah wong tempat kerjanya juga tutup emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:32
yodah la,,mall2 buka terus,,udh sebulan ni menganggur,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:32
gimana mau kerja bapak yg terhormat, kalo terlanjur di PHK. kalo lapangan kerja ga ada karena pabrik tutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:32
Plintat plintut bener ambil keputusan. Ga bs konsisten. Ga mau bantu rakyat. Ngga jelas asli.
Skalian aja cabut PSBB di semua daerah. Mantep dah periode kedua bener2 ga ada beban.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:35
ini mah sama aja menggali kubur sendiri, orang muda itu malah paling bahaya, karena bisa jadi super spreader, anak muda yang masi tinggal sama ortunya apa ga bahaya itu? ya anaknya sehat, ortunya koit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:37
tar kalo naik lagi kasusnya, revisi lagi ya pak emoticon-Malu kan gitu SOPnya

Oh iya pak nanya dulu nih, yang potensial jadi calon spreader itu manula apa yang muda muda pak? emoticon-Malu
Diubah oleh kazuraba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:37
Ini trit cebong? Kok ngegas nyerang kadrun tsnya? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:38
kadang ane bingung ama keputusan dan peraturannya...pengen banget nyelametin ekonomi tapi juga ga mau disalahain kalo ada apa2...bingung dewe...ga jelas menimbulkan berbagai macam tafsiran di lapangan yang bertujuan agar kalo ada apa apa ga disalahin dan bisa direvisi...trial and error
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:39
Alhamdulillah kabar dari virus c-19 ini mulai membaik,dan kita harus waspada juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:39
yayayayayaa... manut ae wes lah 😂

bagaimanapun pemerintah selalu WIN 😂😂😂 betoolll???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:39
gua krj proyek percuma kagak bs kerja jg krn tkg2 gua udah pd di kampung dan lagian blom tentu developer mau kasi izin utk mulai kerja emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:40
nah gitu donk.. heard immunity aja skarang mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:40
kok malah gw yang jadi pusing yak emoticon-Bingung padahal cuma baca doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:41
lowongannya masih ada nggak? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:42
apa sih keburu di PHK duluan dari kemaren kemaren..mending semua stay at home lah,, mereka2 yang muda malah bawa penyakit saat balik kerumah di takutkan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:42
hati2 senjata makan tuan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:43
baru beberapa hari lalu baca berita kalau yang naik krl harus menunjukkan surat perintah kerja dari kantornya sekarang ada berita beginian lagi, yang menyatakan usia dibawah 45 tahun boleh bekerja hemm suka beda beda gitu ya kalau bikin kebijakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:43
terus yang umur 45 ke atas ga boleh kerja. ga bisa makan. cepet mokat dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:44
Akhirnya ada kemungkinan putus satu generasi.. Herd Immunitiy keluar jg.. Mulai kayak masuk hutan rimba, banyak binatang buas.. Harus makin waspada... Bahaya dimana-mana.. Ditambah makin banyak kriminal asimilasi..Semoga Tuhan selalu melindungi kita semua Bangsa Indonesia..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pemerintah Izinkan Warga di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja
11-05-2020 18:44
Wah.. sudah diizinkan ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Halaman 3 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia