salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Emang Posisi Ban Saat Parkir Harus Lurus?

Banyak pemilik mobil yang menyarankan untuk memposisikan ban dalam keadaan lurus ketika diparkir. Hal ini bertujuan agar beberapa komponen pada mobil tidak mudah rusak, seperti sistem power steering. Banyak yang bilang kalau power steering akan rusak ketika posisi ban tidak lurus ketika parkir, apalagi kalau parkirnya dalam waktu yang lama.


Usut punya usut, ternyata hal tersebut gak ada hubungannya GanSis. memposisikan ban mobil pada keadaan lurus hanya karena alasan estetika aja. Selain itu, posisi ban lurus juga bertujuan agar mobil gampang dipindah atau didorong ketika di parkiran. Ini juga sebagai bentuk dari adaptasi dengan kondisi Jakarta atau kota – kota besar di Indonesia yang minim lahan parkir.

Posisi parkir yang lurus tidak ada hubungannya dengan awet atau tidaknya komponen power steering. Hal ini karena mobil – mobil zaman sekarang udah menggunakan teknologi electric power streering (EPS). Motor elektrik pada EPS mendapat tenaga listrik dari perintah electronic control unit ECU. Nah, sistem ini bekerja mengikuti perputaran mesin ketika mesin mobil hidup atau dalam posisi menyala.

Ini tentunya gak berlaku untuk mobil – mobil lama GanSis. Mobil lama masih menggunakan power steering hidraulik dengan mengandalkan oli, dan memang ban harus dalam keadaan lurus saat parkir. Jika tidak lurus, maka saat diputar akan terasa berat.

Kira – kira begitulah GanSis, jadi gak harus lurus posisi ban ketika parkir GanSis. Tapi bukan berarti parkir dengan posisi ban belok loh ya. karena dengan posisi ban belok, mobil akan susah untuk dipindahkan atau didorong.



Richy211
nona212
tien212700
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
2.5K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.