londo.046Avatar border
TS
londo.046
Modif Ringan Untuk Performa Motor Lebih Wuzzz!!


Siapa yang tidak ingin mempunyai motor dengan performa jempolan? Saya rasa semua ingin ya. Untuk mencapai hal itu, orang bahkan rela melakukan modifikasi mesin karena tidak puas dengan performa yang pabrikan berikan. Bagi anda yang ingin performa kencang, namun tidak ingin merubah secara ekstrem kondisi motor dari pabrikan, mungkin cara di bawah ini patut anda pertimbangkan.



Pertama, ganti busi bawaan pabrik dengan busi iridium. Busi jenis ini membuat pengapian motor lebih efisien. Mengapa? Materialnya tahan dalam kondisi panas ekstrem sampai 2500' C. Bentuk elektrodanya yang meruncing kecil, membuat percikan apinya fokus pada satu titik dan stabil. Hal ini mengurangi beban nyala mesin karena butuh tegangan listrik kecil dan fokus. Harga? Agak mahal memang, tapi sepadan dengan performa yang dihasilkan.



Kedua, gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Percuma jika pengapian bagus, tapi tidak diimbangi dengan bahan bakar yang bagus juga. Penggunaan BBM beroktan tinggi akan membuat pembakaran berjalan sempurna di ruang bakar. Efeknya. ruang bakar bersih, bebas kerak dan membuat kinerja mesin lebih ringan.



Ketiga, gunakan filter udara racing. Salah satu unsur pembakaran selain api, dan BBM adalah udara. Dengan menggunakan filter udara yang berkualitas, tentu pasokan udara ke ruang bakar menjadi lebih bagus. Efeknya akan berimbas pada performa motor yang naik seiring dengan kinerja optimal yang dihasilkan di ruang bakar.



Kempat, gunakan oli full sintetik. Penting untuk menjaga pelumasan dalam mesin. Oli seperti darah pada manusia, semakin bersih dan semakin lancar dalam melumasi komponen dalam mesin, semakin maksimal kinerja mesin. Oli yang bagus, bisa melindungi mesin dari gesekan-antar kompenen. Imbasnya, semakin minim gesekan, semakin ringan kinerja mesin.



Ganti ban standar dengan ban sport, kompon soft. Ban jenis ini akan membuat "gigitan"  ke aspal lebih baik. Minusnya, ban lebih cepat aus. Tapi apa salahnya dicoba kan, pengen kencang ya agak boros dikit dong. Ban dengan kualitas baik, juga membuat pengendara percaya diri menggeber motor dengan kecepatan tinggi, karena grip bisa dirasakan pada setiap tingkat kecepatan.



Terakhir, ganti knalpot standar dengan knalpot racing. Bukan racing abal-abal ya, usahakan yang sudah punya lisensi. Atau kalau beli di bengkel balap, ya yang sudah pernah diuji. Jadi bukan hanya suaranya saja yang kencang tapi tidak bisa lari. Banyak kan knalpot macam itu, suara preman, lari perawan, hehehe.

Well, ingin tunggangan kencang, stabil dan nyaman itu tidak salah. Selama digunakan dengan timing yang tepat dan tetep mematuhi aturan lalu lintas. Ingat jalanan bukanlah sirkuit, jangan seenaknya. Safety First! Salam Damai.


Merdeka!

Sumber Referensi : sini
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini, sini,
na9no
na9no memberi reputasi
16
15.2K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.