• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Mengumpulkan Pahala Saat Datang Bulan, Ini yang Bisa Sista Lakukan

betiatinaAvatar border
TS
betiatina
Mengumpulkan Pahala Saat Datang Bulan, Ini yang Bisa Sista Lakukan
Mengumpulkan pahala saat sedang datang bulan



Datang bulan, adalah hal pasti terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia baligh. Biasanya terjadi selama tiga sampai tujuh hari tiap bulannya, saat normal dan tidak terjadi hal lain.

Saat datang bulan/haid, wanita tidak boleh melakukan beberapa amalan ibadah. Seperti Sholat, puasa, membaca mushaf Alqur'an.

Nah, jika wanita sedang mengalami datang bulan di bulan Ramadhan, maka dia tidak boleh puasa, sholat dan tadarus Alqur'an.

Namun tidak perlu berkecil hati, sista masih bisa mengumpulkan pahala kebaikan dari hal yang lain. Yaitu hal yang bersifat sunnah, yang boleh dikakukan kapanpun.

Ada apa saja ya, kebaikan yang akan tetap mendatangkan pahala meski sista sedang haid.

Yuk, cek disini.


1. Berdzikir dan berdoa



Wanita yang sedang haid, boleh melakukan dzikir. Mengucapkan berbagai kalimah thoyyibah. Termasuk shalawat nabi serta mohon ampun atas dosa-dosa yang ia perbuat.

Ini penjelasannya:
Spoiler for dzikir:


Spoiler for doa:


2. Sedekah


Sedekah ini bisa sista lakukan kapanpun dan dimanapun. Apalagi disaat bulan Ramadhan seperti sekarang, pahala sedekah dilipat gandakan. Jadi sista tetap bisa mendapat pahala sedekah, meskipun sedang haid. Haid tidak menghalangi sista untuk bersedekah.

3. Menyiapkan makan sahur dan berbuka untuk keluarga


Menyiapkan makan sahur dan berbuka untuk keluarga, juga bisa sista lakukan. Jika sista tulus ikhlas dalam mengerjakannya, semoga pahala yang berlimpah dapat sista peroleh. Dengan memasak berbagai menu, juga akan membuat sista bertambah terampil, mengurangi rasa jenuh sekaligus menabung pahala. Di masa pandemi covid-19 ini, alangkah baiknya sista mengolah sendiri dirumah hidangan untuk kekuarga demi mengurangi kerumunan.

4. Menolong sesama


Menolong orang lain yang sedang mengalami kesulitan juga bisa sista lakukan. Misalnya membantu orang tua menyebrang jalan, menolong anak yang terjatuh, membantu tetangga memperbaiki sesuatu, atau membantu adik mengerjakan tugas sekolah. Kebaikan-kebaikan ini tetap bisa sista lakukan walaupun sedang haid.

5. Ngaskus, bikin thread yang bermanfaat


Sista juga bisa mantengin kaskus nih, lalu membuat thread orisinil tentang hal-hal yang bermanfaat. Jika thread sista dibaca banyak orang sehingga pembaca dapat merasakan manfaat dari tulisan sista, maka ada pahala yang akan terus terkumpul menjadi banyak. Misalnya nih thread tentang tips-tips sehat selama puasa.


Itulah beberapa amalan yang bisa sista lakukan saat datang bulan. Amalan diataa akan tetap bernilai ibadah saat sista melakukannya dengan ikhlas. Sekecil apapun kebaikan yang sista lakukan, akan tetap memberi manfaat bagi orang lain.

Selamat membaca, semoga bermanfaat

Menerima kritik dan saran.




Sumber gambar.
1. disini
2. disini
3. disini
4. disini
5. disini
6. disini
Sumber tulisan.
1. disini

Spoiler for cendol to kaskuser:
Diubah oleh betiatina 08-07-2020 07:30
ummuza
tien212700
armand112
armand112 dan 69 lainnya memberi reputasi
70
6.8K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.