• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Api Gas Melon Dirumah Sering Mampet Nggak Nyala? Bapak Ini Kasih Solusi AJIB!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Api Gas Melon Dirumah Sering Mampet Nggak Nyala? Bapak Ini Kasih Solusi AJIB!
Saya sudah membuktikannya. Hal-hal yang bersifat sederhana tapi menjadi begitu berharga manakala ini menjadi sebuah solusi bagi banyak orang menjadi sesuatu yang jarang terjadi di temukan di tengah masyarakat kita.




Seperti dalam tulisan saya kali ini, salah satu persoalan yang sering dialami oleh ibu rumah tangga ataupun seorang ayah yang kesulitan memasang tabung gas karena apinya sulit menyala kini bisa dengan amat mudah dicari biang keladi dan solusinya. Stop, jangan dulu beli regulator yang baru, ini cara mudah memperbaikinya!

Seperti yang saya alami sendiri, sebenarnya sudah sejak lama saya selalu 'parno' jika berurusan memasang tabung gas baru karena gas lamanya telah habis. Namun suatu hari yang tanpa sengaja saya menemukan sebuah channel yang sangat bermanfaat, channel ini memberikan solusi yang saya cari selama ini, bahkan mungkin juga bagi masyarakat di luar sana yang mengalami permasalahan yang sama seperti saya.

Channel Youtube Berbagai Dunia (kini berubah nama menjadi Share the world)milik bapak Indra dari Medan ini menunjukkan cara sederhana yang siapapun orang dewasa bisa melakukannya. Kebetulan pagi ini tabung gas dirumah saya telah habis, ketika orang rumah memberitahukan gas telah habis biasanya saya tidak terlalu bersemangat menerima 'pekerjaan' ini. Putar sana-sini regulatornya, di tekan sana-sini, pakai alat stabilisator tekanan, bahkan pernah harus mengganti sampai beberapakali tabung gas barulah api berhasil menyala, itupun saya harus mondar mandir sambil menahan malu karena seringkali menukar lagi ke penjualnya. Sebenarnya ini hanyalah pekerjaan sepele tapi menguras tenaga dan fikiran saya!

Bukan sekali duakali kejadian ini saya alami, tapi hampir setiap mengganti tabung gas baru permasalahan ini hampir selalu terjadi. Padahal badan sudah berkeringat, ceklak-ceklek, tangan pegal, kesal tapi api belum juga mau menyala. Kalau lagi gabut bener maka jalan satu-satunya biasanya saya lalu mengganti regulator yang baru saja, padahal beli yang baru berkualitas harganya cukup mahal. Memasangnyapun cukup merepotkan dan membuat tangan ini terkena kotoran berminyak. Sebel. Bisa dibilang dalam setahun saya harus mengganti 3 kali regulator baru.

Membeli regulator barupun belum jaminan api akan bisa langsung menyala, karena sejujurnya saja awalnya saya tidak tahu persis permasalahannya ada dimana, apakah di tabungnya atau memang regulatornya yang rusak. Gambling, euy!

Saya harus berterimakasih kepada channel Share the world  karena telah memberi solusi dan telah saya sampaikan dalam kolom komentarnya. Nah, cara yang ditunjukan dalam video tersebut saya coba deskripsikan dalam bentuk tulisan dan gambar kali ini.

Mohon maaf, tidak ada dokumentasi foto yang saya sertakan disini karena kedua tangan saya sambil bekerja, fokus untuk memperbaiki regulator yang dimaksud. Tapi tenang, gambar yang saya visualkan disini saya coba buat semudah dan sejelas mungkin agar inti dari permasalahan ini bisa segera tertangani.

Alat dan bahan yang harus disiapkan hanya ada 3 saja, yakni :

1. Baut 'cacing' atau bisa di ganti pengait lain berupa kawat kecil yang ujungnya di tekuk menyerupai mata pancing atau ujung obeng kecil yang lancip

2. Tissue, usahakan tissue yang lembut bukan kasar agar mudah menyingkirkan kotoran dan menyerap air.

3. Obeng plus/minus.




Prinsip kerja dan tujuan dari tutorial ini adalah membersihkan bagian leher lubang regulator antara kabel gas dan bagian isi regulator itu sendiri.

Langkah pertama,lepaskan Klem kabel gas dari regulatornya dengan obeng plus/minus, setelah regulator lepas lalu coba kocok kepala regulatornya. Jika terdengar suara ada benda seperti kelereng berputar atau bergerak beradu  berarti cara ini BISA kamu lanjutkan, jika tidak maaf saja segera tinggalkan tutorial ini.

Kedua, perhatikan bagian lubang kecil regulatornya, sebut saja namanya ring penahan. Cungkil keluar ring penahan kecil ini secara hati-hati dengan baut cacing atau pengait yang bisa mengeluarkannya, lakukan dengan perlahan karena jika tidak ada benda kecil yang namanya bola gotri/ pelor berukuran kecil bisa melompat keluar dan kamu akan kerepotan menemukannya lagi. Jika hilang maka resikonya kamu harus membeli regulator BARU saja!

Ketiga, setelah bagian ring penahan tadi lepas lalu keluarkanlah gotri/ pelor tadi. Bersihkan ring penahan dan gotri/ pelor tadi dengan tissue hingga benar-benar bersih lalu simpanlah di tempat yang aman. Akan lebih bagus keduanya di rendam selama beberapa menit dengan bensin/ minyak tanah/ WD40, lalu keringkan dengan tissue.

Keempat, sekarang bersihkan bagian leher regulator tempat gotri/ pelor  tadi berada dengan tissue sambil diselingi dengan meniup kencang agar kotoran didalamnya berhasil dikeluarkan. Lakukan beberapa kali sampai yakin sudah benar-benar bersih. Hasil dari percobaan di langkah ini saya berhasil mengeluarkan semacam kotoran karat berpasir halus yang mungkin datang dari dalam tabung yang tersedot keluar lalu menyumbat dan menumpuk di bagian tersebut. Inilah biang keladi selama ini kenapa api gas seringkali sulit menyala di tabung yang baru kita beli.

Kelima, setelah semua dirasa sudah bersih benar maka kembalikanlah gotri/pelor dan ring penahan tadi di urutan yang sama seperti sediakala. Yakinkan keduanya sudah terpasang dengan tanda; suara gotri/ pelor  ketika di kocok sudah terdengar dan ring penahan sudah berada di tempatnya dengan benar.

Keenam,agar langkah ini semakin sukses perhatikan juga bagian karet yang berada di dalam leher tabung gas yang baru kita beli,  apakah masih layak pakai, dan saat karet tadi sedang dikeluarkan tiup-tiup juga bagian dalam leher tabung gasnya agar tidak ada kotoran atau air embun didalamnya. Lap juga bagian karet dan bagian dalam leher gas tadi dengan tissue.

Ketujuh, jika semua sudah siap maka tinggal kita pasang kembali kabel gas dan kepala regulator tadi. Agar tidak terjadi kebocoran maka pasanglah bagian Klemselang gas kuat-kuat dengan obeng plus/ minus tadi. Taruh tabung gas di posisi seperti biasanya di tempat yang aman. Selesai.




Menurut channel Share the world cara di atas bisa bertahan hingga enam bulan tapi juga tergantung dari kualitas tabung yang kita beli. Jadi jika ditemukan kendala yang sama maka lakukanlah tips diatas kembali. Dan jangan lupa juga untuk selalu rajin membersihkan bagian kompor gasnya juga.

Nah itulah tujuh cara mudah memperbaiki regulator gas rumah tangga yang seringkali macet tanpa diketahui penyebabnya namun kini sudah kita ketahui biang keladi dan solusinya. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan bagikan ke saudara dan kenalanmu agar ilmu yang berguna ini tidak berhenti sampai disini. Terimakasih. 

Sebuah opini
Img.header. anteroaceh 
sumber tulisan : sharetheworld




Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-04-2020 08:26
uray24
infinitesoul
tien212700
tien212700 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
1.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.