Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
446
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb22d5e365c4f591762ed29/gue-keturunan-prabu-brawijaya-raja-majapahit
Udah sejak lama gue tau bahwa eyang gue nyimpen kertas silsilah keluarga. Kayaknya malah dari zaman gue masih SMP, hanya saja dulu gak tertarik untuk membahas atau menceritakannya ke orang lain. Siapa yang bakal percaya bahwa gue keturunanan raja, dan lagi pula apa juga manfaatnya bagi-bagi teman-teman yang mendengar?
Lapor Hansip
06-05-2020 10:22

Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)

Past Hot Thread
Udah sejak lama gue tau bahwa eyang gue nyimpen kertas silsilah keluarga. Kayaknya malah dari zaman gue masih SMP, hanya saja dulu gak tertarik untuk membahas atau menceritakannya ke orang lain. Siapa yang bakal percaya bahwa gue keturunanan raja, dan lagi pula apa juga manfaatnya bagi-bagi teman-teman yang mendengar? Gak bakal bikin mereka berujar bangga, “eh anjir ternyata temen gue darah biru, brooo!” Enggak. Gak bakal.

Tapi dari pada bengong bingung mau ngapain gara-gara pamdemi, gue minta tolong nyokap untuk nyariin itu kertas soalnya gue gak tau disimpen di mana dan bahkan sempet mikir palingan udah ilang. Eh ternyata ketemu.

Sekarang gue pingin membahasnya, di sosial media. Selain gue tulis di blog, gue sebar juga di Twitter @cekinggita dan videonya gue simpen di Youtube. Linknya video ntar gue copas di akhir tulisan.

Biar apa gitu dicerita-ceritain ke khalayak? Ya siapa tau aja ada yang tertarik mengecek kebenarannya. Bisa aja ternyata salah kan? Lalu ini kalau diliat-liat bagan keturunannya, bisa aja besok-besok dibikin reuni akbar keluarga keturunan Prabu Brawijaya.

Iya, gue keturunan Prabu Brawijaya. HAHAHAHAHAHAH.

Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
[hr]

Gue gak tau ini nama jenis kertasnya apa. Tipisnya kaya kertas koran trus ini warnanya kuning gitu, sepertinya karena dekil atau karena jenis kertas zaman dulu kaya gini semua. Entah.
Lembaran pertama (yang tadi gue posting di atas) kertasnya melebar gitu seperti A3. Sepertinya merupakan bagan utuh silsilah keluarga. Ditulis pakai tangan, bukan hasil ketikan mesin. Huruf sambung. Warna tintanya hitam pekat.

Selain tertulis nama-nama tokoh, ada garis-garis vertikal, horizontal, dan diagonal, baik yang garis lurus maupun putus-putus, yang melambangkan hubungan antar tokoh. Ada tercantum keterangan juga bahwa kalau raja simbolnya apa, lalu simbol laki-laki, perempuan, simbol menikah, dan penjelasan bahwa angka di dalam kurung itu artinya jumlah anak.

Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)

Lembaran selanjutnya, ukuran kertasnya setengah lebih dari kecil dari lembaran pertama. Sepertinya menjelaskan bagan utuh di lembaran pertama. Ditulisnya tersusun ke bawah dengan urutan angka dan huruf, bukan menggunakan garis silsilah seperti lembaran pertama. Lembaran yang ini dan setelahnya ditulis rapi menggunakan mesin ketik. Cuma ada 3 lembar sih, padahal seinget gue dulu ada banyak. Berlembar-lembar. Sepertinya ada yang hilang.
Ada tulisan tangan menggunakan bulpen tinta merah, gue agak kesulitan membacanya.

Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
[hr]

Kalau berdasarkan kertas silsilah itu, tokoh yang ditulis paling awal, paling pangkal atas, adalah Prabu Brawijaya Majapahit, dengan garis vertikal ke bawah yang sepertinya menunjukan bahwa nama-nama berikutnya adalah garis keturunannya, yaitu Batara Katong, R. Patah, R. Damr, R. Bondan Kejawan, dan Nyai Pengging.


Nah gue berasal dari yang keturnan dari R. Bondan Kejawan. Dan memang dalam kertas silsilah ini tidak tercantum garis keturunan dari 4 nama lainnya. Hanya ada dari garis keturunan R. Bondan Kejawan.
Siapakah itu R Bondan Kejawan?
Dari hasil penelusuran di Google, lebih tepatnya Wikipedia, ternyata R.Bondan Kejawan adalah putra ke 14 Prabu Brawijaya, yang merupakan raja Majapahit terakhir. Ibunya bernama Putri Wandan Sari, seorang dayang yang biasa melayani permaisuri Prabu Brawijaya, Dewi Dwarawati.

Ketika dilahirkan, R Bondan Kejawan diserahkan ke Ki Buyut Masahar untuk dilenyapkan atas permintaan Prabu Brawijaya sendiri karena menurut ramalan para ahli nujum anak ini kelak akan membawa keburukan bagi Kerajaan Majapahit. Akan tetapi anak ini justru dipelihara oleh Ki Buyut Masahar.


Singkat cerita, R Bondan Kejawan menikah dengan Dewi Nawangwulan, kemudian memiliki keturunan, dan keturunan-keturunan setelahnya ada tokoh yang bernama Panembahan Senopati, yang merupakan pendiri kerajaan Mataram. Ini dari hasil Wikipedia lho ya. Gue gak tau kebenaran sejatinya seperti apa. Tapi ada juga kemungkinan gue yang salah menangkap penjelasan dari Wiki.

Ini artinya, gue selain keturunan Raja Majapahit, ada kemungkinan gue juga keturnan Raja Mataram. Ngeriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, Brooooooooooooooooo. Hahaha.

Eh gak tau juga deng, apakah (eyang) gue termasuk garis keturunan dari anaknya R Bondan Kejawan yang menjadi pendiri Mataram atau bukan. Bisa aja garis keturnan dari anaknya yang lain.

Gue gak paham cara baca silsilahnya, karena di lembaran berikutnya, di bagian paling atas tertulis: Raden Tumenggung SUMODIWIRYO – Bupati Kaliwungu ke VI (Perang Pakoweh Tahun 1746 – Gubernur Vab Inhoff). Nah harusnya sih, berdasarkan kertas silsilah ini, gue adalah keturunan dari Raden Tumenggung SUMODIWIRYO, yang gue gak tau dia ini hubungannya apa sama R Bondan Kejawan.


Di lembaran berikutnya, ada tertulis huruf (q) dengan keterangan R. Reksodisaputro – Assisten Wedon Mijen (Putra dari R.T HHadinegoro Demak ke II). Gue coba Googling tapi gak ada penjelasan apa-apa dari nama tersebut, padahal dari dialah gue berasal.

Dia punya 11 anak, yang mana nomor 9 bersama Rr Kustinah Wurosuharjo. Beliau Eyang Buyut gue. Eyang Yut punya 6 anak, yang nomor 4 bernama Sugiarso. Nah ini Eyang Kakung gue, Bapaknya Nyokap gue. Di situ tertulis Sugiarso x Sri Worodati: Yun, Eti, dll.


Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
Sri Worodati itu Eyang Putri. Sementara Yun dan Eti adalah Bude gue. Nyokap anak nomor tiga, tapi sayangnya gak tertulis di kertas silsilah. haha.
Kalian gimana, punya kertas silsilah juga gak? Jangan-jangan kita saudara jauh.

Oh ya, ada yang bisa dan tertartik memastikan kebenarannya?






Tulisan ini sebelumnya telah ane muat di blog pribadi www.cekinggita.com. Linknya ini http://cekinggita.com/gue-keturunan-...ja-majapahit/

Jual Pusaka Peninggalan Eyang Ane: https://fjb.kaskus.co.id/product/5f3...?state=created

----------

Oh ya, Agan dan Sista

Beberapa waktu yang lalu  saya menghimpunan dana dan kemudian membagikan 425 hand sanitizer dan 110 nasi bungkus

ini link thread nya, saya bikin untuk ikutan lomba berbagi kebaikan di Kaskus

https://kask.us/iFY56

tolong diramaikan dengan komen, cendol, dan share

Inget lho, yang diramaikan itu thread nya, bukan postingan yang ini

Twitter saya @cekinggita
IG saya @nf.nellafantasia




ini dagangan saya





Diubah oleh cekinggita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 212 lainnya memberi reputasi
201
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 18
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:35
emoticon-Ngakak
Terus ngapain dah?
Bisa bikin corona membaik seluruh dunia gitchu? emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:35
gw aja keturunan Nabi Adam biasa aja...😅😅😅
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:38
mengaku keturunan orang tertentu yang posisi sosial/politiknya tinggi di jaman dahulu, harapannya biasanya pengakuan posisi secara sosial/politik yang sama seperti halnya pendahulunya. misal : mengaku keturunan nabi yakub (bani sirail) seperti negara israel di timteng, mengaku keturunan nabi muhammad, keturunan raja tertentu, dst.... akan lebih ilmiah jika didukung tes DNA(misalnya). Selain itu jaman sekarang tuntutan manusia cenderung ke arah keadilan sosial, politik dan ekonomi
Diubah oleh JalanKeliling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:38
wihh mantoel keturunan ningratt emoticon-Malu (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:39
Bikin guild bre, ntar ane join emoticon-Malu
Diubah oleh zlogonje
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:39
dapet jatah emas atau tanah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:41
kalau kenaikan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:42
Kasihan tsnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:42
Ane keturunan dari mak ane biasa aja tu bre emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:43
w keturunan dr sang pencipta.. dan bangga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:44
yang keturunan mak erot ngacung!!emoticon-Menang
Diubah oleh galaxi8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:45
Mending TS gak usah baca komen
Gak sesuai harapan juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:46
turunan ningracht ya?
kok masih pake bahasa gue/elo sih?
katanya turunan!
iya apa iya?
jangan diem-diem bae!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:48
Mungkin kita sodaraan gan, krna kata bpak ane, ane termasuk raden juga, tpi dri silsilah yg jauh. Berkas silsilahnya jga msih ada katanya sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:48
terus ane keturunan siapa donk

emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:48
Ane salah satu keturunan Clan uchiha yang tersisa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:48
ini mah modus cari viewer buat lapak dagangan ente emoticon-Betty
bisa ae tutup salep emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:48
gua mau ngurutin silsilah gitu ah.. gak mau kalah ah.. mau mulai dari nabi adam.... biar lebih berlembar2 dr agannya😅😅😅
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:49
Kalo nggak keberatan tolong carikan silsilah keti driya ke atas mas ? 🙏🙏🙏🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)
07-05-2020 23:49
gilaaaa keren sih ini ada transkripnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Halaman 5 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia