tuanbuleAvatar border
TS
tuanbule
Pemerintah Didesak Produksi Vaksin Corona dan Tolak Impor

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi Kesehatan DPR RI Saleh Daulay meminta pemerintah memproduksi vaksin di dalam negeri untuk mengatasi penyebaran virus corona (covid-19).

Saleh mengatakan Indonesia harus menghindari ketergantungan impor kebutuhan vaksin dari negara lain, termasuk untuk menangani covid-19. Selain itu, ia berpendapat belum tentu vaksin yang dibuat negara lain ampuh menangani virus yang berkembang di Indonesia.

"Selain demi ketahanan nasional, sampel virus yang diteliti juga akan lebih tepat dan cocok dengan iklim tropis Indonesia. Jika memakai vaksin dari negara lain, belum tentu cocok dengan kondisi alam Indonesia," kata Saleh lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/4).

Saleh mengingatkan Indonesia adalah satu dari tiga puluh negara yang diakui WHO sebagai pelaku industri vaksin. Dia mencatat Indonesia memproduksi 12 jenis vaksin yang diekspor ke-141 negara.

Dengan catatan itu, kata Saleh, seharusnya Indonesia juga mampu membuat vaksin corona. Politikus PAN itu tak ingin Indonesia harus mengeluarkan triliunan rupiah, bahkan berutang, untuk mengimpor vaksin corona.

"Indonesia benar-benar harus mandiri dan bebas dari tekanan pihak lain dalam melindungi bangsa dan negara," tegasnya.

Sebelumnya, usul produksi vaksin corona juga disampaikan oleh mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari. Dia menyebut bisa saja vaksin dari negara lain tidak memberikan kekebalan terhadap virus yang telah berkembang di Indonesia.

Selain itu, Siti bercerita soal tekanan industri kesehatan terhadap negara berkembang usai WHO mewajibkan vaksin tertentu.

"Vaksin bikinan sendiri dengan seed virus varian Indonesia jauh lebih tepat, apalagi bisa dibikin dengan cara halal. Mafia-mafia internasional memaksa kita membeli vaksin (dari mana seed virus-nya kita tidak tahu) dengan dasar anjuran WHO," kata Siti kepada CNNIndonesia.com.

Sementara, Kepala National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) Anthony Fauci memprediksi vaksin covid-19 membutuhkan waktu 12-18 bulan. Meski demikian, saat ini ada sekitar 77 vaksin Covid-19 sudah dalam pengujian, termasuk enam yang telah mencapai tahap I pengujian pada manusia. (dhf/pmg) 

Sumber

emoticon-Wagelaseh
Apes banget negara tempat w tinggal diurus ama Homo erectus.
decodeca
rindudihati
sebelahblog
sebelahblog dan 29 lainnya memberi reputasi
30
1.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.