• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul

Gantenkzz
TS
Gantenkzz
Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul

Sebelum adanya Sirkuit Internasional Sentul yang terletak di bogor, ternyata Indonesia memiliki sirkuit balap pertamanya yaitu Sirkuit Ancol . Sirkuit Ancol merupakan Sirkuit otomotif pertama di Indonesia, Sirkuit ini dibangun pada sekitar tahun 1970, lokasi Sirkuit ini di Ancol Jakarta Utara terletak di dalam arena rekreasi taman impian jaya Ancol.

Saat itu sponsor mengalir dari mana-mana, Astra dan PT Indocement menyumbang Rp 30 juta kepada, sedangkan Rp 120 juta sisanya ditanggung PT Pembangunan Jaya. lalu berhamburan sponsor lagi dari Pertamina, Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Setelah Om Tinton suprapto dan teman-teman balap lainnya menyutujui menggunakan ancol sebagai lintasan balap, kemudian Gubernur Soeprapto mengirim desposisi kepada Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) yaitu Hutomo Mandala Putra atau yang biasa akrab dipanggil Tommy Soeharto. yang berisikan, boleh menggunakan Sirkuit Ancol sampai ada penggantinya.


Pengelola bukan pemilik. Maka, Ciputra tetap mengklaim kawasan itu sebagai haknya. Ia memang tak pernah berniat untuk melepas lahan itu. "Sirkuit itu cuma dipinjamkan. Jadi, hanya sementara saja sifatnya", ujar bos real estate itu. Menurut perhitungannya, setelah sepuluh tahun, kawasan itu tak lagi ideal sebagai arena balap. Setelah sepuluh tahun, Sirkuit itu dikepung oleh perumahan mewah milik Jaya Real Estate. Luas arena yang awalnya 40ha, mengecil menjadi 12ha. dan pemilik rumah dekat Sirkuit Ancol merasa terganggu karena Polusi asap kenalpot dan deru mesin balap yang mengoyak telinga warga pemukiman.



Ada hal menarik dari para penonton di Sirkuit Ancol saat balapan berlangsung, setiap hari sabtu semua penonton tidak ingin menonton dari tribun, tetapi malah nongkrong diatas mobil di sekeliling Sirkuit, sambil nungguin malem diterusin pacaran dipinggir pantai, karena letak sirkuit nya dekat dengan pantai.

Tidak hanya Prancis saja yang memiliki event balap ketahanan, Indonesia pun juga membuat event balap ketahanan yang bernama "STARKO ENDURANCE". bedanya kalau balap ketahanan di Prancis 24 jam sedangkan di Indonesia hanya 15 jam saja, saat itu om Tinton yang menggarap balap bersama Helmy Sungkar dari Trendypromo Mandira. Balap ini digelar di Sirkuit Ancol pada tahun 1991. kalau saja balap ketahanan ini diadakan lagi, kayak nya seru juga yaa hahaha.



Lama-kelamaan sarana di dalam arena sendiri banyak yang rusak, Barangkali satu-satunya yang masih mulus cuma lintasan aspal. Tiga tahun lalu, Ciputra berniat mengambil alih Sirkuit, tetapi Om Tinton sebagai pembalap yang punya jasa mengembangkan Sirkuit itu, menuntut ganti rugi. "Lho, petani penggarap saja dapat ganti rugi kalau tanahnya diambil, kenapa saya tidak," kata Om Tinton dengan nada tinggi.

Ikatan Motor Indonesia (IMI), pun memang sudah merencanakan membangun Sirkuit baru di daerah Sentul, Cibinong. yang saat ini dinamakan Sirkuit Internasional Sentul. Setelah Sirkuit Ancol diambil alih, Pada tahun 1993 Sirkuit Sentul pun resmi dibuka, dan semua Pembalap sekarang mengikuti ajang balap di Sirkuit Sentul.



Demikian sedikit cerita tentang sejarah Sirkuit Ancol

kalo bro & sist punya cerita dan informasi tentang Sirkuit Ancol, boleh di share yaa....
Beanszznona212tien212700
tien212700 dan 188 lainnya memberi reputasi
185
9.7K
206
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.