• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dampak Positif Lockdown di India, Gangga Tak Lagi Menjadi Sungai Terkotor di Dunia!

Sungai Gangga tak lagi menjadi sungai terkotor di dunia!
Ini semua karena Pandemi virus corona


Sungai Gangga, adalah sungai yang berada di India dan merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakatnya. Tidak hanya itu, sungai gangga juga dipercaya oleh masyarakat beragama Hindu sebagai sungai dari titisan Tuhan yang mengalir untuk membersihkan bumi. Karena sakral dan kesucian sungai Gangga, maka dijadikan sebagai tempat pelarungan abu jenazah yang telah dikremasi oleh masyarakat.

Namun sejak semakin modernnya kehidupan, sungai Gangga berubah wajah menjadi sangat buruk. Berbeda dengan wajah Gangga ratusan tahun silam.
Sungai Gangga adalah sungai yang lumayan panjang, karena melewati hampir 53kota di India.
Akibat dari limbah pabrik yang berdiri di area tepian Gangga yang membuang limbahnya ke aliran sungai, serta penumpukan limbah rumah tangga membuat Gangga ditetapkan sebagai sungai terkotor di Dunia.
Saking kotornya sungai Gangga yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat India ini tingkat kematian bayi dan gangguan kesehatan penduduk mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Meskipun Sungai Gangga mengalami pencemaran, namun masyarakat tetap mempercayai bahwa sungai ini dapat mensucikan dosa mereka.
Sehingga banyak masyarakat yang tetap melakukan tradisi berendam di Sungai Gangga yang tercemar limbah ini.



Sumber gambar: di sini


Masalah kebersihan sungai Gangga menjadi masalah berat bagi masyarakat dan Pemerintah India, berbagai upaya pembersihan dan penanganan sampah telah dilakukan, namun belum juga mempunyai dampak positif merubah sungai ini menjadi lebih bersih.

Kedispilinan masyarakat dan tingkat kesadaran untuk menjaga lingkungan menjadi alasan kenapa sungai ini masih tetap kotor dan tidak layak untuk menjadi sumber kehidupan.




Tapi berita baik datang di tengah keadaan yang tidak baik.
Pandemi virus covid-19 yang mewabah di seluruh dunia termasuk di India ini ternyata menjadi solusi yang diberikan Tuhan untuk pembersihan sungai Gangga.

Bagaimana itu bisa terjadi?
India sebagai salah satu Negara terdampak virus covid-19 telah memberlakukan kebijakan lockdown di Negaranya.
Kunjungan dari Luar Negara dan mobilitas penduduk dibatasi atau bahkan dilarang untuk masa-masa ini.

Namun siapa sangka, dampak dari lockdown ini berpengaruh dengan tingkat kebersihan air di sungai Gangga.
Berdasarkan video yang beredar di twitter yang menunjukan keadaan sungai Gangga setelah beberapa minggu pemberlakuan lockdown menunjukan sungai Gangga kembali bersih seperti beberapa puluh tahun silam.

Video jernihnya air sungai Gangga di Rishikhesh, Lakshman Julan ini diunggah oleh Akun twitter yang bernama Susanta Nanda di twitter yang ternyata dia adalah petugas dinas kehutanan India (IFS).

Video yang viral di media sosial ini menunjukan tentang perubahan drastis yang dialami oleh Sungai Gangga setelah diberlakukannya peraturan lockdown.
Seperti apa penampakan sungai Gangga setelah mengalami perubahan?
Libat di bawah ini!


Spoiler for Sungai Gangga Bersih karena Lockdown:


Sungguh menakjubkan, sungai Gangga yang semula sangat kotor dan kumuh kini setelah pandemi virus covid-19 dan diberlakukannya lockdown berubah menjadi sangat bersih dan jernih.
Bahkan saking jernihnya, dasar sungai Gangga saat ini dapat dilihat dari tepi sungai.

Menurut salah satu Ilmuwan lingkungan di India, air sungai Gangga dapat kembali bersih setelah berkurangnya polutan dan sampah industri.
Saat ini tingkat kualitas kemurnian air sungai telah naik dan bisa digunakan untuk ritual minum air sungai Gangga atau sering dikenal dengan istilah Achaman.

Nampaknya tidak sepenuhnya pandemi virus covid-19 ini berdampak buruk bagi kehidupan. Memang manusia banyak yang menjadi korban atas keganasan virus ini, namun dampak lain untuk lingkungan dapat dikatakan lumayan baik.

Setelah adanya pandemi ini memang para peneliti dan ilmuwan di dunia termasuk di Indonesia juga menyampaikan, bahwa dampak positif pandemi corona polusi udara berkurang, penumpukan sampah di bantaran sungai juga mengalami penurunan yang sangat tinggi.

Mungkin ini pesan Tuhan yang ingin disampaikan kepada Manusia, bahwa hidup di bumi jangan hanya ingin mengambil keuntungannya saja. Tapi juga harus ingat akan kelestarian alam serta lingkungan, jangan merusak jika tidak bisa memperbaiki.

Entah apapun maksut dari adanya Pandemi virus covid-19 ini, yang pasti kita semua mulai harus bersadar diri.
Mudah-mudahan setelah masa pandemi ini berakhir, kehidupan manusia bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Oke, mudah-mudahan fenomena unik ini bisa memberikan pelajaran untuk kita semua.
Terima kasih untuk Agan dan Sista yang telah singgah, dan jika ada pendapat yang ingin disampaikan silakan tinggalkan jejak komentar di bawah!




Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh masnukho 29-04-2020 08:35
gigantae
eriksebastian88
makgendhis
makgendhis dan 117 lainnya memberi reputasi
118
8.9K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.