• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenali Peran Penting Wiper Dan Defogger.Yang Dipasang Pada Kaca Belaakang Mobil

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Mengenali Peran Penting Wiper Dan Defogger.Yang Dipasang Pada Kaca Belaakang Mobil
Windscreen wiper (penyeka kaca/pembersih kaca) merupakan komponen penting bagi mobil,untuk menyingkirkan kotoran yang menempel pada mobil.Selain itu pada musim hujan,wiper punya peran penting untuk memperjelas jarak pandang akibat air hujan yang membasahi kaca mobil.



Tapi dizaman sekarang banyak mobil yang memasang wiper bukan hanya pada bagian kaca depan,tapi juga pada bagian kaca belakang.Pernahkah gan sist menemui mobil pribadi dengan wiper dikaca belakang sebelumnya dijalan ?,barangkali disini ada yang punya mobil dengan dilengkapi wiper dibagian kaca belakangnya.




Sumber


Sebenarnya untuk apa pabrikan repot-repot menaruh wiper dibagian kaca belakang ?,selain wiper ada juga penambahan garis tipis-tipis dibagian kaca belakang mobil (garis apa pula ini) emoticon-Bingung (S)
Untuk itu biar gak bingung mari kita simak pembahasannya bersama emoticon-Big Grin




Wiper Belakang



Sebenarnya fungsi wiper dikaca belakang itu sama dengan wiper dibagian kaca depan,untuk menyapu kotoran dan air saat hujan turun.Keberadaan wiper belakang sangat berguna demi kelangsungan berkendara gan sist,pasalnya pegemudi cenderung memanfaatkan kaca spion dalam untuk melihat kondisi belakang mobil,khusunya saat waktu hujan maupun cuaca berkabut.Melihat kondisi di belakang mobil kita sangat penting dilakukan,disitulah peran wiper belakang bekerja.




Sumber


Dalam kondisi hujan pengemudi perlu mendapatkan jarak pandang yang baik,untuk mengetahui posisi kendaraan yang tepat berada di belakangnya.Saat musim hujan turun biasanya felling pengemudi berbeda,sehingga mereka harus menjaga jarak aman dengan kendaraan belakang,mengingat saat musim hujan jarak pandang bisa sangat terbatas.


Jika wiper belakang tidak difungsikan maka pandangan ke kaca belakang melalui spion dalam akan terganggu,maka pengemudi tidak bisa mengetahui jarak aman mobil dengan kendaraan di belakangnya.


Minimnya jarak pandang saat hujan akan berpengaruh gan sist,terlebih jika pengemudi tidak mendapatkan gambaran kondisi bagian belakang mobil.Bisa berakibat fatal saat terjadi pengereman mendadak,karena pengemudi tidak memperhitungkan jarak aman antara mobilnya dengan kendaraan lain dibelakangnya.




Sumber


Fungsi pada wiper belakang tidak bisa diabaikan begitu saja gan sist,karena kecelakaan beruntun kerap terjadi ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak dan mengagetkan mobil dibelakangnya.Untuk itu agan dan sista harus menaruh fokus pada kendaraan depan maupun belakang,ketika sedang mengemudi.Terutama saat posisi hujan,dimana jarak pandang sangat terbatas.




Defogger




Selain dibantu dengan wiper,ada lagi teknologi canggih untuk membantu kinerja wiper dikaca belakang.Namanya adalah defogger,fitur canggih ini berfungsi menghilangkan embun dibagian kaca gan sist,saat musim hujan.


Defogger sendiri terdiri dari dua jenis,defogger kaca depan dan kaca belakang.Pada kaca depan defogger bekerja dengan cara membawa hembusan udara panas dari kipas blower AC,yang disalurkan menuju ventilasi dashboard.Ventilasi yang terletak tepat di bawah kaca depan,akan mengarahkan udara panas ke kaca untuk membersihkan embun. Kemudian udara akan disesuaikan dengan temperatur di dalam kabin.


Sementara Defogger bagian belakang sendiri memiliki bentuk seperti garis tipis melintang secara horizontal dari kedua sisi kaca,dari atas sampai ke bawah.Dengan cara kerja yang sederhana.


Defogger ini terbuat dari kawat tipis, berfungsi sebagai kondensator atau elemen pemanas,sehingga suhu kaca tetap terjaga dan embun tidak terbentuk akibat perbedaan suhu didalam kabin dan luar.Meski mengantarkan panas dari listrik,saat kita menyentuhnya dengan tangan kaca tidak akan terasa panas gan sist emoticon-Big Grin




Perhatikan garis merah pada kaca mobil diatas.Garis merah horizontal itulah yang disebut defogger emoticon-Big Grin


Untuk mengaktifkan fitur defogger sangat mudah gan sist,dengan menekan tombol bergambar tiga garis melengkung yang ada di dashboard (lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah nanti).Defogger sendiri bermanfaat di musim hujan untuk mencegah embun pada kaca mobil bagian dalam, sekaligus membantu kerja wiper belakang.Agar pengemudi bisa mendapat jark pandang yang baik saat berkendara dimusim hujan.


Wiper hanya bertugas membersihkan kaca bagian luar,sementara untuk kaca didalam mobil tugas itu dilakukan defogger.Untuk mencegah embun yang timbul, pada kaca bagian dalam mobil.




Perhatikan kiri bawah ada tanda tiga garis melengkung,ada tulisan rear.Itulah tombol on/off defogger


Sumber





Biar lebih jelas lagi,seperti ini logo defoggernya.Untuk mengaktifkan defogger depan dan belakang,tombol nomor dua dan tiga dari bagian kiri atas.Itulah tombol defogger emoticon-Big Grin

Sumber


Meski mempunyai fungsi yang baik saat kondisi hujan,defogger tidak disarankan digunakan secara terus menerus,terutama saat cuaca panas gan sist.Pengemudi wajib menekan lagi tombol untuk mematikan fungsi defogger,setelah kaca mobil tidak lagi berembun.


FYI beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur defogger otomatis,yang dapat menyala ketika kelembaban di dalam kabin terlalu tinggi.Fitur ini mampu membersihkan embun pada kaca secara otomatis,dan pengemudi tidak perlu repot menekan tombol on/off untuk mengaktifkan defogger.


Penggunaan defogger  secara terus menerus bisa membuat kaca mobil menjadi retak gan sist,hal itu disebabkan karena kaca akan memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis kawat (elemen pemanas) tersebut.


Komponen defogger juga membutuhkan arus listrik yang cukup besar pada sistem kelistrikan mobil,penggunaan secara terus menerus akan memakasa aki menyuplai arus listrik lebih besar.Pemakaian yang tidak terkontrol bisa menyebabkan aki mobil cepat lemah emoticon-Hammer (S)


Kalau mobil gan sist masih menggunakan tombol on/off untuk menyalakan defoggernya,lebih baik jangan dinyalakan dulu jika kaca mobil belum berembun,agar daya listrik aki tidak terbuang sia-sia.


Untuk mencegah kaca mobil berembun,selain menggunakan wiper dan defogger.Agan dan sista juga bisa menyalakan pengatur suhu atau air conditioner (AC) mobil.Hal ini bertujuan untuk mempertahankan suhu di dalam kabin agar lebih dingin daripada di luar,kalau suhu di dalam lebih dingin,kaca mobil tidak akan berembun.




Sumber


FYI defogger sendiri berfungsi hanya sebatas penghangat kaca saja,agar kaca mobil tidak mudah berembun saat musim hujan.Untuk itu peran wiper dibelakang kaca mobil masih sangat dibutuhkan gan sist,untuk membersihkan kotoran serta air akibat hujan pada kaca mobil.
Dua komponen ini saling bekerja sama,untuk memberikan kenyamanan agan dan sista saat mengemudi dimusim hujan.


Sekian dulu ulasan dari ane semoga bisa bermanfaat buat kita semua,menambah sedikit pengetahuan kita akan hal sepele yang ternyata mempunyai peran besar.Kalau ada yang kurang atau berlebihan,mohon koreksinya.Ane undur diri dulu ya emoticon-Nyepi





Sumber: pemikiran,opini dan pengalaman pribadi
Referrnsi: 1,2,3
Ilustrasi gambar: google image dan blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 27-04-2020 11:11
mamaproduktif
nona212
tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
2.1K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.