c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Pheasant Itu Ayam Atau Burung?




Untuk penghobi jenis-jenis unggas pastinya sudah mengenal apa itu pheasant, lebih dikenal dengan nama ayam pegar kalau di Indonesia.

Tetapi banyak pertanyaan bentuknya yang unik dan juga bermacam variasi warna, serta tubuhnya yang lebih mirip burung di bandingkan ayam. Jadi pheasant ini masuk jenis ayam atau burung?

Sebenarnya pheasant ini masuk dalam keluarga aves (burung). Tetapi dikarenakan pheasant tak pernah terbang di udara, seluruh waktunya hanya banyak di darat maka pheasant pun lebih dikenal sebagai ayam.



Hampir sama dengan ayam hutan yang suka berada di pegunungan, pheasant juga lebih banyak di temukan di pegunungan tibet dan China. Namun hingga saat ini ayam pheasant ini sudah di eksport ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Namun peternakan ayam ini lebih banyak di Eropa, Amerika, Australia dengan berbagai macam jenis dan rupa dari pheasant itu sendiri. Bahkan warna-warnanya yang menarik membuat ayam itu akhirnya dikategorikan dengan warna seperti Golden Pheasant, Yellow Pheasant, Silver Pheasant, Ringneck Pheasant, Lady Amherst’s Pheasant, Brown Pheasant.

Untuk Indonesia sendiri ayam jenis ini memang terbilang langka, ada juga mungkin di kebun binatang. Tapi dengan makin banyaknya penyuka hewan hias dengan membuat aviary ayam pheasant akhirnya mendapatkan tempat tersendiri.



Para importir pheasant lebih banyak mengambilnya dari peternakan eropa, walau ayam ini asli dari pegunungan di China tapi pengembangan di eropa lebih variatif jenisnya.

Makanannnya pun terbilang tak rumit, biasanya lebih sering diberikan jagung giling, voer, atau untuk penambahnya ada yang diberikan buah-buahan seperti pepaya. Terkadang serangga seperti semut dan jangkrik ayam inipun juga suka.

Tapi ayam ini hingga kini tak pernah ada di pasar ayam atau pasar burung yang banyak di temui di daerah agan, karena harganya yang tinggi ayam ini hanya di budidayakan oleh peternak yang terbatas.



Namun bukan tak mungkin, ketika permintaan banyak dan pheasant ini semakin di gandrungi di tanah air maka jenis ayam inipun akan banyak di ternak oleh para pembudidaya ayam hias di Indonesia.

Penasaran dengan harganya yuk kita intip berapa harga pasaran, tapi harga tergantung peternaknya ya. Harga ini hanya perhitungan kira-kira, bisa saja lebih murah bisa saja terjadi sebaliknya.



Quote:




Bagaimana kamu tertarik untuk membudidayakan ayam unik ini? Siapkan aviary yang besar ya gan karena bulunya agak panjang biar tidak rusak.


sumber


Diubah oleh c4punk1950... 07-05-2020 05:01
sarkajenona212tien212700
tien212700 dan 176 lainnya memberi reputasi
175
12.6K
176
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.