uratkumbang
TS
uratkumbang
Corona di RI Beda dengan 3 Tipe Utama Dunia karena Sudah Bermutasi

Kepala Lembaga Eijkman, Amin Soebandrio (Citra Nur Hasanah/20detik)


Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menyampaikan virus Corona di Indonesia berbeda dengan tiga tipe utama virus Corona di dunia. Keunikan virus Corona di Indonesia terbentuk karena virus itu sudah bermutasi.

"Semua virus itu sudah mutasi karena kalau tidak bermutasi maka tidak berbeda," kata Kepala Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Amin Soebandrio, kepada detikcom, Selasa (5/5/2020).

Mutasi adalah hal yang lumrah dalam kehidupan virus. Itu adalah salah satu cara virus bertahan hidup. Virus SARS-CoV-2 yang ada di Indonesia juga sudah menyesuaikan diri dengan kondisi di sini.

"Ya. Dia beradaptasi, maka secara random dia bermutasi," kata Amin.

Kepada GISAID, Lembaga Eijkman telah mengirimkan informasi hasil whole genome sequencing dari tes tiga orang yang terjangkit Corona di Indonesia. Tiga orang tersebut berasal dari Jakarta, dites pada Maret lalu, dan sampel dari mereka dipilih karena memiliki jumlah virus yang tinggi. GISAID sendiri merupakan lembaga inisiatif global untuk berbagi semua data influenza, berbasis di Jerman.

"Dengan dikirimkannya whole genome sequencing ke GISAID, sekuens virus kita bisa dibandingkan oleh negara lain. Sebagai member dari GISAID, kita juga bisa mempelajari sekuens dari virus-virus yang berasal negara lain," kata Amin.

Sekuens adalah urutan susunan genetis dari RNA (ribonucleic acid) dari virus Corona. Dari ribuan sekuens yang sudah terdaftar di GISAID, sejauh ini sudah diketahui ada tiga tipe besar berdasarkan kesamaan molekuler virus itu, yakni tipe S, tipe G, dan tipe V.

"Yang di Indonesia, sementara ini belum masuk di tiga itu," kata Amin.

Kini ilmuwan masih perlu membandingkan sekuens virus Corona asal Indonesia dengan sekuens virus Corona dari negara-negara lain. Selain itu, perlu untuk membandingkan virus Corona dari satu daerah di Indonesia dengan virus Corona dari daerah lain di dalam Indonesia.

"Nanti kita akan bandingkan seberapa jauh virus ini sudah bermutasi, virus di Indonesia memiliki kekerabatan dari virus yang berasal dari mana," kata Amin.

Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-50...utasi?single=1


emoticon-Takut
ceuhettycrazzyidviniest
viniest dan 60 lainnya memberi reputasi
61
5.7K
102
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.