News
Batal
KATEGORI
link has been copied
270
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eafcca568cc9512462e04e6/polemik-jamu-impor-cina-satgas-covid-19-dpr-ri-lebih-dokter-daripada-dokter
Dengan adanya jamu tradisional dari Satgas Covid-19 DPR RI ini, dokter pun kebingungan karena obat racikan tersebut tidak tertulis komposisi dan asal produksinya. Hanya ada tulisan Cina yang menjelaskan cara pemakaian dan dosisnya saja.
Lapor Hansip
04-05-2020 15:04

Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?


Belakangan ini media mainstream di Indonesia banyak sekali memberitakan topik tentang jamu tradisional pemberian Satgas Covid-19 DPR RI yang digadang-gadang merupakan produk impor dari Cina.

Asal muasal jamu tradisional tersebut merupakan sumbangan dari Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Dasco yang sebelumnya sempat menderita sakit Covid-19 mengonsumsi jamu ini untuk proses penyembuhan.

Tak disangka-sangka ternyata Dasco pun berhasil sembuh dari Covid-19. Karena berhasil survive dari virus yang sudah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia ini, Dasco berinisiatif untuk memesan 3 ribu paket herbal yang diberi nama “Herbavid-19”. Paket herbal itu pun didistribusikan kepada masyarakat dan rumah sakit.

Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?


Kok bisa Satgas Covid-19 DPR RI sangat yakin dengan khasiat jamu tradisional tersebut untuk menyembuhkan Covid-19?

Usut punya usut, ternyata Satgas Covid-19 DPR RI berkeyakinan jika jamu tradisional tersebut kebetulan komposisinya mirip dengan ramuan herbal yang digunakan di Kota Wuhan, Cina.

Deputi Penerangan Masyarakat Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Arteria Dahlan, juga mengatakan kalau pembuatan obat herbal tersebut mengacu kepada buku panduan penanganan Covid-19 di Wuhan. Selain itu pembuatan obat ini juga berdasarkan pada publikasi jurnal kesehatan internasional.

Tapi melansir dari Tempo, Arteria membantah jika pihaknya mengimpor jamu tradisional asal Cina. Menurutnya sih jamu yang dimiliki timnya tersebut merupakan hasil produksi di dalam negeri. Sebagian bahan bakunya pun asli dari Indonesia, dan pengerjaannya dilakukan oleh tenaga lokal.

Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?


Dari sumbangan jamu tradisional ini, masalah baru pun muncul. Masyarakat bertanya-tanya, apakah jamu tersebut layak untuk didistribusikan ke rumah sakit rujukan Covid-19?

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Dokter Inggrid Tania, mengatakan jika obat tradisional seharusnya tidak semudah itu bisa langsung masuk ke rumah sakit rujukan Covid-19. Entah dari manapun asalnya jamu tersebut, apalagi jika dari jalur donasi.

Dokter Inggrid melanjutkan jika obat herbal yang masuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 harus melewati fase kajian terlebih dahulu. Sebelum dikonsumsi oleh pasien yang berada di rumah sakit rujukan Covid-19.

Dengan adanya jamu tradisional dari Satgas Covid-19 DPR RI ini, dokter pun kebingungan karena obat racikan tersebut tidak tertulis komposisi dan asal produksinya. Hanya ada tulisan Cina yang menjelaskan cara pemakaian dan dosisnya saja. Tentunya ini menimbulkan kegaduhan dan kebingungan diantara para dokter yang bertugas.

Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?


Sebenarnya tujuan Satgas Covid-19 DPR RI agaknya cukup bagus, karena untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19. Tapi yang disayangkan adalah mengapa produk herbal tersebut dikirim ke rumah sakit rujukan Covid-19. Padahal diperlukan serangkaian prosedur yang sesuai dengan SOP pemberian obat kepada pasien penderita Covid-19.

Gak cuma itu aja, efek domino pun juga terjadi akibat polemik ini. Setelah Satgas Covid-19 DPR RI membagikan jamu tradisional Cina ini, masyarakat pun jadi tertarik untuk mendapatkan produk herbal tersebut. Karena stok jamu tradisional ini laku keras akibat tingginya permintaan masyarakat, belakangan ini muncul juga jamu dengan merek yang sama tetapi palsu.

Padahal nih obat belum jelas juga khasiatnya ampuh apa enggak.

Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?


Jadi, menurut lo Satgas Covid-19 DPR RI lebih dokter daripada dokter gak nih Gan?


Quote:Referensi:
Jamu Impor Cina Tepatkah untuk Pasien Covid-19? Cek Kata Dokter

Arteria Satgas Covid-19 DPR Bantah Impor Jamu dari Cina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sok.Art dan 178 lainnya memberi reputasi
173
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 11
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:22
maklum sepi proyek emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:24
Kok jadi jamu ya sekarang malahan emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:27
dHewan tolol emang,...

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:43
minimal ada informasi isi kandungan apa aja, bisa didapat dari importir atau perusahaan pembuat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:44
ts ketinggalan jaman, masalah "lebih dari' udah trend bbrapa tahun yg lalu di indo,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:47
Hebatnya orang yang punya kekuasaan, seketika obat itu eh jamu eh obat eh apalah itu namanya langsung dapat logo MUI, langsung dapet ijin BPOM. Padahal itu orang cuma tinggal pasang dan tempet sticker aja.

SALUTTTTT GUWEEHHHH....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:54
kopar kapir osang aseng anti cina, dpr kadrun inpor obat china, what an idieot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 22:56
Bingung mau komen apa klo gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 23:20
Heran aja ya gan, padahal sebelumnya menteri kesehatan sudah mengatakan bahwa corona akan hilang cukup dengan meminum ramuan jamu yang sudah lama beredar dimari, namun kenapa kok anggota DPR malah membelinya dari luar negeri. Atas dasar ini salahkah jika Najwa Sihab mempertanyakan tentang angota dewan ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 23:31
kok mirip kyk obat kuat cina... emoticon-Embarrassment

coronanya nggak sembuh, yg ada malah ngaceng 24 jam.. diliatin ama suster2 rumah sakit emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 23:31
ngapain impor jamu jauh2 sampe ke cina? coba lah mulai lakukan penelitian untuk ganja medis.. hadeh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 23:39
no comment emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
04-05-2020 23:49
mulai dah oknum main abis masker, apd, sabun cuci tangan dll sekarang ganti ke jamu ini neh klo pemerintah ikut campur tangan biasanya mereka dapet bagian mangkanya ikutan belain coba kalau g dapet bagian g bakal ikutan belain itu impor jamu jauh lagian indonesia g kekurangan bahan baku jamu ntar ujungnya harga bahan jamu naik tinggi yang seneng y oknum penimbun ( kalau pemikiran saya seperti itu kali aja salah hahahahah) emoticon-Malu (S)
Diubah oleh hamtaroz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
05-05-2020 00:21
hewan mana tau beda nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
05-05-2020 03:07
Bentar, gw gak paham ama judulnye emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
05-05-2020 03:09
emang kurang pas kelakuannya... ditambah lagi cap made in china bikin pandangan sebagian masyarakat lebih buruk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
05-05-2020 05:27
Lah serius gak ada komposisinya wkwk, ada ada aja satgas ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
05-05-2020 06:05
Belinya pake duid sapa gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
05-05-2020 07:57
dukun kali emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Jamu Impor Cina, Satgas Covid-19 DPR RI Lebih Dokter Daripada Dokter?
05-05-2020 08:52
hadeuhhh , semuanya di buat d indonesia ,, knp pake b cina boss emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 8 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia