News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
382
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb10425a2d19526111248aa/kpai-netizen-berhenti-bully-putri-ahy-almira-yudhoyono
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menjelaskan, Almira mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat pidato berbahasa Inggris terkait usulan lockdown untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. AHY kemudian mengunggah naskah pidato putrinya yang kerap dipanggil Aira itu melalui akun media sosial. Namun unggahan tersebut menuai berbagai tanggapan.
Lapor Hansip
05-05-2020 13:13

KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!

Past Hot Thread
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti (Isal Mawardi/detikcom)

Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) angkat bicara terkait cyberbullying yang dialami oleh Almira Tunggadewi Yudhoyono, anak Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). KPAI meminta netizen berhenti merundung putri dari pasangan AHY dan Annisa Pohan itu.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menjelaskan, Almira mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat pidato berbahasa Inggris terkait usulan lockdown untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. AHY kemudian mengunggah naskah pidato putrinya yang kerap dipanggil Aira itu melalui akun media sosial. Namun unggahan tersebut menuai berbagai tanggapan.

Retno mengatakan Annisa Pohan menduga bahwa putrinya yang masih di bawah umur telah menjadi bahan olok-olokan politik dari salah satu akun media sosial di Twitter. Sebagai ibu, ia pun berusaha melaporkan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo dan KPAI melalui akun media sosialnya.

"Posting-an AHY kemudian menjadi berita di beberapa media online. Salah satu berita di media online kemudian di-posting oleh salah satu akun di Twitter yang menurut Anissa Pohan diduga kuat menjadikan anaknya yang masih di bawah umur sebagai bahan olok-olokan politik, bahkan Anisa langsung me-mention Presiden Jokowi. Pada posting-an yang lain, Anissa juga me-mention @KPAI_official, yang merupakan akun resmi KPAI," ujar Retno.

Menanggapi kejadian tersebut, Retno mengimbau netizen agar berhenti merundung putri AHY karena akan berdampak pada psikologis anak tersebut. Menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014, Almira wajib dilindungi dari tindakan cyberbullying.

"KPAI mengimbau netizen untuk berhenti melakukan cyber bully atas kasus naskah pidato COVID-19 yang ditulis oleh ananda Aira. Sesuai dengan Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak, maka ananda wajib dilindungi dari cyber bully karena akan berdampak pada psikologisnya," kata Retno.

Retno juga mengatakan efek psikologis dari perundungan dapat menurunkan sistem imun Almira. Dia pun meminta netizen memberikan contoh baik dalam menggunakan media sosial kepada anak-anak Indonesia.

"Dalam masa pandemi seperti ini, tekanan psikologis membahayakan karena akan menurunkan imun ananda (Almira). KPAI mengimbau netizen untuk peduli pada perlindungan anak dan dapat memberikan contoh baik dalam bermedia sosial kepada anak-anak Indonesia," tegas Retno.

Retno mengatakan naskah pidato Aira tidak ditujukan sebagai kepentingan politik. Namun, pidato itu memicu respons yang bersifat politis karena status ayah Almira adalah pimpinan salah satu partai politik di Indonesia. Dia pun ingin agar polemik kasus tersebut dihentikan demi kebaikan Almira.

"KPAI juga mendorong polemik di medsos atas kasus ini dihentikan kedua belah pihak demi kepentingan terbaik bagi ananda," ucap Retno.

"Apalagi penjelasan AHY sebenarnya sudah menyiratkan bahwa naskah pidato berbahasa inggris dengan tema COVID-19 yang dibuat anaknya bukan untuk tujuan politik, tetapi murni merupakan tugas dalam PJJ, karena itu merupakan tugas sekolah yang diberikan gurunya. Hanya saja, karena AHY adalah pimpinan salah satu partai politik di Indonesia, maka tidak heran jika posting-annya menyulut reaksi yang bernada politis," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, jajaran elite Partai Demokrat ramai-ramai mengecam pegiat media sosial Denny Siregar. Mereka merasa Denny Siregar telah mem-bully anak Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Semua bermula ketika Agus Yudhoyono atau AHY mengunggah kegiatan tugas sekolah Almira, yaitu membuat pidato dengan bahasa Inggris. Skenario dari tugas itu adalah pidato itu harus disampaikan langsung ke Presiden Jokowi. Judul dari tugas Almira adalah 'Lockdown Speech'. Unggahan AHY ini kemudian menjadi sorotan Denny Siregar. Denny menuliskan sebuah tweet yang kemudian mendapat respons keras dari jajaran elite PD.

"Bapak udah. Anak udah juga. Sekarang cucu juga dikerahkan.. Kalo ada cicit, cicit juga bisa ikutan minta lockdown..," tulis Denny Siregar seperti dilihat Selasa (5/5/2020).

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat, Ossy Dermawan, mengecam tweet Denny Siregar. Ossy menilai Denny Siregar telah melakukan cyberbullying kepada Almira.

"Apa yg dilakukan @Dennysiregar7 thd Almira tdk bisa dianggap remeh. Cyberbullying thd anak sgt serius dampaknya bg pertumb anak ke depan. Apalg sang ibu pun turut dibully. Utk itu, saya himbau kpd @KPAI_official scr serius melihat insiden ini. Cukup Almira jd 'korban' terakhir," ucap Ossy Dermawan dalam cuitannya yang dibagikan.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 144 lainnya memberi reputasi
143
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 12
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:13
desinya caper belum dapat jatah kue dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:14
Harusnya minta klarifikasi dari pihak sekolah juga, apakah benar pihak sekolah memberi tugas anak untuk berpidato tentang LOCKDOWN???

Jika hal itu benar berarti pihak sekolah harus bertanggung jawab & jika salah berarti ortunya yg harus bertanggung jawab, krn blm saatnya seorang anak kecil ikut²an berbicara tentang LOCKDOWN...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:27
Yg upload kan bapaknya... Trus emang anaknya main Twitter?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:31
anak kecil bahasannya berat plis lah, mana dtanggepin politik sama pihak ini, pihak ono pada baper jadilah rame..
coba yg pidato lockdown speech rakyat biasa pasti pihak ini dan ono pada mingkem..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:32
naruhnya di muka umum, maka harus siap mendulang pujian atau bahkan kritikan dan g sedikit cacian (walau tentu disayangkan)...

tapi sebagai orang tua juga harus tahu dong, bahwa mereka punya posisi di dalam perpolitikan Indonesia, abang -adek pejabat partai loh...lalu anaknya minta sesuatu kepada seseorang yang saat ini jadi presiden....logika mana yang tidak menghubungkan hal ini dengan politik ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:39
nyetop netizijing nyinyirin bocah, presiden aja ga bisa......mimpi siang bolong jing! emoticon-anjing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:42
KPAI kok acara hafiz di TV gak dikecam eksploitasi anak sih ?!!!

emoticon-Leh Uga
Anak ikut kompetisi olahraga disebut eksploitasi
Kalo kompetisi agama, eh diem aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:42
Quote:Original Posted By Moses tambunan
tambah runyam dah...apalagi kalo diketahui sekolahnya tidak menugaskan...


nah jika semisal pihak sekolah tidak menugaskan berarti ortunya yg harus diberi pengertian & diberi peringatan supaya tidak melakukan hal itu lagi...

Entah siapa yg benar & siapa yg salah harusnya pihak sekolah & pihak keluarga bisa berpikir kalo hal seperti ini tidak boleh dilakukan oleh seorang anak kecil...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 18:56
Laporin aja klo emang merasa bener..

Biasanya sih netijen yg maha benar langsung delete akun bgitu di laporin emoticon-Ngakak

Klo keciduk ya mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:01
ane aja yg pengurus rt kaga berani berani nyuruh bini nyinggung kehidupan di RT.... lha ini nyuruh anak.... astagfirullah.... harusnya ortunya mikirlah..... anak yang dari kecil di ajari kasih sayang juga belum tentu gede nya ngga nyiyir...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:02
ane aja yg pengurus rt kaga berani berani nyuruh bini nyinggung kehidupan di RT.... lha ini nyuruh anak.... astagfirullah.... harusnya ortunya mikirlah..... anak yang dari kecil di ajari kasih sayang juga belum tentu gede nya ngga nyiyir...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:10
wah masih dimainkan demokrat nih permainan lama....wkwkwwkwk


sekarang melalui generasi ke 3 nya... coba ganti taktik lah, gerindra udah, pdi p udah, golkar udah....
Diubah oleh pannotia.server
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:13
Ituh tulisan anak di taruh di medsos oleh Bapak nya si AHY, yah bapaknya harus terima resiko segala pro dan kontra!

Sebelum di post di medsos sebaiknya dipikir dulu baik buruknya, memang semua sisi kehidupan mesti di post di medsos!

Memang Medsos itu merupakan tempat menulis Diary Online, Buku Diary saja ada gembok dan kunci nya, juga tidak untuk di baca oleh masyarakat umum!

Kalau SBY Prihatin dan bikin Lagu kan sudah sangat Dewasa, jangan yang masih belum mengerti apa apa (tugas sekolah lagi) di post di medsos maksud apa?

Pas memang kebetulan (entah bener atau bukan itu tulisan merupakan tugas sekolah) mengunakan tema tersebut yang lagi konterversi di masyarakat ( antara pro lockdown vs kontra lockdown), di publish oleh si bapak nya AHY!

Ada Udang di balik bakwan!
Diubah oleh daimond25
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:14
Deni Siregar itu cuma shock, kaget, nggak terima. Ada anak kecil pikirannya udah nyampe mikir yg susah2. Sementara dia bolak-balik cuma merenungi kopi sachetan. Dia.bikin acara diskusi zaman pilpres aja ga laku kok. Yg dtg ga ada sepuluh ekor. Rame di sosmed doank followernya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:20
adik aira pinter bgt sih....kecil² udah ngerti lockdown..... sekolah dimana sih dik..?
Kakak² di sini....baru baca lockdown mlh gelut dewe².....emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:27
mana meme bodo amat woy ajig emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:33
satu sisi memang bener tu merudung itu gak boleh
tapi disisi lain nama nya juga publik figur lah koq peer anak malah di publish yg dimana itu kan bebas2 saja orang ber komentar, koq di komentari malah baper, yg ada sebener nya si bapak atau si emak harus bijak memakai hak asasi nya dalam memposting...harus pikir 2x karena publik figur tapi bukan publik figur pun harus mikir2 juga lah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:37
coba ss dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:44
Lebih bagus kalian sekeluarga pindah ke mars saja. Turun-temurun tak bermutu, hanya membacot, superkorup, playing victim.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KPAI: Netizen Berhenti Bully Putri AHY Almira Yudhoyono!
05-05-2020 19:48
cyduk aja bu, semua netizen. Kasih mereka subsidi, kelar kan!emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 5 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia