News
Batal
KATEGORI
link has been copied
302
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb41160eaab250bc41cf9a5/soroti-alasan-bi-yang-ogah-cetak-uang-dpr-kekanak-kanakan
Bank Indonesia (BI) menolak mentah-mentah usulan Badan Anggaran DPR RI untuk cetak uang Rp 600 triliun. Dengan alasan pengedaran uang sudah berada dalam sistem yang benar dan sesuai dengan praktik kebijakan moneter, sedangkan cetak uang untuk dibagi-bagikan ke masyarakat disebut bukan hal yang lazim dalam kebijakan moneter.
Lapor Hansip
07-05-2020 20:47

Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!

Past Hot Thread
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
Foto: Lamhot Aritonang

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menolak mentah-mentah usulan Badan Anggaran DPR RI untuk cetak uang Rp 600 triliun. Dengan alasan pengedaran uang sudah berada dalam sistem yang benar dan sesuai dengan praktik kebijakan moneter, sedangkan cetak uang untuk dibagi-bagikan ke masyarakat disebut bukan hal yang lazim dalam kebijakan moneter.

Menanggapi itu, Ketua Badan Anggaran MH Said Abdullah mengatakan alasan tersebut sangat tidak mendidik dan bersifat kekanak-kanakan. Usulan untuk mencetak uang bukan berarti uang tersebut dibagi-bagikan ke rakyat begitu saja.

"Berhenti lah bersifat kekanak-kanakan. Nggak ada orang suruh mencetak uang kemudian uangnya dibagi-bagikan ke rakyat. Memang di dunia ada praktek seperti itu? Apa Amerika mencetak uang bagi-bagi ke rakyat? Itu sangat tidak mendidik justru komentarnya, dengan segala hormat saya menghormati pak Perry (Gubernur BI)," kata Said kepada detikcom, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, BI punya kewenangan yang besar untuk memulihkan perekonomian masyarakat jika mau. Ia pun menyoroti peran BI yang dinilai belum berbuat apa-apa untuk penanganan dampak COVID-19.

"Pemerintah telah melakukan bagiannya memberikan stimulus Rp 34 triliun untuk UMKM membantu bunganya 6%. Pertanyaan saya, apa yang dilakukan BI?" tanyanya.

Walaupun Giro Wajib Minimum (GWM) rupiah sudah turun 200 basis poin (bps), di saat yang sama Rasio Penyangga Likuiditas Makroprudensial (PLM) dinaikkan 200 bps. "Pada saat yang sama BI mencekik perbankan karena menaikkan PLM 200 basis poin juga," ucapnya.

Jika BI tak mau cetak uang, Said bilang, setidaknya BI harus menurunkan suku bunga 2% agar perekonomian Indonesia bisa segera pulih.

"Seharusnya dalam kondisi yang seperti ini, kewenangan diberikan BI luar biasa, apa tidak bisa BI menurunkan suku bunganya dulu 2% agar mampu secepatnya memulihkan perekonomian kita," ujarnya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kicquck dan 141 lainnya memberi reputasi
138
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 11
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 09:04
bukanya DPR itu taman kanak-kanak ya?emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 09:19
karena saemakin banyak kita nyetak uang bisa meningkatkan hutang negara juga, jadi memang perlu di pikirkan dengan matang lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:32
DPR nya mabok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:37
lucu cetak yg asal asalan bakalan memberikan dampak inflasi yg besar juga. udah ada contoh zimbabwe cetak uang terus menerus akhirnya apa ? uang jadi nga ada nilai nya di jual kiloaan malah .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:40
DPR OH DPR 😂😂😂

😂😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:40
buset man bacot ae... mentang2 duit udh di LN smua ditirutin ambyar lu hewan pd aman... bangke
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:41
DPR seperti biasanyaemoticon-Recommended Seller banyak cetak uang mah otw inflasi kayak Zimbabwe dan setengah mampus ngebalikinnya kalau sudah kayak Zimbabwe.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:42
Uang itu salah satu fasilitas penyebaran virus Corona. Makin banyak uang beredar makin susah juga virus corona hilang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:43
wahai anggota DPR yang pinter, analogikan lah bernegara itu kaya bawa kendaraan. klo pun pemerintah kasih berbagai macam stimulus itu karena hambatan yang dalam dan perlu digas lebih kuat supaya keluar dari hambatan itu.

tapi diperlukan kebijakan ngerem yang bijak biar gas yang dalam tetap bisa dikontrol dan nggak nabrak kemana2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:48
Mau inflasi? Koplak emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:50
Wkwkwkwkwk, emang dikira nyetak duit itu segampang ngeprint gambar di kertas. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:51


Quote:Original Posted By dewars12yo
Itu DPR pasti lulus sekolahnya pake nyogok kalo gag yah memang goblog


Lulusan sma
Pernah dagang keripik tempe
Pernah diperiksa kasus pengadaan alquran
Baca di
Sini
Ga tau valid apa ngak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:51
ketauan sekolahnya cabut mulu, masuk kuping kiri keluar kuping kanan... pekok! cah gemblung emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:52
kemarenan di"tabok" nana
trs di"tabok" perry
yg jamu di"tabok" idi sm bpom

trs mangfaat lu apa?

bagian di"tabok"in doang?

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:52


Quote:Original Posted By perbarung7
Printing money berbasis proyek.
Mantap tuh....yg korupsi harus siap di hukum mati.
Klu kagak bisa inflasi


Yg buat UU Legislatif
Di hukum mati, Ya Bunuh diri sendiri kwwkwkwk
Cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:53
pada mikir inflasi ga sih orang goblok goblok itub
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:53


Quote:Original Posted By saoyuan
Minta inflasi meningkat drastis trus pemerintah kehilangan kepercayaan sama rakyat krn menyebabkan inflasi yg gila2an? Ujungnya bisa sama kaya 98 dong, bahkan mungkin bisa lbh parah dri 98. Gak ngerti ekonomi atau gimana ya DPR kita ini emoticon-Traveller


Lulusan SMA bre, maklum beliau
Kwkwkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:54
"Mana sempat, keburu telat.. He'em mana sempat"
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:55
easy solution untuk jangka pendek, kalo dibiarin di setujuin maka akan terjadi chaos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soroti Alasan BI yang Ogah Cetak Uang, DPR: Kekanak-kanakan!
08-05-2020 15:56
menurut gue, BI udah ahlinya uang sm ekonomi jd nurut aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 5 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia