localnewsAvatar border
TS
localnews
Mantan Mendag Usulkan Bank Indonesia Mencetak Uang Rp4.000 T


Demi mengatasi persoalan ekonomi akibat Covid-19, Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengusulkan kepada Bank Indonesia (BI) untuk mencetak uang sebanyak Rp4.000 triliun.

Gita Wirjawan mengatakan bahwa uang sebanyak itu tidak akan menimbulkan inflasi. Menurutnya, uang dicetak langsung dapat disalurkan kepada masyarakat untuk menjamin kebutuhan dasar.

Hal itu disampaikannya saat menggelar diskusi bertema “Menyelamatkan Sektor Rill dan UMKM dari Pandemi” bersama Yayasan Rekat Anak Bangsa, Jumat (1/5/2020).
“Uang tersebut tidak hanya digunakan untuk memberi stimulus pada mereka yang kehilangan pendapatan, tapi juga untuk restrukturisasi penyelamatan sektor riil dan UMKM,” kata dia.

Gita juga menepis adanya moral hazard dalam pencetakan uang ribuan triliunan tersebut. Ia menjelaskan bahwa kunci paling penting adalah pengawasan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah saat penyaluran uang tersebut ke masyarakat.
Ia juga mengapresiasi kinerja pemerintah yang sudah berusaha menyelamatkan masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19.

“Harus ada kebijakan tidak biasa yang harus diambil pemerintah, yakni pencetakan uang. Meski diakui bertentangan dengan apa yang diajarkan selama ini,” tutup Gita.


sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/02/mantan-mendag-usulkan-bank-indonesia-mencetak-uang-rp4-000-t/
nurulnadlifa
wenzzForaLL
nona212
nona212 dan 147 lainnya memberi reputasi
148
12.5K
242
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.