afx98
TS
afx98
Kenapa Sih Males Baca Buku ?
Hallu para penghuni jagat kaskus kembali lagi bersama ane
emoticon-Betty
Quote:


Membaca merupakan kegiatan yang wajar dilakukan oleh semua orang, bahkan pada saat ini seseorang harus dituntut dapat membaca. Banyak informasi yang tersebar dalam media tulisan menjadikan membaca menjadi keharusan yang tidak dapat diganggu gugat. Walupun bentuk media informasi telah sangatlah beragam macamnya, akan tetapi tetap saja membaca menjadi salah satu pondasi dasar dalam penyampaian dan peneriamaan sebuah informasi.


Dewasa ini media bacaan telah mengalami perkembangan yang amat pesat, hingga mengakibatkan terbentuk beragam jenis bacaan, dan buku menjadi salah satunya. Buku telah menjadi media bacaan yang masih masih eksis dari dulu sampai sekarang. Jenis buku bermacam-macam, ada buku yang dikhususkan dalam pendidikan, ada yang sebagai hiburan dan ada juga yang bertujuan memuat informasi yang bersifat umum.


Dengan era modern seperti sekarang ini membaca buku menjadi lebih praktis dan mudah dengan tersebarnya buku-buku digital. Walaupun dengan semua kemudahan tersebut, mengapa masih males baca buku?


Dengan didasari pertanyaan tersebut ane secara gabutnya meneliti fenomena tersebut dengan objek penelitiannya adalah diri ane sendiri. Dengan kajian yang mendalam pada kegabutan dan ketidak adaan landasan teori, maka dapat disimpulkan dalam beberapa faktor yang ngebuat meles baca buku :


Buku sama dengan belajar
Quote:

Secara tidak sadar buku telah disama atrikan dengan belajar. Padahal bila dipikirkan dengan logika yang sehat, buku tidak melulu tentang pelajan. Banyak buku yang menjadi media hiburan seperti Novel, antologi cerpen dan lain sebagainya.


Lingkungan
Quote:

Walaupun bukan faktor yang mendasar akan tetapi sudah cukup berpengaruh dalam membentuk kebiasaan. Contoh bila lingkungan kita gemar membaca, lama-kelamaan kita akan tertarik dan pada akhirnya menjadi kebiasaan. Begitu pula dengan sebaliknya.


Bukan prioritas utama
Quote:

Bisa dibilang ada sesuatu hal yang lebih penting dari pada baca buku. Bisa jadi itulah mengapa sampai sekarang males untuk membaca buku, yang padahal tau kalau membaca buku itu memberikan informasi yang tidak didapat pada media lain.


Visual lebih dapat diterima dibanding tulisan
Quote:

Entah mengapa visual memiliki daya tarik yang lebih kuat dibandingkan dengan tulisan. Entah kenapa ane juga kagak tau. Ato dari ente semua ada yang bisa bantu jawab ? emoticon-Ngakak (S)


Kagak jelas banget dah trit ane kali ini
Yau udah, kalo gitu sekian trit gajetod kali ini
Moga bermanfaat, klo kagak ya... yaudah




Sumber : Pikiran gabut TS

NB : Inget yang jadi objek penelitian diri ane sendiri ples kagak ada landasan teori yang jelas, jadi Ini kagak ada ilmiah-ilmiahnya. Mohon tidak dipakai sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah.
berdjayapkunona212wojciecszczesny
wojciecszczesny dan 196 lainnya memberi reputasi
193
7.1K
263
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.