localnewsAvatar border
TS
localnews
Rumah Bagus Dicap Keluarga Miskin di Brebes


Foto-foto rumah di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, yang cukup bagus tapi dicap pilox ‘Keluarga Miskin’ Penerima Manfaat PKH, sempat viral di media sosial. Kini, sejumlah pemilik rumah itu akhirnya mengundurkan diri dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Informasi yang diterima, foto tersebut diketahui berlokasi di Desa Ciputih dan Desa Bentar Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

“Beberapa rumah KPM PKH sudah bagus tapi yang yang bersangkutan tidak mau mundur sebagai KPM PKH. Namun saat ini empat KPM sudah mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan ditandatangani yang bersangkutan,” tutur Koordinator PKH Kabupaten Brebes, Fatah El Zaman, Minggu (3/5/2020).

“Empat KPM PKH itu berasal dari Desa Ciputih dan Desa Bentar Kecamatan Salem Brebes,” tambahnya.

Sebelumnya, lanjut Fatah El Zaman, Pendamping PKH sudah menyampaikan agar KPM PKH tersebut mundur sebagai penerima PKH. Karena, sudah dianggap mampu secara ekonomi. Bahkan sebelum dilabelisasi/disemprot cat, disampaikan lagi untuk mau mundur sebagai KPM PKH. Namun KPM PKH tersebut tetap tidak mau mundur.
“Akhirnya rumah KPM PKH tersebut pun dilabelisasi,” kata dia.

Labelisasi yang juga disaksikan kepala desa, menurutnya, untuk membuat efek malu pada KPM PKH yang sudah mampu secara ekonomi. Terbukti, banyak KPM PKH yang sudah mampu secara ekonomi, mau mundur karena merasa malu. “Atau mereka KPM PKH yang sudah mampu secara ekonomi harus viral dulu di media sosial baru mau mengundurkan diri. Semua kembali ke mental masyarakat,” tegasnya.

Hingga kini, lanjutnya, pendamping di lapangan terus melakukan assesment dan pendataan kembali terkait KPM PKH. “Kami masih lakukan pendataan, termasuk berapa yang mengundurkan diri,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Desa Ciputih, Slamet Becco, membenarkan informasi itu. Dia pun mengaku baru mengetahuinya setelah ada pelabelan keluarga miskin dengan pilox pada Rabu (29/4/2020). Salah satu rumah yang terbilang bagus tapi dicap label ‘Keluarga Miskin’ yakni milik Surya. Dia mengaku tidak mengetahui mengapa keluarganya masuk menjadi penerima manfaat PKH.

“Saya ga tau didata atau tidak karena saya di perantauan. Mungkin awalnya, sebelum rumah begini mungkin sudah didata. Kalau rumah ini kan baru 2-3 tahun yang lalu,” katanya.

Usai rumahnya dicap ‘Keluarga Miskin’ dia pun akhirnya memilih mundur. “Pemasangan cap ini kan saya juga tidak tahu. Kalau tahu mungkin saya pertimbangkan pantes atau tidaknya. Tapi setelah ini saya mundur,” kata Surya.



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/04/rumah-bagus-dicap-keluarga-miskin-di-brebes/
onik
anasabila
4iinch
4iinch dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.