News
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb62614b8408869bc101821/kemana-perginya-duit-selisih-harga-jual-pertamax-senilai-rp-170-triliun
Pengamat perminyakan Rudi Rubiandini membeberkan sedikitnya ada Rp 170 triliun selisih harga jual Pertamax oleh Pertamina selama tidak ada penyesuaian dengan harga jual minyak dunia yang sudah mengalami penurunan. Menurut Rudi Rubiandini, uang Rp 170 triliun itu tidak masuk ke kas negara. Uang tersebut merupakan selisih harga penjualan Pertamax selama Maret dan April 2020 ditambah empat hingga del
Lapor Hansip
09-05-2020 10:40

Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?

Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?

Pengamat perminyakan Rudi Rubiandini membeberkan sedikitnya ada Rp 170 triliun selisih harga jual Pertamax oleh Pertamina selama tidak ada penyesuaian dengan harga jual minyak dunia yang sudah mengalami penurunan.

Menurut Rudi Rubiandini, uang Rp 170 triliun itu tidak masuk ke kas negara. Uang tersebut merupakan selisih harga penjualan Pertamax selama Maret dan April 2020 ditambah empat hingga delapan bulan ke depan.

Rudi lantas menerangkan, perhitungan mengenai harga BBM yang tidak turun.

"Jadi, setiap barrel minyak mentah (Crude) yang masuk kilang, akan menghasilkan banyak produk yang bervariasi harganya, tapi tentunya harga BBM lebih tinggi dari Crude," kata Rudi.

Maka untuk memudahkan menghitung, lanjut Rudi, harga crude diambil dari dua jenis acuan dunia, yaitu Brent dari eropa utara, dan WTI dari Amerika Serikat. Walau sebenarnya masing-masing negara punya jenis crude sendiri dengan harga sendiri.

"Kini harga Brent USD 24 per barrel, dan WTI adalah USD 16 per barrel. Sedangkan ICP Indonesia secara rata-rata seharga UDD 20 per barrel, sekitar tengah-tengah antara WTI dan Brent," kata Rudi.

Dikatakan Rudi, crude yang masuk ke kilang, kalau sudah jadi BBM, dijual dengan harga lebih tinggi. Ditambah dengan biaya transportasi, keuntungan kilang, dan pajak sampai ke tangki timbun, yang kira-kira menaikan harga USD 8 per barrel hingga UDD 10 per barrel. Harga ini menjadi lebih tinggi dari ICP.

"Sehingga nilai jual BBM menjadi USD 30 per barrel. Didapat dari harga ICP rata-rata USD 20 per barrel ditambah biaya-biaya USD 10 per barrel. Untuk memudahkan, maka mengambil saja harga produk BBM yang biasa dijual di stok singapura, namanya MOPS, juga saat ini harganya sekitar USD 30 per barrel," ulas Rudi.

Lebih lanjut, menurut Rudi, untuk menghitung harga jual ke SPBU, masih harus ditambah biaya transportasi, subsidi silang harga sama, keuntungan Pertamina, losses, dan lain-lain senilai Rp 1.800 per liter. Kemudian ditambah PPn sebesar 10%, PBBKB sebesar 5%, serta keuntungan SPBU dan transportasi atau margin sebesar 10%.

"Sehingga dengan harga saat ini dan kurs Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat saat ini, akan ketemu harganya Rp 5.500 per liter," terang Rudi.

"Yang jadi masalah, sudah dua bulan harga minyak dunia turun, Pertamina belum menurunkan harga Pertamax dari Rp 9000 per liter. Kemana kelebihan Rp 3.500 per liter? Hitung saja 1 juta barrel (159 juta liter) per hari, selama dua bulan dan plus 4-8 bulan ke depan, akan jadi Rp. 170 Triliun, dan tidak masuk ke kas negara," ungkap Rudi.(hen)

sumur minyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 52 lainnya memberi reputasi
49
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 14:20
Quote:Original Posted By Harkoto
buat bini mudanya lagi demen2ny tas herpes emoticon-Mad


Perih gan Herpes emoticon-Turut Berduka
profile-picture
zaqwert memberi reputasi
1 0
1
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 14:30
hmm....
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 14:55
Hitung-hitungannya nanti khan ada di laporan ...
Sekarang khan belum "tutup buku" ...
Juga belum ada kepastian (siapa yang bakal jamin ?), apakah memang benar harga BBM segitu itu akan terus berlaku sampai 4 bulan ke depan ..
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 15:18
Semua salah ngahok, BPT, presiden, dan wiwi emoticon-Betty
Empat orang itu selalu bikin onar.
Pokoknya salah mereka emoticon-Mad (S)
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 15:26
KEAJAIBAN HARGA BBM +62

ketika harga minyak dunia naik maka harga BBM non subsidi di negara + 62 juga mengalami kenaikan mengikuti harga pasar

TAPI

ketika harga minyak dunia turun maka harga BBM non subsidi di negara + 62 tidak mengalami penurunan seperti harga pasar
profile-picture
sabianlicious memberi reputasi
1 0
1
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 15:27
sesama mantan napi. let them fight
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 15:31
ini guru besar itb yg masuk bui kan? agamanya apa sih suhu besar koruptor ini? emoticon-Big Grin
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 15:31
Buat bayar hutang mungkin...
Bisa jadi diturunin ke 5.500 itu gampang, yang susah naikinnya lagi... Lebih beresiko...
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 15:37
jgn cuap cuap tanpa data..klo berani pake data dan siarkan via media elektronik biar masy pada tahu..klo sekedar cuap2 ane jg bisa..emoticon-Cool
profile-picture
bstepanus memberi reputasi
1 0
1
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 15:50
wao... selalu saja duit rakyat yg diambil.
emoticon-Entahlah
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 16:09
Ngabisin stok lama kelesssss....
ah elah...
emoticon-No Hope
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 16:22
bagi2 ke kantong kartel petral
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 16:32
Quote:Original Posted By ssdestroyer
lu pikir gaji karyawan pertamina dikit? indonesia sebagian besar dana itu habis menggaji karyawan emoticon-Tai:


ini ane sepakat sh.
Semua bumn apalagi kyk P3rt4mina n Pele en.
itu royal bgt dm pegawainy
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 16:42
gede juga, pantesan ngak turun
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 16:43
Pengamatnya hebat banget ngitungnya. Apakah penurunan penjualan dua bulan ke terakhir dan delapan bulan kedepan yg dia jadikan acuan itu tidak masuk hitungan? dipukul rata saja penjualannya seperti biasa?
Selisih keuntungan pasti ada, tapi tidak mungkin setinggi itu, apalagi pertamina pembeliannya pakai MOPS.
Indonesia musti punya kilang sendiri yg signifikan agar bisa mendapatkan keuntungan, jangan hanya Singapura dan Malaysia saja.
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 16:46
biarkan elite2 pertamina yang mainkan ganemoticon-Motret
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 17:39
paling dibawa kabur lagi ke menlen, kayak yang udah2.
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 17:50
Rudi Rubiandini??
pengamat perminyakan??
Lu bukannya koruptor waktu di SKK Migas??
kemana perginya duit US$ 522.500 Rud?? emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
bstepanus memberi reputasi
1 0
1
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 18:00
Tanyakan ke Ahok dia pasti tau atau pura-pura gak tau
0 0
0
Kemana Perginya Duit Selisih Harga Jual Pertamax Senilai Rp 170 Triliun?
09-05-2020 18:58
buat bansos gan .. pemasukan pajak minim .. gara2 pada minta lockdown ekonomi ga jalan maksimal .. gw rela bbm ga turun gpp asal uang buat negara, asal jangan dikorup .. tolong kpk jagain ya
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia