News
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb5470f8d9b1703545f0f40/kacau-disaksikan-jokowi-anies-dan-para-menteri-gontok-gontokan
Rifka Amalia Jumat, 8 Mei 2020 | 12:30 WIB Berawal dari rapat kabinet terbatas virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo bersama sejumlah kepala daerah, muncul sebuah perdebatan. Beda paham terkait data bantuan sosial (bansos) untuk warga miskin terdampak corona di DKI Jakarta menjadi penyebabnya. Mengutip Kompas.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ada sekitar 3,6 juta warga misk
Lapor Hansip
08-05-2020 18:48

Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan

Rifka Amalia Jumat, 8 Mei 2020 | 12:30 WIB

Berawal dari rapat kabinet terbatas virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo bersama sejumlah kepala daerah, muncul sebuah perdebatan.

Beda paham terkait data bantuan sosial (bansos) untuk warga miskin terdampak corona di DKI Jakarta menjadi penyebabnya.

Mengutip Kompas.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ada sekitar 3,6 juta warga miskin dan rentan miskin yang butuh uluran tangan pemerintah di masa pandemi.

Hal itu disampaikan Anies saat melakukan konferensi video bersama Wapres Ma'ruf Amin pada 2 April 2020.

Dari jumlah tersebut, Anies mengatakan bahwa sebanyak 1,1 juta warga miskin rutin mendapat bantuan dari Pemprov DKI dan akan mendapatkan bansos di masa pandemi Covid-19.

Sementara 2,5 juta sisanya termasuk warga rentan miskin yang kehilangan pendapatan, akan menerima bansos dari pemerintah pusat.

Di hari yang sama, rapat virtual bersama Presiden Jokowi digelar.

"Saya kira kemarin Gubernur DKI juga sudah menyampaikan 3,6 juta perlu dimasukkan dalam jaring pengaman sosial dan yang sudah diberikan Provinsi DKI 1,1 juta. Artinya, tinggal 2,5 juta yang perlu kita eksekusi di lapangan," ujar Jokowi, dikutip dari Kompas.com.

Sehari sebelum diterapkannya PSBB Jakarta, Pemprov DKI mulai membagikan bansos berbentuk sembako pada 9 April 2020.

Namun belakangan, tiga menteri dalam kabinet Indonesia Maju menyentil data bansos DKI Jakarta yang dianggap tidak sesuai kesepakatan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan Menteri Sosial Juliari Batubara, menyinggung soal data penerima bansos.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Pemprov DKI tak lagi memiliki anggaran untuk bansos di Jakarta.

Muhadjir Effendy bahkan secara blak-blakan mengaku sempat bersitegang dengan Anies Baswedan.

"Kami dengan DKI sekarang sedang tarik-menarik cocok-cocokan data (penerima bansos). Bahkan, kemarin saya dengan Gubernur agak tegang, agak saya tegur keras Pak Gubernur (DKI)," ujar Muhadjir dalam sebuah diskusi yang digelar secara virtual pada Rabu (6/5/2020).

Alasannya adalah pernyataan Anies dalam rapat bersama Jokowi yang dinilai tidak sesuai dengan pelaksanaan di lapangan.

Muhadjir mengatakan, Anies menyanggupi untuk membagi urusan bansos, yakni 1,1 juta warga dipegang Pemprov DKI, sementara 2,5 juta lainnya diberi bantuan Kementrian Sosial.

Muhadjir pun telah berkomitmen dengan kesepakatan itu.

Kemensos juga telah melakukan pengecekan terhadap 2,5 juta warga miskin di DKI Jakarta, dan didapatkan 1,3 juta KK setelah verifikasi.

Muhadjir mulai merasa janggal saat Pemprov DKI mendistribusikan bantuan pertama.

"Di lapangan, ternyata Pak Gubernur menyampaikan bahwa bantuan itu (bantuan dari DKI) sekadar untuk mengisi kekosongan sebelum pemerintah pusat mengisi," kata Muhadjir.

Pembagian paket sembako dari presiden RI Joko Widodo untuk rakyat rentan terdampak corona Dokumentasi Lurah Kalianyar via Kompas.com
Pembagian paket sembako dari presiden RI Joko Widodo untuk rakyat rentan terdampak corona

Padahal kesepakatan sebelumnya menitikkan pada target masing-masing dari Kemensos dan Pemprov DKI, alih-alih sekedar mengisi kekosongan.

"Makanya kemarin saya ingatkan Pak Gubernur. 'Pak Gubernur, kan itu ada kesepakatan di rapat kabinet tidak begitu (bukannya mengisi kekosongan)'," ujar Muhadjir.

"DKI sanggup (memberikan bansos ke) 1,1 juta, kami siapkan yang 2,5 juta. Jadi jangan diubah itu, Kalau diubah, jadi kacau di lapangan," lanjutnya.

Tak berhenti sampai disitu, kekacauan kembali muncul kala ada rakyat yang mendapatkan bantuan double, yakni dari Kemensos dan Pemprov DKI.

Ironisnya, bahkan terdapat warga miskin yang seharusnya masuk dalam daftar penerima bansos, namun malah tak mendapatkan apa-apa.

Kemensos juga telah meminta kepada DKI untuk mengerahkan RT/RW agar mendata rakyat miskin di daerahnya.

"Karena banyak orang miskin baru gara-gara Covid-19. Pengusaha UMKM juga banyak yang mata pencahariannya hilang dan itu tidak ada dalam data," ujar Muhadjir.

Namun oleh Pemprov DKI, data itu tak kunjung disalurkan ke Kemensos.

Sementara di sisi lain warga sudah berteriak-teriak minta bantuan.

"Jadi di lapangan kacau. Karena daftar (warga penerima bansos) yang diturunkan kepada Kemensos itu adalah yang (data) punya Gubernur. Nah, sementara RT/ RW juga punya data sendiri yang itu mestinya dikirim ke Kemensos, tapi tidak dikirim," paparnya.

Padahal, menurut Muhadjir, pemerintah hanya ingin memberikan bantuan secara merata, bukan malah tumpang tindih atau justru salah sasaran. (*)

https://sosok.grid.id/read/412141678...i-dki?page=all

Maaf judul disunat karena lebih dari 85 character
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 68 lainnya memberi reputasi
69
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 19:51
3,6 juta warga jakarta akan nerima bantuan, banyak juga ya, hampir 35% total penduduk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekonomi122 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:10
kalo kata muhajir sih konyol berat kalau pemerintah pusat harus kasih bantuan ke warga.
makanya ga mau lokdon lokdon an.

paham kan sekarang.
kampret, cebong, buzzeRp bagi pejabat rezim ini cuma dianggap beban.
goblok yang masih memuja muja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:18
drama yg tak kunjung padamemoticon-Bingung
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:21
Sama2 mantan menteri pendidikan. Sama2 mantan rektor.
Trus presiden gimana sikapnya???
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:30
karena alasan ini lah mungkin, pemerintah kaga berani lockdown

bukan ngga ada duit nya, tapi pelaksanaan lapangan sama bawah-bawahnya pemerintah itu kacau
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:48
jadi kangen jaman pak Harto, dari Presiden sampe RT hampir kompak semua, rantai komando jelas, gak ada yg gontok2xan di luar, paling di rapat kabinet doang pada debat. Kayaknya desentralisasi blon cocok di Indo.
Diubah oleh dnaltalf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kelabang.Hitam dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:51
gontok-gontokan apa sih?
biasa aja gitu kok.. emoticon-Confused
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:52
11 ....12
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 20:53
Quote:Original Posted By muantapdjivva
Hasilnya sama.. emoticon-Big Grin
Coba kau baca baik2 berita di atas.. emoticon-Big Grin

Jatah Pemprov = 1,1 juta
Jatah Pempus = 2,5 juta

Terserah kau mau jiwa atau KK, oke.. emoticon-Big Grin
Yg jelas kesepakatannya disitu.. emoticon-Big Grin
Rapat Kabinet ketok palu, tok sudah sah kesepakatan bersama.. emoticon-Big Grin

Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan

Nah kemudian di lapangan Pempus lewat Kemensos hanya mampu memverifikasi atau bahasa kasarnya memangkas dari 2,5 juta jadi 1,3 juta ya itu bukan salah Anies dong.. emoticon-Big Grin

Pempus diwakilkan Kemensos minta data dr Propinsi, sudah dikasih.. emoticon-Big Grin
Nah Pempus kemudian minta data dari RT/ RW ya cari sendirilah kalau memang tidak percaya dg data Pemprov.. emoticon-Ngakak (S)
Masalahnya dimana itu sri.. emoticon-Ngakak (S)

Masalah sebenarnya kan cuma kesepakatan di Rapat Kabinet yg Pempus menanggung 2,5 juta tapi fakta di lapangannya hanya mampu 1,3 juta kan.. emoticon-Ngakak (S)
Lalu gontok2an karena tidak ingin malu kan Pempusnya.. emoticon-Ngakak (S)


Coba tunjukin mana statement 2,5 juta dipangkas jadi 1,3 juta.


Jangan pake kata2 yg lu pelintir2 artinya ya tapi
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan hhendryz memberi reputasi
2 0
2
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:01
Yaudah fokus dulu benerin data penerimanya. Data Pemprov dibandingin sama data Kemensos, kalo ada yg double dicoret. Perlu juga bikin verifikator untuk nilai apakah bantuannya tepat sasaran atau kagak. Susah? Iya. Ribet? Iya. Tapi apa bisa? Bisa.
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan Simsmudvine memberi reputasi
2 0
2
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:03
ya berarti jokowi sama anies emang ga becus kerja, govlog..

profile-picture
profile-picture
albi00 dan darmawati040 memberi reputasi
1 1
0
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:03
sama mencla mencle
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:11
mereka semua goblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rasasakit dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:16
Sama atasan ngomong A, sama rakyat ngomongnya B. Politik adu domba ala wan anies emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
mmengong dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:28
nyimak sambil makan popcorn rasa karamel plus minum cola
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:38
gak heran. masih tergiang mungkin karena kemarin dipecat sebagai mendiknas.

jadi mau tunjuk taring sebagai man on the stage.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
mmengong dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:45
Ane Dah Miskquin akut emoticon-Big Grin,
Mungkin uang merah jatuh dr langit se karung aja yang bisa ngobatiemoticon-Leh Uga
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:48
Jalan tengah ?
Dana dari pemkot DKI berikan ke Kemensos, taruh orang pemkot di panitia, untuk ikut membantu. Kalau kurang orang, ajak TNI dan Polri.
Data yang ada jadikan satu, pelaksanaannya biarkan Kemensos yang menangani.
Terkait bencana ... pagebluk ini, memang termasuk wewenang Kemensos dan Basarnas sebetulnya.
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:55
terlepas dari gontok gontokan antara anies dan menteri rakyat perlu bantuan secepatnya. pusat dan daerah yg suruh psbb oiiii giliran bantuan kok gitu yah lempar sana sini. rakyat nga peduli dengan uruaaan tanggungnjawab gubenur atau pusat. rakyat taunya di bantu.... dalam tempo yg secepat cepatnya. udah 2 bulan ini psbb nga jelas
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Kacau! 'Disaksikan' Jokowi, Anies dan Para Menteri Gontok-gontokan
08-05-2020 21:57
kuwontol kuwontol siepilis, raja singa lah kalian semua...
intinya yg diperlukan pemerataan bantuan dan tepat sasaran.
tahikkk
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia