• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Curiser V-Twin Tidak Selalu Identik Dengan Harley, Yamaha Juga Punya

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Motor Curiser V-Twin Tidak Selalu Identik Dengan Harley, Yamaha Juga Punya
Motor bergenre cruiser dengan mesin V-Twin memang selalu dikatikan dengan pabrikan moge asal Amerika yakni Harley Davidson. 

Dari dulu sampai sekarang pabrikan tersebut memang selalu konsisten dalam memproduksi motor bermesin V-Twin, itulah mengapa mesin berkonfigurasi V-Twin sangat identik dengan motor Harley.


Namun tidak selamanya motor cruiser V-Twin cuma hanya dimiliki oleh Harley loh. Pabrikan seperti Yamaha juga memproduksi motor curiser ini yang bahkan konsepnya mirip seperti bentuk motor-motor Harley kebanyakan.

Jika Honda punya Rebel, Suzuki punya Instruder, Kawasaki dengan Vulcan, sedangkan Yamaha mengandalkan Bolt.

Seperti yang sudah kita singgung dari awal, motor buatan Yamaha ini memiliki konsep ala-ala cruiser, namun entah kenapa model Bolt ini hampir mirip dengan Harley Davidson Sportster ya? 


Mulai dari bentuk setang, tangki yang tinggi, jok rendah, kaki bisa selonjoran dan bodi ramping, tentu sangat mirip dengan model Sportster yang dijual oleh Harley Davidson.

Sayang banget Yamaha kurang begitu all out dalam memberikan fitur di dalam motor ini, lampu depan belum menggunakan LED melainkan bohlamp biasa, namun untuk lampu rem dan DRL-nya sudah menggunakan LED.

Speedometernya full digital, tapi bentuknya sangat klasik membulat dan panel instrumennya sangat kecil. Tenang saja, sektor pengereman motor ini sudah menggunakan full discbrake dengan teknologi ABS tentunya, sehingga dijamin memberikan feel pengereman yang aman dan safety.


Biasanya motor bermesin V-Twin itu memiliki kubikasi mesin yang besar, namun Yamaha Bolt ini segmennya masih dibawah VMAX dan diatas XSR900. Mesin tersebut memiliki jumlah kubikasi 941cc V-Twin dengan power maksimal mencapai 54Ps pada putaran 5.500rpm dan torsi 80Nm di angka 3000rpm.

Motor ini memiliki bobot yang lumayan berat, yakni 252kg dengan kapasitas tangki yang sedang hanya 13 liter dan menggunakan ukuran ban depan berprofil 100/90-19 sedangkan ban belakang 150/80-16.


Biar bentuknya Amerika banget, namun motor cruiser ini dijual untuk pasar Jepang loh, dan disana ada dua pilihan opsi yakni velg cast dan spoke.

Ternyata harganya relative murah, yakni 1,025,200円 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 146 jutaan untuk versi yang paling mahal. Dan tipe termurahnya beda 6 juta lebih murah dari tipe termahal.

Referensi : warungasep.net(25/4/2020).

sarkaje
nona212
tien212700
tien212700 dan 200 lainnya memberi reputasi
201
7.2K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.