mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
Colenak Kudapan Sejak Dahulu Kala, Kuy Buat Untuk Buka Puasa!
Colenak Rasa Original

Colenak singkatan dari dicocol enak merupakan kudapan khas tanah parahyangan, dikenal berawal dari nama peyeum digulaanatau tape dikasih gula dalam bahasa indonesianya lalu karena permintaan pelanggan  tape dicocol sama gula enak sehinga akhirnya dinamakan colenak.

Colenak yang terkenal ada di daerah Cicaheum, Bandung Jawa Barat tepatnya di Jl. Ahmad Yani No. 733 Cicadas dengan nama tempatnya Colenak Murdi Putra yang  kurang lebih 200 meter dari Terminal Cicaheum, Bandung. Warung colenak ini didirikan oleh Alm. Pak Murdi yang telah berjualan sejak tahun 1930-an.

Seiring berjalannya waktu colenak memiliki banyak varian rasa seperti colenak rasa durian, colenak rasa nangka, dan colenak rasa pisang yang tetap peyeum sampe atau tape singkong adalah bahan dasar untuk membuat colenak. Bahan-bahannya pun mudah banget banyak terdapat di pasar-pasar tradisonal. Kuy langsung saja kita praktek buat di rumah, ini ane kasih resepnya colenak rasa original.

Bahan-bahannya

Spoiler for Colenak Kudapan Sejak Dahulu Kala, Kuy Buat Untuk Buka Puasa!:

Tape singkong secukupnya 

Gula merah 100 gram

Kelapa parut  1/4 butir kelapa

Santan kental 65 ml (saya pakai santan sasa)

Gula pasir 1 sendok makan

Daun pandan 3 lembar


Cara membuatnya panaskan teflon lalu masukkan margarin 2 sendok makan masukan tape singkong dipipihkan terlebih dahulu lalu panggang sampai kecoklatan. Kalau ane lebih seneng agak sedikit gosong.  Setelah semuanya dipanggang simpan di piring dan tunggu sampai dingin.


Cara Membuat Saus:

Masukkan santan ke dalam panci, gula merah, gula pasir, daun pandan, air sebanyak 50 ml tunggu sampai mendidih. step selanjutnya masukkan parutan kelapa lalu aduk-aduk sampai tercampur rata. Masak saus sampai mengental dan airnya berkurang bahkan sampai tidak ada air.

Setelah saus matang, lalu siram diatas dan pingigiran tape. kalau ane lebih enak makan colenak ini dalam keadaan dingin. jadi setelah dituang saos dinginkan dulu baru masukkan ke dalam kulkas.


Berikut ane kasih video saat proses pembuatan colenak ala mamaproduktif, dijamin enak gansis.
Spoiler for Colenak Kudapan Sejak Dahulu Kala, Kuy Buat Untuk Buka Puasa!:


Jika gansis mau buat colenak ini saat bulan ramadhan ini, cocok dijadikan takjil ataupun cemilan setelah shalat tarawih nih, karena tape ane sarankan makan colenak setelah makan berat dulu, dikhawatirkan yang punya asam lambung kurang kuat nanti sakit perut.

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat. Kaskuser bijak selalu ninggalin jejak. Jangan lupa kasih cendol dan rate 5 yah. Sampai bertemu di thread selanjutnya.

Spoiler for cendol 1:

Spoiler for cendol 2:

Spoiler for cendol 3:

Penulis: mamaproduktif

Sumber: Opini pribadi dan disini

emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh mamaproduktif 30-04-2020 18:15
onik
Iqiramadan21
nona212
nona212 dan 167 lainnya memberi reputasi
168
4.1K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.