si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Misteri Tragedi Sum Kuning,Yang Membuat Seorang Kapolri Dicopot Dari Jabatannya
Bus kota sudah tak lewat Ngampilan selepas pukul 17.00.Malam itu,tanggal 21 September tahun 1970,karena urusan dagang membuat gadis yang bernama Sumaridjem terlambat pulang.Terpaksa dia berjalan ke arah utara,lalu belok kanan lewat Jalan Patuk menuju Jalan Ngupasan.Bus menuju arah Godean tak juga muncul.Daerah pinggiran Yogyakarta di tahun 1970 itu masih sepi,ketika melintas di timur Asrama Polisi Patuk,datang sebuah mobil dan berhenti di dekatnya.




Foto Sumaridjem

Sumber


Pemuda-pemuda gondrong turun dari mobil dan dengan paksa menarik Sumaridjem untuk masuk ke mobil.Ia berusaha dengan sekuat tenaga menolak paksaan pemuda itu,namun tidak berhasil.


Mobil itu kemudian melaju mengitari Jalan Diponegoro menuju Bumidjo,melintasi Jalan Magelang dan tergoncang ketika menyeberangi rel (yang kini sudah tidak ada lagi).Di dalam mobil ada yang mengancam dengan menempelkan pisau belati di lehernya.


Sumaridjem kemudian dibius dan nyaris tak sadarkan diri.Hal yang terakhir diingat adalah kain panjangnya disingkap sampai pada pusatnya,dan kemudian para pemuda itu bergiliran menyetubuhi Sumaridjem.


Selain dirudapaksa ramai-ramai, uang Rp4.650 hasil dagangan telurnya juga diambil pemuda-pemuda itu (bejat sekali gan sis).Setelah urusan syahwat beres,mereka membuang Sumaridjem yang tak berdaya di tepi Jalan Wates-Purworejo,daerah Gamping.




Ilustrasi Jogja tempo dulu

Sumber


Saat dibuang hari masih gelap,Sumaridjem yang tak berdaya berjuang keras berjalan menuju arah kota Yogyakarta.Ketika hari agak terang,dengan sisa uang Rp 100 Sumaridjem menyetop becak.Tukang becak lalu mengantarkan ke rumah salah seorang langganannya di Bumijo,Nyonya Sulardi.


Sesampaimya dirumah Nyonya Sulardi ia menceritakan semuanya.Sumaridjem menangis tiada henti pagi itu gan sist,keadaan Sumaridjem sangat menyedihkan kaki dan kain bajunya berlumuran darah.Isak tangisnya sampai ke telinga tetangga Nyonya Sulardi.Kebetulan tetangganya adalah Tut Sugijarto, seorang wartawan Minggu Pagi.Pada pukul 06.00 tanggal 22 September 1970,Tut menghubungi rekannya,Imam Sutrisno,wartawanKedaulatan Rakyat. 


Setelahnya Imam segera melapor ke unit Polisi Militer, Denpom VII/2.Ketika anggota PM datang tak menunggu lama mereka membawanya ke Rumah Sakit Bethesda.Ketika dibawa ke rumah sakit kebetulan melewati Jalan Patuk,Sumaridjem menunjukan tempat diculiknya oleh para pemuda gondrong malam sebelumnya.




Sumber


Kasus ini membuat gempar Yogyakarta pada masanya gan sist,orang-orang kemudian mengenalnya sebagai Sum Kuning.Karena kulitnya yang kuning langsat bak puteri raja.Koran di Yogyakarta dan di luar Yogyakarta,ramai membicarakannya.Bisa dibilang jadi trending topic pada masanya,Sumaridjem saat itu baru berumur 17 tahun.Kasus ini bukan yang pertama kalinya.


Di awal Orde Baru berkuasa,tiga bulan sebelumnya seorang guru muda di Stella Duce,disebut dengan inisial "Gadis N", juga jadi korban pemerkosaan pada 26 Juni 1970.Kejadian yang menimpa Gadis N dan Sumaridjem membuat gelisah masyarakat,terutama yang punya anak gadis.Mereka takut anak gadis mereka mengalami nasib yang serupa. 




Sum Kuning yang tengah gan sist
Sumber


Sumaridjem dan Gadis N dianggap korban ketidakadilan,dan dugaan-dugaan timbul dimasyarakat bahwa pelaku peristiwa Sum Kuning adalah orang yang sama dalam kasus penculik Gadis N.


Seminggu setelahnya pada tanggal 28 September 1970, ada kabar bahwa para penculik dan pemerkosa Sum dan Gadis N akan diarak.Ribuan orang memadati kantor polisi di selatan Malioboro.Namun,namun tidak ada yang diarak hari itu.Publik dibohongi,semua pelaku nyatanya belum tertangkap.


Masyarakat sudah mulai menduga-duga bahwa para pelaku adalah anak para pejabat dan trah kraton di Yogyakarta.Didasarkan pada kenyataan bahwa penculik itu menggunakan mobil.Dimana tahun 1970-an gan sist,hanya orang-orang terkemuka dan orang kaya yang memiliki mobil.


Yang terjadi setelahnya bahwa memang tidak ada penangkapan para pelaku,justru Sumaridjem yang ditahan polisi beberapa saat setelah keluar dari rumah sakit emoticon-Bingung (S)
Kasusnya menjadi rumit.Hasil visum dokter menyebut adanya pendarahan alat kelamin, selaput dara sobek,dan luka di paha kanan-kiri,hasil itu seolah tidak lagi penting.


Dalam posisi yang tersudut,Sumaridjem bercerita kepada Slamet Djabarudi, wartawan Pelopor di Yogyakarta.Bahwa ruang geraknya dibatasi dan diancam akan disetrum,bahkan muncul tuduhan konyol Sumaridjem adalah anggota Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani, yang identik dengan PKI).Karena kasusnya yang berhubungan dengan anak para pejabat negara emoticon-Nohope 


Ia juga mengaku dilecehkan polisi,mereka menyuruh dia menanggalkan pakaian.Alasannya,mereka akan mencari kalau di tubuhnya ada tanda palu-arit emoticon-Mad
Masa awal orde baru,memang berusaha menumpas dan memburu seluruh mantan anggota PKI,termasuk Gerwani.


Sum sendiri bahkan diarahkan untuk mengakui penculikan dan pemerkosaan adalah hal yang tidak terjadi,dia dipaksa membenarkan cerita versi polisi bahwa ia tidak dirudapaksa namun berhubungan badan dengan seorang tukang bakso bernama Trimo.


Sum Kuning menjalani persidangan pertama pada 16 November 1970 di Pengadilan Negeri Yogyakarta,persidangan dilakukan secara tertutup.Pada sidang polisi menghadirkan seorang saksi,ia adalah tukang bakso bernama Trimo.Sum diarahkan untuk mengakui penculikan dan pemerkosaan adalah hal yang tidak terjadi,dia dipaksa membenarkan cerita versi polisi bahwa ia tidak dirudapaksa namun berhubungan badan dengan seorang tukang bakso.Trimo pun demikian,dibawah ancaman ia dipaksa mengakui cerita rekayasa tersebut.Padahal Trimo sama sekali tidak mengenal sosok Sum Kuning sendiri.




Sumber


Persidangan terbuka dilakukan pada sidang ke empat,Jaksa Adi Waluyo saat itu menuntut Sum dengan hukuman tiga bulan dengan masa percobaan selama setahun.Namun tuntutan itu ditolak Hakim Nyonya Lamijah Moeljarto,karena Sumaridjem tidak terbukti memberi keterangan palsu,akhirnya Sumaridjem dibebaskan dari segala tuduhan.


Kasus Sum Kuning sempat mendapat perhatian serius dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang saat itu dijabat Hoegeng Imam Santoso.Hoegeng berusaha membongkar kasus ini,pada bulan Januari 1971 membentuk tim khusus yang dinamai "Tim Pemeriksa Sum Kuning".Ketua tim itu adalah Kadapol IX/Jateng,Suwardjiono. 




Bapak Hoegeng,Kapolri waktu itu gan sist

Sumber


Kasus Sum Kuning terus membesar dan sejumlah pejabat Yogyakarta dan trah kraton yang anaknya disebut terlibat,membantah lewat media massa.Salah satunya Paku Alam VIII,yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur DIY.Berikut pernyataannya gan sist


Quote:



Hoegeng sampai melaporkan perkembangan pengungkapan kasus Sum Kuning kepada Presiden Soeharto.Bukannya memberi dukungan,Soeharto malah meminta kasus itu dihentikan dan diambil alih oleh Tim Pemeriksa Pusat/Kopkamtib.Karena kasus Sum Kuning dianggap memiliki unsur politik,sehingga pemerintah pusat merasa perlu mengambil alih kasusnya.




Ilustrasi Presiden Soeharto dan Bapak Hoegeng


Sumber


Kuasa Bapak Hoegeng pun hilang dalam pengungkapan kasus Sum Kuning.Dia kecewa atas keputusan Soeharto,dan menyayangkan penanganan yang seharusnya dilakukan aparat hukum seperti polisi, malah menjadi dicampuri pihak lain. 


Pada akhirnya Jenderal Hoegeng malah dicopot dari jabatannya sebagai Kapolri gan sist,padahal beliau saat itu sedang berusaha keras untuk mengungkap kebenaran kasus ini.Tanggal 2 Oktober tahun 1971,Bapak Hoegeng dipensiunkan sebagai Kapolri.


Dengan alasan peremajaan,sedangkan Kapolri yang menggantikannya justru memiliki usia yang lebih tua.Banyak pihak menilai Hoegeng sengaja dipensiunkan untuk menutup kasus Sum Kuning serta kasus penyelundupan mobil yang dibekingi pejabat negara waktu itu.




Sumber


Setelah ditinggal Pak Hoegeng,tim bentukannya kehilangan arahdan akhirnya polisi malah memberikan 10 nama yang diduga menjadi pelaku pemerkosa Sum Kuning,tapi para pelaku menolak tuduhan dan bersumpah tidak melakukannya.Padahal polisi sudah fix menyebut Trimo sebagai pelaku utamanya,tapi setelah Pak Hoegeng dicopot,malah muncul 10 pelaku baru ?.Selain itu muncul saksi settingan bernama Karyo Teklek,dimana dia berujar bahwa rumahnya dijadikan untuk aksi biadab tersebut.


Saat itu Sum Kuning juga mulai mengingat semuanya dengan detail,padahal sebelumnya yang ia ingat hanya sampai kejadian dibius didalam mobil.Hal yang janggal juga datang dari Sum Kuning,ia mulai ingat jenis dan warna mobil yang membawanya,sampai jumlah pintunya.Bahkan Sum senddiri hafal rute jalan sampai di rumah Karyo Teklek di desa Ngangkruk,(Klaten) tempat ia “digilir” juga hafal emoticon-Bingung (S)


Padahal sebelumnya ia mengaku diculik dan dirudapaksa “hanya” oleh 4 orang laki-laki,sangat janggal Sum Kuning bisa mengingatnya dengan jelas padahal Sum Kuning dibius.Satu lagi yang janggal,ternyata mobil Van merek Opel 4885A yang membawanya waktu itu rusak berat dan sedang berada di Semarang,pada saat kejadian.




Sumber


Ada udang dibalik bakwan,konspirasi macam apa yang dilakukan waktu itu ? emoticon-Big Grin
Sebegitu mengerikankah jika kasus Sum Kuning sampai benar-benar terbongkar kebenarannya ? emoticon-Bingung (S)


Hasil putusan sidang para pelaku baru ini,pada akhirnya semua dibebaskan dari segala tuduhan gan sist,karena tidak cukup bukti.Obat bius yang digunakan pun tidak bisa dibuktikan dalam persidangan,kesaksian Karyo Teklek dan Sum Kuning Sendiri juga diragukan.Beberapa pihak menduga,mereka memberi kesaksisan palsu,yang sudah direkayasa sedemikian rupa oleh oknum tertentu dikepolisian.


Setelah selesai kasus ini menurut beberapa sumber yang ane baca,Sum Kuning sendiri kemudian pindah dan bekerja di Rumah Sakit Tentara di Semarang,kemudian menikah dengan seorang pria yang sudah dikenalnya saat masih dirawat.



Quote:



JAS MERAH




Sumber : opini dan pemikiran pribadi
Referensi: 1,2,3,4,5
Ilustrasi Gambar: google imageaa
Diubah oleh si.matamalaikat 26-04-2020 09:10
metrojalapein666nona212
nona212 dan 334 lainnya memberi reputasi
329
28.3K
453
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.