Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb204d568cc9504ce7d7883/simo-hayha-sniper-handal-dari-finlandia-membunuh-ratusan-tentara-seorang-diri
Simo Hayha merupakan seorang tentara berasal dari Finlandia. Lahir pada 17 Desember 1905 dan meninggal 1 April 2002. Dulunya sebelum menjadi tentara, Simo Hayha merupakan seorang petani dan pemburu. Namun, ia telah menjalani wajib militernya selama 1 tahun.
Lapor Hansip
06-05-2020 07:29

Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Pada sebuah peperangan kehadiran seorang sniper sangatlah dibutuhkan. Selain sebagai salah satu strategi perang, sniper kerap menjadi solusi untuk melumpuhkan musuh dalam jumlah yang banyak. Apalagi sang penembak tersebut memiliki kemahiran tembakan yang sangat jitu. Setiap peluru yang dilepaskannya jarang sekali meleset.

Di dalam sebuah peperangan yang pernah terjadi, banyak sekali sniper yang dikenal karena kehebatannya dalam menembak. Dari sekian banyak itu, mungkin yang akan tak terlupakan adalah seorang tentara sekaligus menjadi sniper mematikan bernama Simo Hayha. Karena kemahirannya dalam menembak hingga ia dijuluki White Death (Kematian Putih).

Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Simo Hayha merupakan seorang tentara berasal dari Finlandia. Lahir pada 17 Desember 1905 dan meninggal 1 April 2002. Dulunya sebelum menjadi tentara, Simo Hayha merupakan seorang petani dan pemburu. Namun, ia telah menjalani wajib militernya selama 1 tahun.

Tahun 1939, Uni Soviet menginvansi Finlandia di mana saat itu sedang terjadi musim dingin. Ketika perang pecah di tahun tersebut, Simo Hayha memutuskan untuk ikut andil membantu. Seketika itu ia menjadi seorang yang sangat ditakuti oleh militer Uni Soviet karena kehandalannya menjadi seorang sniper. Finlandia memang dikenal dengan para penembak jitunya. Karena masyarakatnya memang sering sekali berburu, apalagi kerap kali diadakan kompetisi menembak di desa-desa negara itu.

Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Perang yang terjadi selama periode 1939-1940 tersebut dinamakan Winter War sebab terjadi di musim dingin dengan tingkat suhu minus 20-40 derajat celcius. Di tengah perang yang penuh dengan salju tidak menyurutkan semangat Simo Hayho dan tidak pula menjadikan kemahiran menembaknya berkurang. Ia seperti seekor elang, matanya tajam mengintai mangsanya.

Kehandalannya dalam menembak terbukti dengan keberhasilannya dalam membunuh para tentara Rusia. Tercatat ia mampu menembak mati sebanyak 705 prajurit dalam kurun waktu kurang dari 100 hari. Karena pencapainnya yang begitu luar biasa, ia menjadi momok menakutkan bagi tentara lawan. Jika dihitung, maka setidaknya ada 5 orang yang berhasil ia lumpuhkan dalam setiap harinya.

Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Ketika melakukan aksinya, Simo Hayha hanya menggunakan dua jenis senjata. Pertama senapan berjenis SAKO M/28-30. Ia sengaja memakai tembakan ini tanpa teleskop tersebut agar ia tak harus mengangkat kepalanya lebih tinggi, sehingga nantinya bisa dengan mudah memberi kesempatan bagi musuh untuk menemukannya. Memakai senapan sederhana tersebut, Simo Hayha mengandalkan iron sight, ia dapat merendahkan kepalanya hingga semakin sulit ditemukan. Selain menggunakan Sako M/28-30 ia juga memakai senjata jenis submachine gun Suomi KP/-31.

Ketika peperangan terjadi, Simo Hayha sering memakai pakaian serba putih, itu bertujuan sebagai kamuflase dengan salju. Hebatnya lagi, selama peperangan Simo Hayha selalu memasukkan salju ke dalam mulutnya, hal tersebut dilakukan agar tak keluar uap ketika ia menghembuskan napas. Taktik lainnya ialah ketika menembak ia semaksimal mungkin tidak menggoyangkan salju yang berada di depannya sehingga posisinya tidak diam.

Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Uni Soviet juga tak diam untuk mencari dan berusaha membunuh Simo Hayha. Bahkan mereka mengirimkan pasukan 1 batalion hanya untuk seorang Simo Hayha. Namun, hasilnya nihil. Masih penasaran, Rusia kembali mengirimkan sniper handal mereka. Lagi-lagi tak ada kabar bahwa Simo Hayha berhasil ditembak melainkan para sniper itulah yang pulang tinggal nama.

Pada tanggal 6 Maret 1940, seorang tentara berhasil menembak Simo Hayha yang mengenai bagian kepalanya dengan peluru peledak. Hingga menyebabkan wajahnya hancur. Peluru itu telah menghancurkan rahang dan pipi kirinya. Namun, Simo Hayha berhasil selamat dari tembakan tersebut. Perlu waktu lama untuk memulihkan wajahnya.

Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri

Kemudian, pada 13 Maret ia mendapat kabar bahwa Finlandia dan Uni Soviet mengadakan perdamaian. Hingga setelah perang ia diangkat jabatannya dari Kopral menjadi Letnan dua. Saat ditanya di tahun 1998, perihal rahasianya dalam mahir menembak. Simo Hayha mengatakan bahwa ia hanya terus berlatih dan berlatih. Simo Häyhä menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Ruokolahti, sebuah kota kecil yang terletak di tenggara Finlandia, dekat perbatasan Rusia. Ia kembali menjadi pemburu dan berternak anjing.

Pelajaran yang dapat diambil dari Simo Hayha ini adalah selalu berlatih jika ingin mahir dalam segala sesuatu. Dan kerjakanlah semuanya dengan penuh maksimal.

Sumber :

1

2

3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 219 lainnya memberi reputasi
220
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 17:14
belajar nembak aja kena hentakan pistolnya langsung geter dah deh meleset tuh peluru. lah ini belajar nembak dari berburu dan banyak ikut kompetisi, sekalinya jd prajurit nembak lawan aja kagak pake teleskop. keren sih ni sniper
Diubah oleh siangpenat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 17:59
pasti jago maen CS ato codm nih. mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 18:51
Quote:Original Posted By siangpenat
belajar nembak aja kena hentakan pistolnya langsung geter dah deh meleset tuh peluru. lah ini belajar nembak dari berburu dan banyak ikut kompetisi, sekalinya jd prajurit nembak lawan aja kagak pake teleskop. keren sih ni sniper


Iya. Kalau bukan ahli gk mungkin begitu

Quote:Original Posted By iphunkz
pasti jago maen CS ato codm nih. mantap


Pasti emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 19:45
saya juga sniper
nembak ribuan cewek ngga ada yang mau
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 19:53
megang air gun + tele aja udah berasa jadi sniper aing
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 19:57
Behind enemy line, film yg terinspirasi dr cerita ini
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 20:49
Quote:Original Posted By andhikasukma
saya juga sniper
nembak ribuan cewek ngga ada yang mau
emoticon-Ngakak


Wkwkwk
Nasib mu emoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By bayusetiahati
megang air gun + tele aja udah berasa jadi sniper aing


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By godzilazilagod
Behind enemy line, film yg terinspirasi dr cerita ini


Wah. Udah ada y filmnya
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 22:44
Keren bener ini orang, ngga kebayang rasa tegangnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 23:27
salut, tanpa teropong lagi
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
07-05-2020 23:59
Nembak cewek aja gwa meleset mulu, padahal didepan mata berhadapan jarak 5cm
Diubah oleh rendybanderas
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
08-05-2020 00:48
Mantap kalau beliau masih hidup, pasti main PUBGnya jago dan gak pake scoop
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
08-05-2020 03:21
Kaya american sniper nih yak, tapi yang versi rusia heheheh threadnya keren gan
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
08-05-2020 04:44
Sniper legend
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan hvzalf memberi reputasi
2 0
2
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
08-05-2020 06:49
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Keren bener ini orang, ngga kebayang rasa tegangnya emoticon-Big Grin


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By dhenny54
salut, tanpa teropong lagi


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By rendybanderas
Nembak cewek aja gwa meleset mulu, padahal didepan mata berhadapan jarak 5cm


Wkwkwk
Kurang pelurunya

Quote:Original Posted By summerspirates
Mantap kalau beliau masih hidup, pasti main PUBGnya jago dan gak pake scoop


Wkwkwk
Pastilah

Quote:Original Posted By galigulagalu
Kaya american sniper nih yak, tapi yang versi rusia heheheh threadnya keren gan


Makasih emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Quote:Original Posted By muh.halim
Sniper legend


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
08-05-2020 15:04
kayak di film2 ya
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
08-05-2020 16:13
kesan gue baca ini keren bgt doi
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
08-05-2020 18:19
maksudnya? biar terinspirasi bunuh banyak orang?ok
0 0
0
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
09-05-2020 05:25
Ane paling demen liat sniper beraksi.. tenang.. presisi.. mission accomplished.. sangar
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
10-05-2020 00:03
Simo Hayha emang keren ya, rela ngelepas teleskopnya demi gak nimbulin cahaya, tapi jago banget tembakan dia
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
1 0
1
Simo Hayha, Sniper Handal dari Finlandia, Membunuh Ratusan Tentara Seorang Diri
12-05-2020 16:29
Terus berlatih dan berlatih kata² yang dapat memotivasi kita gan 🙏, dengan giat berlatih maka kemahiran seseorang akan semakin hebat
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia