• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Berbagai Hal yang Bikin Kaskuser Sepuh Ber-Nostalgia - Versi Ane!

Bomberman.Avatar border
TS
Bomberman.
Inilah Berbagai Hal yang Bikin Kaskuser Sepuh Ber-Nostalgia - Versi Ane!
Sudah berapa lama agan ngaskus di forum tercinta kita ini? Kalau ane sih sebenarnya dari awal tahun 2011 ngaskus, tapi baru buat akun 2012. Meskipun begitu tetap aja masih bisa belum dibilang sebagai sepuh . Sudah berapa banyak perubahan yang agan rasakan semenjak awal ngaskus? Kalau ane sih lumayan banyak. Nih ane jabarin berbagai hal yang bisa bikin Kaskuser Sepuh bernostalgia, setidaknya versi ane!

emoticon-Request



1. Tampilan Kaskus
Spoiler for Buka Gan!:


Semenjak situs Kaskus diluncurkan, sudah berbagai macam tampilan Kaskus yang digunakan menyesuaikan style di setiap perubahannya. Seinget ane Kaskus pertama kali menggunakan engine "vBulletin" untuk tampilan dasarnya.
emoticon-Army (S)

vBulletin ini termasuk engine yang paling sering digunakan dalam setiap forum di seluruh dunia gan. Tapi semenjak perkembangan zaman dan semakin banyaknya member Kaskus serta pertimbangan lainnya, maka berubahlah Kaskus dengan tampilan barunya seperti sekarang ini dan tentu tidak menggunakan vBulletin lagi.
emoticon-Kiss (S)

Banyak yang pro, banyak juga yang kontra. Tapi menurut ane semua perubahan dalam segi tampilan bertujuan untuk membuat forum tercinta kita ini semakin besar dan semakin diminati oleh netizen Indonesia.
emoticon-I Love Kaskus (S)


2. ISO 2000 dan Fitur Cendol
Spoiler for Buka Gan!:


Kayaknya hampir semua Kaskuser tau tentang ISO 2000. Sebelum sistem reputasi berubah, Kaskuser harus post sebanyak 2.000 post agar bisa kasih reputasi. 
Nah sebelum ISO 2000, Kaskuser tidak bisa kasih reputasi cendol atau bata, cuma bisa kasih reputasi abu-abu. Bagi Kaskuser yang sudah ISO 2000 bisa kasih cendol ataupun bata. Pemberian reputasi sebelum berubah pun terbatas hanya 1 rep x 24 jam. Dan ada juga ketentuan lain dalam pemberian reputasi seperti tidak bisa memberi reputasi pada user yang sama dengan beberapa syarat.
emoticon-Shutup (S)

Bisa dibayangkan betapa sulitnya dapat reputasi di Kaskus jadul. Para TS harus membuat thread sebaik mungkin, biar orang tidak segan kasih cendol atau bata. Banyak grup Kaskus yang buat arisan cendol atau bata yang beredar di Kaskus ataupun buka lapak BARCEN (Barter Cendol). Banyak juga sepuh yang buat akun klonengan biar arisan dan barcennya lebih lancar dan ngejar FULLBAR. Ada sih cara instan meskipun sedikit ilegal, yaitu beli cendol atau bata, tentu saja punya tarif yang bisa dibilang lumayan mahal bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan kalau mau sampai fullbar.Pokoknya susah deh jadi juragan cendol atau pengepul bata. 
emoticon-Frown

Sekarang sistem reputasi berubah, semua Kaskuser sekarang bisa kasih reputasi tanpa batasan walaupun belum ISO 2000 dengan beberapa ketentuan. Akun yang belum ISO 2000 cuma +1 atau -1, akun yang sudah ISO 2000 bisa +3 atau -3. Beda lagi dengan KasPlus atau Moderator, dsb. Selain itu sebelumnya Kaskuser harus upgrade ke Plus dulu kalau mau liat siapa saja yang ngasih reputasi ke akun kita. Makanya kalau non-KasPlus biasanya bingung sendiri kalau kena bata nyasar atau cendol nyasar.
emoticon-Ngakak (S)

Ane merasa sistem reputasi dirubah agar Kaskuser tidak ngejunk agar bisa ISO 2000. Sistem reputasi terbaru juga membuat orang tidak segan memberi reputasi kepada siapapun, dan kita pun bisa tau siapa aja yang kasih reputasi ke kita tanpa harus upgrade ke KasPlus atau jadi donat(ur). Sekarang pun jadi lebih mudah buat fullbar, cukup buat reply semenarik mungkin cendol dan bata pun mudah diraup. Tapi harus waspada juga sama Kaskuser yang punya klonengan bejibun.
emoticon-Cendol (S)


3. CAPCAY dan Quick Reply
Spoiler for Buka Gan!:


Siapa sih yang gak kenal sistem reply yang satu ini. CAPTCHA atau lebih sering dibilang CAPCAY adalah sistem proteksi Kaskus untuk menghindari akun bot ataupun junker yang berkeliaran di Kaskus. Sebelum reply kita harus menjawab ataupun mengisi apapun yang diperintahkan oleh Capcay agar bisa posting. Lumayan ribet sih kalau salah terus.
emoticon-Ngakak (S)

Saat reply juga Kaskuser tidak bisa melakukan Quick Reply, atau harus buka di tab terbaru kalau mau reply suatu thread. Berbagai macam cara dilakukan oleh Kaskuser agar bisa membalas postingan dengan cepat. Ada yang upgrade ke Kaskus Plus, ada juga yang install ekstensi di Chrome atau Firefox. Tapi tetap aja selain Kaskuser Plus, Kaskuser biasa hanya bisa reply dengan jeda waktu 30 detik (kalau tidak salah) sebelum bisa reply lagi.
emoticon-Big Grin


4. Grup Hunter
Spoiler for Buka Gan!:


Dulu ane pernah gabung grup hunter yaitu Iseng-Iseng Pertamax. Grup ini merupakan perkumpulan Kaskuser yang memburu reply pertama kali (Pertamax) dalam semua thread di Kaskus. Ada juga grup Gombokers, yang kerjaannya mengunci atau mengakhiri Page One a.k.a Pejwan di setiap thread dengan membalas tepat di reply ke #20.
emoticon-Bookmark (S)

Ada juga grup Hot Thread Hunter yang berusaha untuk buat thread yang mampu menempati posisi di Hot Thread. Kaskuser yang tergabung dalam pemburu Hot Thread ini berusaha membuat thread yang terbaru, anti repost, dan berbagai macam usaha lainnya. Memang banyak grup yang hampir-hampir mirip namun yang membedakan adalah masing-masing grup punya semboyan masing-masing yang menjadi ciri khasnya.
emoticon-Add Friend (S)

Mungkin grup-grup tersebut ada yang sudah tidak aktif ataupun masih aktif sampai sekarang, karena ane sudah lama tidak aktif jadi kurang tau perkembangan grup di Kaskus. Pokoknya masih banyak hunter lainnya ataupun grup-grup lain di Kaskus yang menghidupi forum ini dengan berbagai macam tujuan dan keseruan masing-masing.
emoticon-Malu (S)


5. ID Cantik
Spoiler for Buka Gan!:


Siapa sih yang gak suka nomor cantik, mulai dari nomor Hape dan nocan-nocan lainnya. Id Kaskus Cantik juga jadi buruan Kaskuser sebelum link url profil kita bisa diganti ke username. Bahkan ada tutorial untuk mendapatkan UserID sesuai yang diinginkan, dan tentu saja bisa dicari melalui pencarian.
emoticon-Stick Out Tongue

Inilah contoh UserID cantik menurut ane:
https://www.kaskus.co.id/profile/1000000
https://www.kaskus.co.id/profile/4000000
nah kalau di bawah ini UserID Mimin 
https://www.kaskus.co.id/profile/3
emoticon-Belo

Jadi setiap membuka profil maka di barisan url akan tampil seperti di atas, terlihat menarik dan keren kalau menurut ane. Tapi sekarang UserID sudah digantikan dengan username, jadi ane rasa UserID cantik tidak lagi menjadi primadona di Kaskus. Biasanya akun nocan ini juga diperjualbelikan meskipun sebenarnya jual akun Kaskus itu ilegal, apa lagi di FJB (kalau tidak salah).
emoticon-Big Grin


6. Avatar Cantik
Spoiler for Buka Gan!:


Tidak hanya UserID yang harus cantik, bahkan avatar (DP Profil) harus cantik pula. Dulu Kaskuser heboh dengan berbagai avatar yang beranimasi atau lebih tepatnya avatar gif. Berbagai macam tutorial dan sepuh yang bersedia membuatkan avatar gif dengan gratis!  Hanya dengan kasih 2 atau 3 foto atau lebih dan kasih tau konsep yang diinginkan, jadi deh! Liat aja contoh avatar ane, btw itu hasil karya sendiri lo dengan tutorial yang diberikan sepuh lainnya dan ane rasa itu sudah keren pada waktu itu.
emoticon-Stick Out Tongue

Setiap orang berlomba-lomba membuat avatar yang semenarik mungkin, biasanya dalam avatar mengandung username, foto pribadi, foto grup, ataupun foto-foto yang lainnya. Kalau menurut ane sih avatar yang berbentuk gif sudah bukan hal yang heboh lagi saat ini. 
emoticon-Big Grin


7. Maintenis dan Overposting
Spoiler for Buka Gan!:


Ini nih yang selalu bikin kesal Kaskuser. Maintenis alias Maintenance dan Overposting sering kali terjadi di Kaskus yang mengakibatkan banyaknya Kaskuser yang resah, galau, gundah gulana karena gak bisa ngaskus. Berbagai macam komplain dilayangkan ke mimin karena Kaskus sering maintenance dan overposting.
emoticon-Ngakak (S)

Tapi biasanya hal itu terjadi ketika server yang Kaskus gunakan tidak menyanggupi permintaan user yang terlalu besar atau trafiknya terlalu tinggi. Sedangkan saat overposting sudah pasti disebabkan oleh trafik postingan yang terlalu tinggi, mungkin karena Kaskuser terlalu aktif atau mungkin aja karena bot, dan sudah pasti karena banyak junker yang ngejar ISO 2000.
emoticon-Stick Out Tongue



8. Konflik Kaskuser - Moderator

Spoiler for Buka Gan!:


Tidak ada kehidupan jika tanpa perselisihan atau konflik. Begitu juga dengan kehidupan dalam jagat raya Kaskus. Mungkin tidak terlalu heboh bagi sepuh yang lain, tapi konflik antara kaskuser dan moderator sempat membuat geger beberapa orang.
emoticon-Stick Out Tongue

Konflik ini biasanya bermula dari Kaskuser yang dibanned oleh moderator dan sakit hati karena merasa tidak bersalah (walaupun sebenarnya memang bersalah). Berbagai macam cara dilakukan untuk menghina moderator bersangkutan, dan bahkan membuat akun palsu dengan nama yang hampir mirip dengan nama moderator tersebut. Biasanya akun palsu digunakan untuk menjatuhkan moderator tersebut dengan menipu Kaskuser lain mengatasnamakan moderator.
emoticon-Hammer (S)

Beberapa moderator yang pernah berseteru atau ada oknum yang tidak senang dengan dengan mereka adalah sebagai berikut: PissLUR, SuperDong, gegep, dan beberapa mod lain yang ane lupa usernamenya.
emoticon-Peace



________________________

Setelah bertahun-tahun aktif dan tidak aktif dan aktif kembali di Kaskus, banyak  pengalaman ataupun hal-hal yang membawa ane bernostalgia kalau diingat-ingat. Sebenarnya sih masih ada beberapa hal lagi yang mau ane tambahin seperti Auto Banned oleh bot Hansip yang kontroversial, berubahnya emoticon maho dari kata :maho menjadi :bett(y) , postingan yang dihapus karena dikira bot, nickname dagumen kepada mimin, dan masih banyak hal lainnya.
emoticon-Betty (S)

Kalau menurut agan ada gak hal-hal yang membuat agan bernostalgia? Atau masih ada beberapa hal yang belum ane cantumin, barangkali ane lupa.
emoticon-Peace

-CENDOL ONLY-
emoticon-Cendol (S)



Sumber Tulisan: Opini Pribadi
Sumber Gambar: Google, Kaskus,

dan Dok. Pribadi




Quote:
Diubah oleh Bomberman. 14-06-2019 20:27
slametgentho
comrade.frias
PocongNgeBreak
PocongNgeBreak dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.4K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.