syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Kulkasmu Penuh? Lakukan Hal Ini Pada Makananmu Agar Tak Basi Meski Tak Masuk Kulkas!


Peraturan mengenai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sudah diberlakukan di beberapa kota besar, di antaranya adalah JABODETABEK. Aturan yang mengharuskan kita untuk tetap berapa di rumah aja tersebut membuat banyak orang belanja kebutuhan rumah tangga dalam jumlah yang banyak agar tak perlu pergi-pergi keluar lagi untuk membeli keperluan-keperluan tersebut. Belanja boleh saja GanSis, tapi jangan berlebihan dan panic buying ya.

Nah, supaya bahan-bahan makanan tersebut tetap awet dalam jangka waktu yang lama, kalian harus menyimpannya dengan baik dan benar ya. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah menyimpannya di dalam kulkas untuk menjaga kualitas makanan tersebut. Pokoknya jangan sampai makanan tersebut disimpan sembarangan dan hanya akan menjadi basi.

Tapi Agan Sista jangan khawatir kalau kalian tak punya kulkas atau kulkasmu kepenuhan ya. Kamu juga bisa kok membuat makananmu awet meski tak disimpan di dalam kulkas. Yap! Bisa kok! Asalkan kamu menyimpannya dengan benar.



Simpan Di Ruang Terbuka



Tak semua makanan harus di simpan di dalam kulkas loh. Makanan-makanan mentah bertekstur keras seperti kentang, wortel, dan bawang-bawangan tak akan bermasalah jika kamu menyimpannya di ruang terbuka.


Simpan Pada Wadah Berisi Air



Kalau kamu membeli sayur-sayuran berbatang seperti bayam, kangkung dan daun bawang, kalian bisa membersihkannya lalu menyimpannya di dalam wadah yang berisi air ya. Tapi hal ini tidak akan membuatnya bertahan dalam jangka waktu yang lama. Metode ini hanya akan bekerja dalam waktu 2-3 hari saja.


Pengeringan



Selain di simpan dalam wadah air, beberapa bahan makanan juga bisa bertahan jika kamu keringkan loh. Ikan, rosemary, oregano, daun salam, dan nanas yang kamu beli bisa awet hingga satu bulan loh jika kamu mengeringkannya dengan baik dan benar.


Rendam Di Air Garam



Tahu yang kamu beli hari ini juga bisa tahan hingga 5 hari meskipun tak kamu simpan di dalam kulkas loh. Caranya adalah, langsung cuci tahu setelah kamu membelinya, kemudian rendam tahu selama 1 jam pada air yang sudah dicampurkan garam. Setelah itu, simpan pada wadah yang tertutup ya.



SUMBER
Iqiramadan21
nona212
eyefirst2
eyefirst2 dan 219 lainnya memberi reputasi
220
5.5K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.