Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
145
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaa487cf4d695111d288506/orang-tua-penentu-kesuksesan-anak
Mereka mendapat kesimpulan bahwa orang tua berperan dalam semua aspek pengembangan bakat seorang anak. Orang tua menciptakan lingkungan di mana bakat anak-anak mereka ditemukan dan dibina sejak dini, diatur untuk pelatihan ahli, memfasilitasi praktik intensif dan mempertahankan motivasi anak-anak. Semua faktor itu adalah kunci untuk mengembangkan keterampilan kelas dunia.
Lapor Hansip
30-04-2020 10:39

Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?


Akkh welcome bray balik lagi sama ane salembay sang penulis receh. Di dalam situasi yang cukup mencemaskan ini ane tentunya ingin menebar pesan positif kepada kalian semua. Khususnya kita yang harus peduli pada orang tua kita bray. Sosok yang mengurus kita sejak kecil dan gak pernah mengeluh. Ternyata peran orang tua kita begitu dasyat dalam kehidupan makanya kita diwajibkan selalu menghormat kepada mereka. Btw dalam tulisan kali ini ane mau bahas hasil penelitian University of Nebraska-Lincoln pada 18 juni 2015. Mereka mendapat kesimpulan bahwa orang tua berperan dalam semua aspek pengembangan bakat seorang anak.  Orang tua menciptakan lingkungan di mana bakat anak-anak mereka ditemukan dan dibina sejak dini, diatur untuk pelatihan ahli, memfasilitasi praktik intensif dan mempertahankan motivasi anak-anak. Semua faktor itu adalah kunci untuk mengembangkan keterampilan kelas dunia.


Makanya kita perlu bersyukur ketika mempunyai orang tua yang punya dedikasi tinggi terhadap masa depan anaknya. Menurut sebuah studi baru oleh psikolog pendidikan Universitas Nebraska-Lincoln Kenneth Kiewra dan tiga mantan mahasiswa pascasarjana."bakat mungkin sebagian lahir, tetapi sebagian besar dibuat oleh orang tua yang mencurahkan seluruh kemampuan mereka untuk mendorong perkembangan bakat anak-anak mereka," kata Kiewra.


Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?


Ada beberapa hal penting yang mesti kalian ingat khususnya sebagai orang tua:


- Orang tua sering kali mengenali kemampuan anak-anak mereka sejak dini.  Peseluncur menabrak es sejak usia 2 tahun dan musisi mulai berlatih saat masih balita. Penulis muda belajar membaca pada usia 3 dan sedang menulis cerita di bawah bimbingan ibunya pada usia 4 tahun.

-Banyak orang tua yang menjadi pelatih pertama anak-anak mereka tetapi akhirnya mempekerjakan pelatih profesional tingkat atas untuk anak-anak mereka. Orang tua dari seorang pemain catur kelas dunia melakukan pekerjaan kebersihan di malam hari dan menjual barang-barang di eBay untuk dapat menyewa pelatih grandmaster untuk anaknya.

- Orang tua mengatur kehidupan keluarga mereka di sekitar praktik dan kompetisi anak mereka, sekolah di rumah dan untuk anak-anak mereka jika perlu memberikan waktu untuk latihan dan kompetisi. Ayah seorang pemain catur memperkirakan keluarga menghabiskan $ 50.000 (Rp 769.595.000) untuk putra mereka agar bersaing dalam selusin turnamen lokal, nasional dan internasional dalam setahun.

- Orang tua mendorong anak-anak mereka untuk bekerja keras dan tetap termotivasi. Orang tua seorang musisi mengingatkan anaknya bahwa hak istimewa ketika bisa memainkan alat musik: "Dengan hak istimewa itu muncul harapan bahwa anaknya akan berlatih"


Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?


Btw kalau agan gimana pas masih kecil ketika dididik orang tua. Para peneliti juga mengakui ada beberapa keterbatasan dalam pendekatan mereka.

Karena penelitian ini hanya dari rumah tangga kelas menengah ke atas. Jadi ane juga gak termasuk sih ane masyarakat biasa juga. Setidaknya bisa jadi sebuah ilmu baru untuk kita semua. Ternyata cinta, dukungan dan dedikasi untuk anak itu sangat penting.

Faktor-faktor lingkungan tertentu yang berasal dari hubungan orangtua dan anak harus dimainkan. Dan itu tentu saja kesimpulan utama yang kami ambil dari temuan ini. Orang tua berusaha keras untuk membangun lingkungan awal untuk pertumbuhan bakat dan untuk kemudian memberikan pembinaan yang optimal, memaksimalkan peluang praktik dan kompetisi, dan memicu hasrat. "


"Pada akhirnya, tindakan orang tua sangat berperan untuk pengembangan bakat anak mereka."


Aku cinta ayah dan ibu.


emoticon-Cool


Sumber: https://www.sciencedaily.com
Diubah oleh salembay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 205 lainnya memberi reputasi
206
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 03:46
semua kesuksesan ada pada orang tuaaa dan doanyaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 03:52
Orang tua adalah wakil Tuhan di bumi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 03:55
ya rata2 orang tua karena orang tua suka kasih motivasi buat anak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:02
sayangnya orang tua ane ga kaya di tulisan agan, tapi tetap bersyukur setidaknya punya orang tua emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:03
doa orangtua dan usaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:04
restu orang tua pastinya penting
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:06
ya gimana, banyak banyak anak-anak pinter yang akhirnya putus sekolah karena terpaksa bantu ekonomi keluarga, atau anak jenius yang mentok nggak bisa nerusin pendidikan karena orang tuanya merasa nggak mampu biyayain..
jadi ya nggak salah juga kalau akhirnya orang tua juga jadi penetu anak buat sukses ata tidak, walaupun nggak semua gitu.. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:14
tergantung sama kekayaan ortu....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:25
"Pada akhirnya, tindakan orang tua sangat berperan untuk pengembangan bakat anak mereka."
Aku cinta ayah dan ibu.

emoticon-Cool
Diubah oleh b.p.r.d
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:29
Pas kecil gue tuh pengen ikutan kegiatan olahraga kayak kakak-kakak gue yg sering lomba ke luar kota dan juara. Tp karna gue sering sakit, ortu gue ga masukin gue ke komunitas olahraga, tapi sejak kelas 1 SD gue udah dimasukin les pelajaran.

Gue sempet seneng sih karna sering masuk 3 besar di kelas. Tp gue sempet merasa iri karena berbeda dengan kebanyakan temen2 sekelas yg punya byk waktu main, gue jadi ngerasa ngga punya banyak teman.

Sampe sekarang gue tumbuh jadi org introvert yg ga punya byk teman, dan ngga pede utk show on. Hanya berani dibelakang. Kayak gue suka ngaskus dari kecil aja karena gue ngga punya temen bercerita dan berbagi pengalaman.

Just share. Tp gue tetep sayang sama ortu gue, niat mereka awalnya baik utk kebaikan gue. Karna org tua normal ingin anaknya bs membanggakan mereka.

Ini cuman masalah komunikasi yang belum bisa dibuka oleh anak. Dengan adanya thread ini, semoga banyak ortu yg sadar.
Diubah oleh telehole
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:35
Penentu kesuksesan anak adalah Tuhan... Banyak kok anak yatim piatu yang sukses...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:35
Jangan salah didik anak. Mungkin paksaan sesuai keinginan orangtua tetep bisa sukses, tapi anak juga bakal buang orangtuanya karena merasa hidupnya tidak seperti yg dicita-citakan sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:49
ts sama atas ane kasih cendolemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:50
Kalo opini nubie yang semenjana ini, tipikal kesuksesan anak dan pengaruh orang tua :

1. Anak sukses secara karir dan akademis karena "paksaan" dan "nepotisme" orang tua di lingk kerja (misal anak jadi polisi karena bapak polisi atau anak dari manager karena bapak komisaris utama)

Anak tipe ini, disatu sisi kalau memang dia menyukai bidang tsb, pasti akan nyaman menjalani, namun banyak juga yang justru ga nyaman..merasa bukan bidangnya..atau ingin berdikari karena ingin membuktikan atau karena malu ama cibiran sosial

2. Anak sukses dengan karir dan akademis yang jauh dari campur tangan anak (misal bapak militer anak desainer atau bapak PNS anak enterprenaur)

Anak tipe ini, bisa dikatakan hanya meminjam "finansial" orangtua untuk kelengkapan akademis..selebihnya doi berjuang dengan usahanya sendiri..mungkin lebih tangguh karena merasakan jatuh bangun usahanya..tapi di sisi lain ga menutup kemungkinan orangtua dalam hati masih kecewa karena karir anak ga sesuai kemauan atau ortu malu ama pergaulan / jamuan sosial ketika ditanya karir anak

3. Anak sukses murni karena keprihatinan yang dialami mungkin karena di usia dini sudah ditinggal kedua/salah satu orangtua

Anak tipe ini bisa dibilang paling tangguh dan nantinya paling tidak boros..karena doi sukses untuk membanggakan nama orangtua di area sosial dan tau bagaimana sulitnya menapaki perjalanan hidup tanpa didampingi orangtua

Sebenernya semua tetap kembali pada campur tangan doa dan ibadah para pihak (anak dan orangtua)..orangtua harus doakan yang baik ketika anak meniti karir dan sesuai ekspektasi mereka atau anak tetap ingat doa dan ibadah agar ketika sukses tetap ingat orangtua dan norma2 kesopanan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:50
banyak faktor gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 04:54
dia orang tua akan sangat berperan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 05:14
peran orang tua sangat besar dalam mendidik anak tapi enggak bisa dijadiin penentu kesuksesan anak.. hehe..menurut ane sih gitu gan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 05:19
Sukses tuh kalo bisa gak ikutan tawuran sama anak anak lain.
Sukses kalo enggak pakai narkoba.
Sukses kalo enggak ikut jarah kyk pas 98 dulu.
Sukses kalo enggak ikut nongkrong mabuk di pinggir jembatan.

Tapi sukses tetap harus turun ke jalan, mana ada juara catur cuma lawan komputer doang.
Atau Atlet badminton ya harus ada lawan nya ganti ganti.
Harus naik level.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 05:33
Ortu kaya, peluang sukses udah 50%
Anak pintar dan cerdas karena sejak bumil dapat nutrisi, masuk di sekolah terbaik. Peluang sukses naik jadi 75%.
Si anak cakep, peluang sukses mendekati 90%.

Dari 100 org sukses, 90 krn privilege, sisanya 10 luck dan usaha. Yg 10 ada 1 org berhasil dan dulunya miskin lalu masuk media menjadi bias.
Mereka hanya melihat printilan yg peluangnya sangat kecil tapi gak sadar rata-rata yg sukses karena privilege.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Orang Tua Penentu Kesuksesan Anak?
02-05-2020 05:45
Bener banget. Ane ngerasain sendiri, jadi piatu umur 3 tahun dan bokap cuek banget sama anak-anaknya. emoticon-sad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia