GENKBOL
TS
GENKBOL
Setuju Gak Setuju: Emang Iya Covid – 19 Konspirasi?

Sudah beberapa bulan ini dunia dihantui dengan bahaya penyebaran COVID – 19. Sedikit sekali negara di dunia ini yang tidak mengalami penyebaran virus ini. Makanya gak heran kalau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kalau ini sudah masuk pandemi. 


Terhitung sudah ada 3juta lebih kasus yang terjadi sejauh ini dan Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus paling banyak, yakni lebih dari sejuta kasus. Masifnya penyebaran ini membuat pemerintah di masing – masing negara memutar otak untuk menanggulangi penyebaran COVID – 19. Berbagai kebijakan pun dikeluarkan guna menghentikan penyebaran virus ini, mulai dari himbauan untuk hidup bersih, kebijakan untuk social distancing dan physical distancing, hingga kebijakan lockdown.

Namun di tengah upaya tersebut, muncul berbagai macam teori konspirasi tentang COVID – 19. Gak hanya di Indonesia, di negara – negara lain juga muncul teori konspirasi tentang COVID – 19. Berikut ini beberapa teori konspirasi yang banyak beredar:

Virus Corona buatan Bill Gates

Banyak tudingan yang mengatakan kalau semua ini merupakan ulah dari Bill Gates. Salah satu orang terkaya di dunia itu dicurigai mempunyai rencana atau agenda tertentu di balik pandemi ini. Teori ini muncul lantaran Bill Gates pada tahun 2015 pernah menyampaikan kalau nantinya bakalan ada wabah yang lebih dahsyat dari Ebola.


"Kegagalan untuk mencegah bisa memungkinkan epidemi berikutnya secara dramatis lebih dahsyat daripada ebola. Anda dapat memiliki virus di mana orang merasa cukup baik padahal mereka menular ketika naik pesawat atau mereka pergi ke pasar," ujar Gates (dikutip dari business insider).

Selain itu ia juga telah mengeluarkan dana sebanyak USD 250 juta atau sekitar 3 triliun rupiah untuk membuat vaksin COVID – 19. Tudingan ini pun dibantah oleh Bill Gates.

Senjata biologis buatan pemerintah

Beberapa negara saling tuding siapa biang kerok dari pandemi ini. China yang menyebutkan kalau virus corona dibawa oleh Angkatan Darat AS. Presiden Venezuela yang menyampaikan kalau virus ini merupakan senjata biologis yang dibawa Amerika untuk China. Sementara di Iran, pejabat menuding kalau ini bagian dari skema politis untuk menekan angka pemungutan suara. Pemimpin Iran juga menolak bantuan dari AS karena meyakini teori konspirasi yang menyatakan kalau virus corona buatan Amerika Serikat. Pemimpin Partai Liga anti – migran Italia, Matteo Salvani mengatakan kalau virus ini merupakan buatan China. Semua tudingan ini hingga kini belum jelas kebenarannya.

Virus corona menyebar lewat jaringan 5G


Banyak orang di Inggris yang merusak beberapa tower 5G. Ini mereka lakukan lantaran informasi yang menyatakan kalau virus corona menyebar lewat jaringan 5G. Beberapa tower 5G di Inggris pun banyak yang dibakar oleh masyarakat karena termakan teori konspirasi tersebut. Teori ini hingga kini belum bisa dibuktikan secara ilmu pengetahuan.

Senjata biologis dari Wuhan

Karena virus ini pertama kali muncul di Wuhan, maka gak heran banyak yang meyakini kalau virus corona merupakan senjata biologis dari Wuhan, China. Ini dibikin dengan tujuan untuk menyerang negara lain. Namun demikian, berdasarkan hasil penelitian, virus ini ditularkan secara alami dari hewan seperti kelelawar.

Dari beberapa teori konspirasi diatas, sepertinya masih ada lagi teori konspirasi lain yang berhubungan dengan COVID – 19. Nah, dari sederetan teori tersebut, ada beberapa pihak di tanah air yang percaya dengan teori tersebut, bahkan diantaranya adalah publik figur (Ane gak usah sebutin nama lah ya, pasti Agan dan Sista udah pada tau).

 

Meskipun belum jelas kebenarannya, masyarakat udah banyak yang percaya dengan teori konspirasi tersebut, tapi gak sedikit juga yang tidak percaya dengan toeri tersebut termasuk Kemendikbud RI, Nadim Makarim.

"Banyak sekali orang karena tidak mau menerima situasi ini, suatu hal yang organik telah terjadi, tidak bisa menerima, sehingga lebih mudah menyalahkan satu orang, satu pihak atau mempercayai satu konspirasi ini. Itu adalah cara berpikir malas,"

Kalau Agan dan Sista gimana nih menanggapi ramenya teori konspirasi COVID – 19 yang banyak beredar ini, kalian SETUJUatau TIDAK SETUJU dengan TEORI KONSPIRASI COVID – 19?

emoticon-Toast emoticon-Toast




 

 

suekethos999999999nona212
nona212 dan 160 lainnya memberi reputasi
157
12.1K
272
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.