News
Batal
KATEGORI
link has been copied
451
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea514a0a2d1954fb47ff0f4/misteri-tragedi-sum-kuningyang-membuat-seorang-kapolri-dicopot-dari-jabatannya
Bus kota sudah tak lewat Ngampilan selepas pukul 17.00.Malam itu,tanggal 21 September tahun 1970,karena urusan dagang membuat gadis yang bernama Sumaridjem terlambat pulang.Terpaksa dia berjalan ke arah utara,lalu belok kanan lewat Jalan Patuk menuju Jalan Ngupasan.
Lapor Hansip
26-04-2020 11:57

Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bus kota sudah tak lewat Ngampilan selepas pukul 17.00.Malam itu,tanggal 21 September tahun 1970,karena urusan dagang membuat gadis yang bernama Sumaridjem terlambat pulang.Terpaksa dia berjalan ke arah utara,lalu belok kanan lewat Jalan Patuk menuju Jalan Ngupasan.Bus menuju arah Godean tak juga muncul.Daerah pinggiran Yogyakarta di tahun 1970 itu masih sepi,ketika melintas di timur Asrama Polisi Patuk,datang sebuah mobil dan berhenti di dekatnya.


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Foto Sumaridjem

Sumber


Pemuda-pemuda gondrong turun dari mobil dan dengan paksa menarik Sumaridjem untuk masuk ke mobil.Ia berusaha dengan sekuat tenaga menolak paksaan pemuda itu,namun tidak berhasil.


Mobil itu kemudian melaju mengitari Jalan Diponegoro menuju Bumidjo,melintasi Jalan Magelang dan tergoncang ketika menyeberangi rel (yang kini sudah tidak ada lagi).Di dalam mobil ada yang mengancam dengan menempelkan pisau belati di lehernya.


Sumaridjem kemudian dibius dan nyaris tak sadarkan diri.Hal yang terakhir diingat adalah kain panjangnya disingkap sampai pada pusatnya,dan kemudian para pemuda itu bergiliran menyetubuhi Sumaridjem.


Selain diperkosa ramai-ramai, uang Rp4.650 hasil dagangan telurnya juga diambil pemuda-pemuda itu (bejat sekali gan sis).Setelah urusan syahwat beres,mereka membuang Sumaridjem yang tak berdaya di tepi Jalan Wates-Purworejo,daerah Gamping.


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Ilustrasi Jogja tempo dulu

Sumber


Saat dibuang hari masih gelap,Sumaridjem yang tak berdaya berjuang keras berjalan menuju arah kota Yogyakarta.Ketika hari agak terang,dengan sisa uang Rp 100 Sumaridjem menyetop becak.Tukang becak lalu mengantarkan ke rumah salah seorang langganannya di Bumijo,Nyonya Sulardi.


Sesampaimya dirumah Nyonya Sulardi ia menceritakan semuanya.Sumaridjem menangis tiada henti pagi itu gan sist,keadaan Sumaridjem sangat menyedihkan kaki dan kain bajunya berlumuran darah.Isak tangisnya sampai ke telinga tetangga Nyonya Sulardi.Kebetulan tetangganya adalah Tut Sugijarto, seorang wartawan Minggu Pagi.Pada pukul 06.00 tanggal 22 September 1970,Tut menghubungi rekannya,Imam Sutrisno,wartawanKedaulatan Rakyat. 


Setelahnya Imam segera melapor ke unit Polisi Militer, Denpom VII/2.Ketika anggota PM datang tak menunggu lama mereka membawanya ke Rumah Sakit Bethesda.Ketika dibawa ke rumah sakit kebetulan melewati Jalan Patuk,Sumaridjem menunjukan tempat diculiknya oleh para pemuda gondrong malam sebelumnya.


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Sumber


Kasus ini membuat gempar Yogyakarta pada masanya gan sist,orang-orang kemudian mengenalnya sebagai Sum Kuning.Karena kulitnya yang kuning langsat bak puteri raja.Koran di Yogyakarta dan di luar Yogyakarta,ramai membicarakannya.Bisa dibilang jadi trending topic pada masanya,Sumaridjem saat itu baru berumur 17 tahun.Kasus ini bukan yang pertama kalinya.


Di awal Orde Baru berkuasa,tiga bulan sebelumnya seorang guru muda di Stella Duce,disebut dengan inisial "Gadis N", juga jadi korban pemerkosaan pada 26 Juni 1970.Kejadian yang menimpa Gadis N dan Sumaridjem membuat gelisah masyarakat,terutama yang punya anak gadis.Mereka takut anak gadis mereka mengalami nasib yang serupa. 


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Sum Kuning yang tengah gan sist
Sumber


Sumaridjem dan Gadis N dianggap korban ketidakadilan,dan dugaan-dugaan timbul dimasyarakat bahwa pelaku peristiwa Sum Kuning adalah orang yang sama dalam kasus penculik Gadis N.


Seminggu setelahnya pada tanggal 28 September 1970, ada kabar bahwa para penculik dan pemerkosa Sum dan Gadis N akan diarak.Ribuan orang memadati kantor polisi di selatan Malioboro.Namun,namun tidak ada yang diarak hari itu.Publik dibohongi,semua pelaku nyatanya belum tertangkap.


Masyarakat sudah mulai menduga-duga bahwa para pelaku adalah anak para pejabat dan trah kraton di Yogyakarta.Didasarkan pada kenyataan bahwa penculik itu menggunakan mobil.Dimana tahun 1970-an gan sist,hanya orang-orang terkemuka dan orang kaya yang memiliki mobil.


Yang terjadi setelahnya bahwa memang tidak ada penangkapan para pelaku,justru Sumaridjem yang ditahan polisi beberapa saat setelah keluar dari rumah sakit emoticon-Bingung (S)
Kasusnya menjadi rumit.Hasil visum dokter menyebut adanya pendarahan alat kelamin, selaput dara sobek,dan luka di paha kanan-kiri,hasil itu seolah tidak lagi penting.


Dalam posisi yang tersudut,Sumaridjem bercerita kepada Slamet Djabarudi, wartawan Pelopor di Yogyakarta.Bahwa ruang geraknya dibatasi dan diancam akan disetrum,bahkan muncul tuduhan konyol Sumaridjem adalah anggota Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani, yang identik dengan PKI).Karena kasusnya yang berhubungan dengan anak para pejabat negara emoticon-Nohope 


Ia juga mengaku dilecehkan polisi,mereka menyuruh dia menanggalkan pakaian.Alasannya,mereka akan mencari kalau di tubuhnya ada tanda palu-arit emoticon-Mad
Masa awal orde baru,memang berusaha menumpas dan memburu seluruh mantan anggota PKI,termasuk Gerwani.


Sum sendiri bahkan diarahkan untuk mengakui penculikan dan pemerkosaan adalah hal yang tidak terjadi,dia dipaksa membenarkan cerita versi polisi bahwa ia tidak diperkosa namun berhubungan badan dengan seorang tukang bakso bernama Trimo.


Sum Kuning menjalani persidangan pertama pada 16 November 1970 di Pengadilan Negeri Yogyakarta,persidangan dilakukan secara tertutup.Pada sidang polisi menghadirkan seorang saksi,ia adalah tukang bakso bernama Trimo.Sum diarahkan untuk mengakui penculikan dan pemerkosaan adalah hal yang tidak terjadi,dia dipaksa membenarkan cerita versi polisi bahwa ia tidak diperkosa namun berhubungan badan dengan seorang tukang bakso.Trimo pun demikian,dibawah ancaman ia dipaksa mengakui cerita rekayasa tersebut.Padahal Trimo sama sekali tidak mengenal sosok Sum Kuning sendiri.


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Sumber


Persidangan terbuka dilakukan pada sidang ke empat,Jaksa Adi Waluyo saat itu menuntut Sum dengan hukuman tiga bulan dengan masa percobaan selama setahun.Namun tuntutan itu ditolak Hakim Nyonya Lamijah Moeljarto,karena Sumaridjem tidak terbukti memberi keterangan palsu,akhirnya Sumaridjem dibebaskan dari segala tuduhan.


Kasus Sum Kuning sempat mendapat perhatian serius dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang saat itu dijabat Hoegeng Imam Santoso.Hoegeng berusaha membongkar kasus ini,pada bulan Januari 1971 membentuk tim khusus yang dinamai "Tim Pemeriksa Sum Kuning".Ketua tim itu adalah Kadapol IX/Jateng,Suwardjiono. 


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Bapak Hoegeng,Kapolri waktu itu gan sist

Sumber


Kasus Sum Kuning terus membesar dan sejumlah pejabat Yogyakarta dan trah kraton yang anaknya disebut terlibat,membantah lewat media massa.Salah satunya Paku Alam VIII,yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur DIY.Berikut pernyataannya gan sist


Quote:"Berita itu sama sekali tidak nyata. Itu overbodig (berlebihan), sama sekali overbodig," bantahnya seraya mempersilakan anaknya ditindak jika bersalah.Sumber Artikel



Hoegeng sampai melaporkan perkembangan pengungkapan kasus Sum Kuning kepada Presiden Soeharto.Bukannya memberi dukungan,Soeharto malah meminta kasus itu dihentikan dan diambil alih oleh Tim Pemeriksa Pusat/Kopkamtib.Karena kasus Sum Kuning dianggap memiliki unsur politik,sehingga pemerintah pusat merasa perlu mengambil alih kasusnya.


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Ilustrasi Presiden Soeharto dan Bapak Hoegeng


Sumber


Kuasa Bapak Hoegeng pun hilang dalam pengungkapan kasus Sum Kuning.Dia kecewa atas keputusan Soeharto,dan menyayangkan penanganan yang seharusnya dilakukan aparat hukum seperti polisi, malah menjadi dicampuri pihak lain. 


Pada akhirnya Jenderal Hoegeng malah dicopot dari jabatannya sebagai Kapolri gan sist,padahal beliau saat itu sedang berusaha keras untuk mengungkap kebenaran kasus ini.Tanggal 2 Oktober tahun 1971,Bapak Hoegeng dipensiunkan sebagai Kapolri.


Dengan alasan peremajaan,sedangkan Kapolri yang menggantikannya justru memiliki usia yang lebih tua.Banyak pihak menilai Hoegeng sengaja dipensiunkan untuk menutup kasus Sum Kuning serta kasus penyelundupan mobil yang dibekingi pejabat negara waktu itu.


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Sumber


Setelah ditinggal Pak Hoegeng,tim bentukannya kehilangan arahdan akhirnya polisi malah memberikan 10 nama yang diduga menjadi pelaku pemerkosa Sum Kuning,tapi para pelaku menolak tuduhan dan bersumpah tidak melakukannya.Padahal polisi sudah fix menyebut Trimo sebagai pelaku utamanya,tapi setelah Pak Hoegeng dicopot,malah muncul 10 pelaku baru ?.Selain itu muncul saksi settingan bernama Karyo Teklek,dimana dia berujar bahwa rumahnya dijadikan untuk aksi biadab tersebut.


Saat itu Sum Kuning juga mulai mengingat semuanya dengan detail,padahal sebelumnya yang ia ingat hanya sampai kejadian dibius didalam mobil.Hal yang janggal juga datang dari Sum Kuning,ia mulai ingat jenis dan warna mobil yang membawanya,sampai jumlah pintunya.Bahkan Sum senddiri hafal rute jalan sampai di rumah Karyo Teklek di desa Ngangkruk,(Klaten) tempat ia “digilir” juga hafal emoticon-Bingung (S)


Padahal sebelumnya ia mengaku diculik dan diperkosa “hanya” oleh 4 orang laki-laki,sangat janggal Sum Kuning bisa mengingatnya dengan jelas padahal Sum Kuning dibius.Satu lagi yang janggal,ternyata mobil Van merek Opel 4885A yang membawanya waktu itu rusak berat dan sedang berada di Semarang,pada saat kejadian.


Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya

Sumber


Ada udang dibalik bakwan,konspirasi macam apa yang dilakukan waktu itu ? emoticon-Big Grin
Sebegitu mengerikankah jika kasus Sum Kuning sampai benar-benar terbongkar kebenarannya ? emoticon-Bingung (S)


Hasil putusan sidang para pelaku baru ini,pada akhirnya semua dibebaskan dari segala tuduhan gan sist,karena tidak cukup bukti.Obat bius yang digunakan pun tidak bisa dibuktikan dalam persidangan,kesaksian Karyo Teklek dan Sum Kuning Sendiri juga diragukan.Beberapa pihak menduga,mereka memberi kesaksisan palsu,yang sudah direkayasa sedemikian rupa oleh oknum tertentu dikepolisian.


Setelah selesai kasus ini menurut beberapa sumber yang ane baca,Sum Kuning sendiri kemudian pindah dan bekerja di Rumah Sakit Tentara di Semarang,kemudian menikah dengan seorang pria yang sudah dikenalnya saat masih dirawat.



Quote:Kasus ini masih meninggalkan misteri gan sist,pelaku sebenarnya tidak tertangkap sama sekali.Sosok yang ingin mengungkap kebenarannya pun,malah disingkirkan oleh Soeharto sendiri.


Ane dibuat penasaran,kenapa sampai Presiden langsung turun tangan dalam hal ini ?,kalau pelaku sebenarnya tertangkap apakah akan berdampak buruk untuk rezim orba waktu itu ? emoticon-Bingung (S)


Ane sendiri paling benci dan gak suka terhadap pelaku kasus beginian.Dimana wanita yang diperkosa,hanya dijadikan pemuas nafsu semata emoticon-Mad
Sayang sekali pelakunya sendiri tak pernah tertangkap,karena dilindungi kekuatan yang besar.


Bisa jadi ini untuk melindungi keturunan trah kraton,mengingat Ibu Tien Soeharto sebagai ibu negara memiliki trah kraton juga.Mungkin Presiden Soeharto tidak ingin masyarakat beranggapan buruk pada trah kraton,dimana istrinya memiliki garis keturunan tersebut.


Kita tahu masyarakat jawa sangat menjunjung tinggi norma budaya dan norma sosial masyarakat.Bagaimana jadinya jika seorang trah kraton terlibat kasus pemerkosaan ?,pasti akan mendapat hujatan dan protes yang besar dari masyarakat Jogja.Bukan hanya dari orang jawa,tapi juga seluruh masyarakat Indonesia.Terutama kraton Yogyakarta yang akan mendapat banyak kritik dan hujatan dari masyarakat.
Ini hanya pendapat dan opini pribadi gan sist,mohon koreksinya.


Mengingat kasus ini tidak terungkap dan pelakunya tidak pernah tertangkap,dugaan pelaku hanya mengarah kepada para anak pejabat dan trah kraton waktu itu.


Lagi-lagi sejarah kelam yang tak terungkap dari republik ini,ane berpikir mungkin hanya Tuhan lah yang tahu segalanya tentang sejarah kelam ini.Bila mereka berhasil lolos dari jerat hukum negara,biarkan hukum karma dari Tuhan berlaku bagi para pelakunya.



JAS MERAH




Sumber : opini dan pemikiran pribadi
Referensi: 1,2,3,4,5
Ilustrasi Gambar: google imageaa
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 334 lainnya memberi reputasi
329
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 15
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:15
tapi katanya ngustad tungku jaman bapak itu beras murah ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:15
Para pelaku nya ane yakin hidupnya ga tenang, pasti ada balasan dari Alloh SWT, siapa menanam pasti menuai...kalo ga di dunia pasti di akhirat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:16
Kejam banget ini gan gak habis pikir demi kepentingan personal jabatan dijadikan tameng untuk menutupi segalanya kasihan ibu sum kuning
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:18
itu baru kejadian di awal orde baru lho....betapa kejam dan licinnya konspirasi...dan terus membudaya sampai 32 thn (diktator /tangan besi secara halus..khas jawa)...jargon "atas petunjuk bapak" terngiang di tvri....tidak ada yang berani mengusik...lawan dilenyapkan beda pendapat disingkirkan....bahkan sebatas acara tanya jawab...lomba klompencapir....semua settingan....mau itu kembali lagi di indonesia ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:18
klo kisah nya d angkat di layar lebar sepertinya bakalan menarik

seperti pilem2 d luar sana
kisah2 misteri yg belum terungkap, di angkat ke layar lebar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:19
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:22
Quote:Original Posted By daniadi123
terimakasih atas informasinya gan, saya baru tau kapolri hoegeng dihentikan masa baktiny pada kasus sprti itu. sperti ada konspirasi atau settingan nya wkwk penguasa zaman dulu emang main aman bgt dah.


Quote:Original Posted By kingd4ddy
Sekarang pak hoegeng menjadi pahlawan nasional dan dijadikan nama stadion di kota pekalongan sesuai tempat lahir beliau.
Semoga beliau dapat menjadi suri tauladan akan kejujuran dan kebaikannya.aamiin


Quote:Original Posted By lorenzo27
Polisi jujur di negara ini ad 3
1.patung polisi
2.polisi tidur
3.jendral hoegeng


rindu sosok pak hoegeng emoticon-Turut Berduka



Quote:Original Posted By Saviyan
Itu pelakunya punya koneksi kenceng ke boss besar

Akhirnya kapolri nya kena dah
Kasian


pak hoegeng banyak musuhnya gan,terutama pejabat negara yang terlibat KKN.makanya dengan adanya kasus ini dimanfaatkan untuk menyingkirkan beliau


Quote:Original Posted By cangcutlevis703
rahayu pa hoegeng...


the best pak hoegeng emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By bayu aji
kalau kasus kayak begini nunggu pengadilan akhirat gan. Sama kayak mantan presiden kedua negara ini, kira2 dia ditanya apaan sama malaikat disana.


waduh gak tahu deh gan diatnya apa,hanya malaikat yang tahu emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By jembloengjava
Sama seperti kasus MARSINAH...

Tak terungkap.


banyak yang tak terungkap gan emoticon-Turut Berduka



Quote:Original Posted By rp.1000000
Kasus yang berakhir bahagia bagi semua pihak kecuali pak hoegeng emoticon-Blue Guy Smile (S)

Indahnya emoticon-Kiss (S)






































emoticon-Angel


pak hoegeng the real hero gan,gak takut sama siapa pun.dan korbankan jabatannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:27
kwwkwkwkkww enak yah anak pejabat di Indonesia dari zaman dulu sampe skrang kalo ada kasus hukum pasti terlindungi dan bebas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:28
Memalukan martabab para pemuda gondrong emoticon-Mad

Untung saya udh ga gondrong, jadi malu juga entar emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:28
Quote:Original Posted By denbags
ane dah tau sih ni kasus, cuma baru baca lengkap gini di trit ts emoticon-Jempol


terimaksih gan,semoga bisa nambah wawasan emoticon-Nyepi


Quote:Original Posted By xoxoanna
untunglah jaman now jarang ada perkosaan.
Cowok jaman now maho semua ganemoticon-Ngakak


sekarang banyak cowo yang diperkosa sama maho gan,kayak kasus di inggris kemaren emoticon-Busa

masukin ke sel bang ipul aja itu maho2 gan emoticon-Busa



Quote:Original Posted By id.ri.rio
sangat menginspirasi sekaligus memberi kita pelajaran berharga dari kisahnya... thanks tritnya ganemoticon-2 Jempol


masama gan,moga nambah wawasan.makasih udah mampir emoticon-Toast


Quote:Original Posted By mr.yasir
Ya Kekuasaan yg mementingkan Tingkat atas kisah yg menguji kita untuk melihat seluk beluk ketidak adilan akan tindakan kaum bangsawan masalalu

Tentunya hal tersebut tidak jauh berbeda dengan yg sekarang hanya beda jaman saja .....emoticon-Cendol Gan


masih sama gan dari dulu sampai sekarang,terutama soal hukumnya.selalu menindas yang lemah



Quote:Original Posted By kacung69
Rp. 4.650 masih diambil? .. keterlaluan gan?


iya gan,itu uang hasil jualan telur.tega banget emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By satrio310
ya sama aja Ama sekarang....


hukum yang berpihak ke atas bukan ke bawah emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By scan88
dan ane yakin udh pada mati dan terima ganjaran nya di neraka emoticon-Traveller


semoga dapat balasan yang setimpal gan


Quote:Original Posted By r1pper
gua baca dulu bray
baru tau


monggo bray emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:28
susah bre kalo memang benar2 melibatkan anak2 penguasa atau penguasa itu sendiri


Btw ane baru tau kalo pak hugeng lengser karena kasus ini
Diubah oleh bon123456789
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:30
TANGAN TANGAN YANG KOTOR DAN BERLUMURAN DARAH, SAMPAI ANAK CUCUNYA SEKALIPUN PASTI AKAN MENERIMA BUAH DARI PERBUATANNYA.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:33
pemerkosanya sekarang jadi apa ya? ane jadi kepoemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:40
Quote:Original Posted By yudhielagi
ga bakal terungkap dah... presiden nya aja malah nyuruh nutup bukan nyuruh nangkep emoticon-Cape d...


power orang dalam gan,sepertinya ortu pelaku dekat dengan soeharto


Quote:Original Posted By servesiwi
gondrong & pakek mobil pada zaman ntu ya cuman wong sugih emoticon-Stick Out Tongue


wong sugih yang punya kuasa emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By fitsa...hats
tapi katanya ngustad tungku jaman bapak itu beras murah ya akhi emoticon-Maaf Agan


dia cuma tahu harga beras gan,gak tahu cerita lengkap orde baru emoticon-Big Grin
bersyukur direzim sekarang dia masih bisa ngoceh,kalo direzim si mbah.dia sudah dikarungin atau ditembak petrus emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By mr.sompretos
Para pelaku nya ane yakin hidupnya ga tenang, pasti ada balasan dari Alloh SWT, siapa menanam pasti menuai...kalo ga di dunia pasti di akhirat.


gak bisa lolos dari hukum Tuhan gan emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By yogidn90
Kejam banget ini gan gak habis pikir demi kepentingan personal jabatan dijadikan tameng untuk menutupi segalanya kasihan ibu sum kuning


yang berkuasa selalu punya tameng untuk dirinya gan


Quote:Original Posted By ariestarbut
itu baru kejadian di awal orde baru lho....betapa kejam dan licinnya konspirasi...dan terus membudaya sampai 32 thn (diktator /tangan besi secara halus..khas jawa)...jargon "atas petunjuk bapak" terngiang di tvri....tidak ada yang berani mengusik...lawan dilenyapkan beda pendapat disingkirkan....bahkan sebatas acara tanya jawab...lomba klompencapir....semua settingan....mau itu kembali lagi di indonesia ...


herannya kemarin ada ulama yang pingin kembali ke jaman itu,dengan memberi perbandingan harga beras emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By pejantantambun0
klo kisah nya d angkat di layar lebar sepertinya bakalan menarik

seperti pilem2 d luar sana
kisah2 misteri yg belum terungkap, di angkat ke layar lebar


sudah diangkat ke film, judulnya perawan desa gan.terinspirasi dari kasus ini


Quote:Original Posted By ngicat
kwwkwkwkkww enak yah anak pejabat di Indonesia dari zaman dulu sampe skrang kalo ada kasus hukum pasti terlindungi dan bebas.


asal punya duit dan kekuasaan pokoknya beres gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:42
ibu Sum skrg masih hidup?how's her life?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:43
skrng para pelakunya sudah pd MODYAAR semua, selamat menikmati diperkosa dedemit diakherat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:43
Quote:Original Posted By si.matamalaikat

Iya gan, tapi minim info. Kejadian masih tahun 70an, tepatnya 70an brpa ane lupa. Anaknya Suzana berumur 17 tahun, dikeroyok di deket rumahnya dan meninggal. Pelakunya gak ketemu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:44
Wew.. sampw dicopot yak dr jabatan hmmmm...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:47
Quote:Original Posted By GhostFreak666
Memalukan martabab para pemuda gondrong emoticon-Mad

Untung saya udh ga gondrong, jadi malu juga entar emoticon-Mad


wkwkwk,bikin jelek image para gondrongers ya gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By bon123456789
susah bre kalo memang benar2 melibatkan anak2 penguasa atau penguasa itu sendiri


Btw ane baru tau kalo pak hugeng lengser karena kasus ini


yang punya power dan uang selalu menang gan,btw selain kasus sum kuning.alasan beliau lengser adalah akibat penyelidikan kasus penyelundupan mobil yang dibekingi pejabat negara gan.itu menurut beberapa sumber yang ane baca


Quote:Original Posted By donvandejik
TANGAN TANGAN YANG KOTOR DAN BERLUMURAN DARAH, SAMPAI ANAK CUCUNYA SEKALIPUN PASTI AKAN MENERIMA BUAH DARI PERBUATANNYA.
emoticon-Cool


betul gan,hukum timbal balik itu berlaku.ketika kita berbuat baik kita dapat balasan baik,saat berbuat buruk mendapat balasan buruk juga gan emoticon-Smilie



Quote:Original Posted By priox125
pemerkosanya sekarang jadi apa ya? ane jadi kepoemoticon-Bingung


kemungkinan juga sudah almarhum gan,kasusnya udah lama juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pabloo dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
03-05-2020 21:52
setiap orde pasti ada kisah yang diputarbalikkan layaknya sinetron,yah namanya juga idup,kata nike ardila kan "hidup adalah panggung sandiwara"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Halaman 8 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia