• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • 6 Alasan Kenapa Hino Menjadi Andalan Dan Pilihan Utama Pengusaha Bus Di Pulau Jawa

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
6 Alasan Kenapa Hino Menjadi Andalan Dan Pilihan Utama Pengusaha Bus Di Pulau Jawa
Di dunia perbusan Indonesia,selain menggunakan produk Mercedes Benz.Banyak pengusaha bus yang mulai menggunakan produk asal Jepang,yaitu Hino.Kita tahu bus Sumatera fanatik dengan Mercy,dan membuat Hino tidak diminati pengusaha bus disana.Hal ini berbanding terbalik jika gan sist melihat bus dipulau Jawa,yang kebanyakan malah memakai produk dari Hino emoticon-Big Grin


Hino milik Sumber Grup

Sumber



Meskipun Hino tidak semewah Mercy,tapi nyatanya mereka mampu memberikan chasis dan mesin yang cukup mumpuni bagi para operator bus.Berikut ane akan bahas,kenapa Hino sangat diminati pengusaha bus dipulau Jawa.Kita mulai dari poin pertama emoticon-Big Grin



1.Harga Yang Terjangkau



Hino AK8 Tentrem emoticon-Big Grin

Sumber



Hino memang memberikan harga produk yang lebih murah dari produk Eropa gan sist,hal inilah yang membuat banyak pengusaha bus memilih produk Hino.Selisih yang lumayan ini membuat produk Hino laris dipasaran,biasanya produk Hino tipe RK8 dan AK8 banyak menjadi favorit penyedia jasa untuk digunakan sebagai bus pariwisata dan bus ekonomi (bumel).


Bagi mereka yang baru merintis jasa travel atau wisata,menggunakan Hino adalah pilihan terbaik.Karena harganya lebih terjangkau dari saingannya,yaitu Mercy OH1526.


Dengan pertimbangan biaya membeli chasis+pembuatan body dikaroseri untuk Mercy,tentu akan jatuh lebih mahal.Dibandingkan dengan merek Hino.Produk Jepang satu ini menjadi produk paling laris dipulau Jawa,khususnya bagi mereka yang punya bisnis travel dan bus pariwisata.Bus pariwisata yang fanatik dengan Hino salah satunya adalah Subur Jaya emoticon-Big Grin




Sumber


Bagi gan sist yang kebetulan punya keinginan mengoperasikan armada bus besar untuk wisata atau travel,gak ada salahnya memulai dengan memakai produk Hino.Walaupun harganya murah,mereka menawarkan produk yang tidak murahan.Biaya perawatannya juga akan lebih terjangkau, daripada menggunakan Mercy untuk merintis usaha bus pariwisata tersebut.



Selain itu Hino juga menghadirkan produk bus premium dengan air suspension pada tipe Hino RN 285 dan RM 380,dengan banderol sekitar Rp 700-800 juta bisa mendapat bus premium dari pabrikan Jepang ini.Harga ini bersaing ketat dengan OH 1526 dan 1626 milik Mercy,dimana harganya tidak terpaut terlalu jauh.Maka dari itu banyak pengusaha dipulau Jawa mempertimbangkan untuk memakai bus premium milik Hino,daripada bus premium Mercy yang harganya sedikit lebih mahal.




Hino RM380,bus premium milik Hino emoticon-Big Grin

Sumber






2.Bisa Dibuatkan Body SHD dan Custom Air Suspension




Body SHD milik Haryanto emoticon-Big Grin

Sumber



Setelah Adiputro sukses perkenalkan body SHD (Super High Deck) beberapa tahun lalu,banyak po bus dipulau Jawa yang ingin memakai body jenis SHD ini.Tapi masalahnya kebanyakan armada mereka bermesin Hino,dulu ada isu bahwa SHD hanya bisa dipakai oleh mesin bus premium (Eropa) saja.


Tapi nyatanya eksperimen dari Adiputro sukses mengaplikasikan chasis Hino dengan body SHD mereka,hal ini disambut baik para pengusaha bus reguler maupun pariwisata.Mulai saat itu banyak pesanan bus Hino dengan body SHD,terutama bus pariwisata.



Karena Jetbus SHD ini banyak dipakai po bus besar di Indonesia,membuat banyak po berlomba-lomba ingin memakai produk SHD yang kekinian ini untuk tetap kompetitif dalam persaingan usahanya.Hino RK juga selama ini masih dibilang cukup stabil,dengan menggunakan body SHD ini saat melaju dijalan gan sist.




SHD Rosin,Hino RK8 emoticon-Big Grin

Sumber




Seiring berjalannya waktu, produk Hino juga bisa dibuatkan air suspension oleh banyak karoseri besar di Indonesia,kita tahu bus Hino masih menggunakan leaf spring suspension.Dimana getaran akan terasa jika kita melewati jalur yang bergelombang,dengan custom yang dibuatkan pihak karoseri.Mampu merubah leaf spring suspension menjadi setara air suspension,sehingga bisa mengurangi getaran saat dijalan bergelombang.



Custom air sus ini membuat produk Hino memiliki sistem air sus layaknya produk premium milik Mercy atau Scania gan sist emoticon-Big GrinWalaupun tidak senyaman buatan pabrikan asli,tapi sudah lumayan mengurangi getaran saat lewat jalan yang tidak mulus.




Hino milik Sinar Jaya,sering dicustom air suspension emoticon-Big Grin

Sumber



Air suspension buatan karoseei ini biasa disebut built up air suspension,karena bukan teknologi bawaan dari pabrikan bus.Hal ini menambah nilai plus bagi merek Hino yang sering dianggap remeh oleh pengusaha bus,po bus yang sering memodifikasi teknologi suspensi pada Hino adalah Sinar Jaya dan Kramat Djati.




3.Harga Sparepart Terjangkau



Sumber


Sama seperti Mercy di Sumatera,produk Hino dipulau Jawa juga sangat mudah untuk dicari sparepartnya gan sist.Baik yang original atau KW,jumlah stoknya sangat melimpah emoticon-Big Grin Hino sendiri dibawah naungan Indomobil Group,yang sudah memiliki jaringan yang luas di Indonesia.Tentu tidak susah untuk mencari showroom atau bengkel resminya,di setiap kota besar Indonesia gan sist.



FYI Indomobil juga memegang merek lain seperti Volvo,Nissan,Volkswagen dan Audi.Hal ini juga memudahkan para pengusaha bus jika ingin melakukan pergantian spare part busnya,karena bengkel resminya tersedia dibanyak kota besar.




Sumber


Selain itu,sekarang banyak bengkel khusus kendaraan besar tersebar dibanyak tempat.Dimana bengkel tersebut menerima servis atau perbaikan untuk bus.Seperti bengkel didekat rumah ane,yang biasa digunakan po bus untuk servis atau pergantian part mesin armadanya.Hal ini juga memudahkan bagi mereka yang baru merintis usaha bus parwisata kecil-kecilan,dimana biasanya mereka belum mempunyai mekanik sendiri untuk perawatan busnya.




4.Harga Jual Kembali Yang Stabil



Hino AK milik AKAS

Sumber



Untuk mendapatkan bus bekas merek Hino dipulau Jawa terbilang mudah gan sist,harga jualnya juga masih stabil.Apabila sebuah po bus ingin menjual busnya kembali.Banyak po bus besar yang rajin melakukan peremajaan armada,biasanya unit bus pariwisata yang sering dilakukan pergantian.


Karena mengikuti aturan Dishub,dimana untuk bus pariwisata harus melakukan peremajaan bus setiap 10 tahun sekali.Tak heran bursa transfer bus AKAP dan pariwisata dipulau Jawa bisa dibilang cukup ramai,karena banyak po bus besar yang menjual armada pariwisata maupun AKAP-nya untuk diganti dengan yang baru.




Bus pariwisata dengan chasis Hino,body Zeppelin by Gunung Mas emoticon-Big Grin

Sumber




Hal ini memudahkan bagi po bus yang lain untuk mendapatkan armada bus Hino bekas sesuai budget mereka,biasnya ex bus AKAP akan dipakai pariwisata lagi atau jalan AKAP,begitu juga ex pariwisata pun juga demikian.Bisa dibuat untuk bus AKAP maupun pariwisata juga,tergantung kebutuhan setiap pengusaha bus emoticon-Big Grin



Karena mudahnya dalam mencari produk bus bekas Hino,membuat produk ini menjadi andalan untuk mencari rezeki.Terlebih produk Hino menjadi armada tempur yang sering digunakan oleh PO besar dipulau Jawa.




Hino RK milik EKA emoticon-Big Grin

Sumber



Merek Hino sendiri dipakai banyak po legend dipulau Jawa seperti Sumber Group,Eka Mira,AKAS,Sinar Jaya,Harapan Jaya,Haryanto,Rosalia Indah dll.Membuat pengusaha bus tak ragu untuk mengambil unit Hino bekas pakai dari beberapa po besar tersebut,biasanya unit yang dijual juga masih dalam keadaan bagus dan terawat.




5.Masih Menyediakan Bus Bermesin Depan




Sang Legenda yang memakai Hino AK emoticon-Big Grin

Sumber



Ketika Mercy sudah tidak memproduksi bus bermesin depan,Hino memanfaatkan hal ini untuk terus menghadirkan bus bermesin depan dengan harga yang terjangkau.Dimana merek ini banyak dipakai bus legend Jawa Timuran,membuat pamor Hino dipulau Jawa dipandang cukup mumpuni.



Bus bermesin depan milik Hino biasanya dipakai utuk bus bumel (ekonomi),produk mesin depan ini disebut Hino AK8.Bus tipe ini menjadi andalan dan favorit bagi para pengusaha bus,terutama diwilayah Jateng dan Jatim khususnya.Selain harga yang terjangkau,yaitu sekitar Rp 400 jutaan saja.Tipe mesin ini cocok digunakan melibas trek jalan nasional di pulau Jawa,yang kebanyakan lurus dan tidak banyak tanjakan.




Hino AK milik PO Indonesia emoticon-Big Grin

Sumber



Performa Hino AK sendiri cukup mumpuni,dan menjadi favorit pengusaha untuk dijadikan bus AKAP jarak menengah atau pun AKDP.
Beberapa PO yang fanatik dengan Hino AK adalah Sumber Group,Eka Mira,AKAS,Tentrem,Restu Panda,Menggala,Indonesia,Jaya Utama,Tentrem,Harapan Jaya,Primajasa,KD dll emoticon-Big Grin




6.Masih Mau Diberi Minum Solar Busuk



Sumber


Hino RK dan AK masih menggunakan standart Euro II gan sist,dengan mesin yang sedikit konvensional,sebenarnya memberi keuntungan pada pengusaha bus.Karena tidak memerlukan bbm dengan angka cetane tinggi untuk beroperasi gan sist,cukup dengan biosolar si Hino masih mau jalan.Kondisi ini membuat filter bahan bakar Hino lebih awet,dibanding milik Mercy.


Sementara rival bus paling laris,yaitu Mercy,rata-rata sudah standart Euro III.
Kondisi bbm cetane rendah yang dihasilkan di Indonesia,menuntut pengusaha harus rajin mengganti filter bahan bakar milik Mercy.FYI kualitas bbm untuk mesin diesel produksi dalam negeri kita masih belum bagus,sebagain orang menyebutnya dengan istilah solar busuk.Karena cetane yang rendah,dan lebih banyak menghasilkan jelaga (sulfur) emoticon-Berduka (S)




Dimuali dari 0 ya kak emoticon-Big Grin

Sumber



FYI cetane sendiri adalah angka untuk menunjukkan kualitas bahan bakar diesel,semakin tinggi angka cetane.Maka semakin bagus bahan bakar tersebut emoticon-Big Grin
Karena alasan ini produk Hino masih diminati,sebab mampu diberi bbm dengan cetane rendah (solar busuk) yang beredar di Indonesia.



Hitung-hitungan soal bahan bakar juga berlaku disini gan sist,apalagi kalau hanya bermain ditrayek AKAP jarak menengah/AKDP.Tentu lebih menguntungkan menggunakan produk Hino, daripada produk Eropa,untuk bus kelas ekonomi maupun pariwisatanya.





Demikian pembahasan ane kali ini mengenai kenapa produk bus Hino lebih diminati pengusaha bus dipulau Jawa.Memang Hino masih sering dianggap sebelah mata,dan belum cukup bagus untuk menyaingi Mercy dan produk Eropa lainnya.Tapi dengan berbagai inovasi yang mereka hadirkan,perlahan mereka mulai menghilangkan stigma negatif dari produknya tersebut.Sekian tulisan dari ane,mohon koreksinya jika ada kurang atau lebihnya.Mari kita ramaikan kembali khasanah otomotif diforum kaskus raya ini emoticon-Big Grin emoticon-Angkat Beer




Sumber: opini,pengalaman,dan pengamatan pribadi
Referensi: 1,2
Foto: google image,blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 08-05-2020 02:25
nona212
bagascaktirp
tien212700
tien212700 dan 190 lainnya memberi reputasi
191
14.1K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.