Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
261
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea62784eaab2573d63a5791/inilah-tanaman-yang-dapat-digunakan-sebagai-takjil
Halo gan dan sist, Masih semangat Puasanya? Disini ane akan membahas beberapa tanaman yang bisa dijadikan makanan atau minuman ringan saat berbuka puasa atau yang disebut dengan takjil. Tentunya yang ane bahas ini bukan sejenis buah-buahan yang bisa langsung makan ya sejenis apel, pir atau semangka, tetapi tanaman yang harus melewati proses untuk dihidangkan.
Lapor Hansip
27-04-2020 07:29

Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Halo gan dan sist, Masih semangat Puasanya? Disini ane akan membahas beberapa tanaman yang bisa dijadikan makanan atau minuman ringan saat berbuka puasa atau yang disebut dengan takjil. Tentunya yang ane bahas ini bukan sejenis buah-buahan yang bisa langsung makan ya sejenis apel, pir atau semangka, tetapi tanaman yang harus melewati proses untuk dihidangkan. Apa sajakah tanaman yang dapat dibuat takjil? Yuk kita simak di bawah ini....


1. Tanaman Cincau (Cyclea barata)

Jika biasanya agan dan sista membeli cincau di warung, ternyata cincau yang selama ini kita buat sebagai salah satu campuran untuk es cendol ini berasal dari tanaman lho.

Daun cincau
sumber gambar

Tanaman cincau Cyclea barata memiliki nama lain tarawalu (Melayu), camcao (Jawa) dan camcauh (Sunda). Tanamam cincau tumbuh merambat secara liar di kondisi tempat lembab dengan ketinggian sekitar 800m diatas permukaan laut. Untuk perbanyakan tanaman cincau dapat dikembangbiakan dengan biji, stek batang, atau akar.
Referensi tulisan

2. Bunga Rosela Hibiscus sabdariffa

Bunga rosela

sumber gambar

Bunga rosela (Hibiscus sabdariffa) merupakan tanaman yang berasal dari benua Afrika. Tanaman yang memiliki nama lain asam paya, asam susur dan asam kumbang ini merupakan tanaman dengan gizi tinggi yang dapat diolah menjadi selai, jeli, dan teh. Di Indonesia pemanfaatan bunga rosela yang paling terkenal adalah teh. Perkembangbiakan rosela dapat dilakukan dengan menggunakan biji. Referensi tulisan

3. Lidah Buaya Aloe vera

Tanaman lidah buaya memang terkenal mempunyai banyak manfaat, terutama dalam bidang kecantikan, kesehatan dan dapat digunakan sebagai tanaman penghias rumah. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk menu berbuka puasa, yaitu dengan membuat agar-agar dari tanaman lidah buaya.

Ilustrasi agar-agar lidah buaya
sumber gambar

Lidah buaya berasal dari jazirah arab dengan ciri-ciri tanaman yang memiliki daging tebal, daun lidah buaya berbentuk seperti duri untuk mengurangi penguapan sehingga tanaman ini dapat hidup di lingkungan tropis dan semi-tropis. Perbanyakan tanaman lidah buaya menggunakan tunas dan dapat dilakukan dengan cara stek batang, hal ini karena lidah buaya tidak memiliki biji.
Referensi tulisan


Demikianlah beberapa tanaman yang dapat menjadi bahan untuk minuman atau makanan berbuka puasa. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa emoticon-Cendol Gandan emoticon-Rate 5 Star

Referensi tulisan : Sumber tertera
Narasi : Yunike Selviana
Lampung, 27 April 2020



Berbagi cendol kebaikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
twins1184 dan 245 lainnya memberi reputasi
246
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
27-04-2020 23:44
Asal jangan kecubung aja dahemoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
27-04-2020 23:49
Quote:Original Posted By juhii99
Ane pernah mabok makan itu


Kok bisa? Mabok beneran? Apa mabok karena ketagihan/suka?✌
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 00:26
seger ye gan
nice sharenya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 01:13
Makasih post nya ade cantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 02:15
Secang gan
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 04:33
bayan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 04:40
klo cincau dr pa y
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 05:15
suka nomor 2 Sist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 09:51
semoga kuat sampe magrib, aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 10:18
wah seger seger tuh klo dibuatin makanan, bisa mencegah panas dalam juga emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 11:15
waaaaah apakah ada ya cara2 menanam ini buat di rumah gitu? hahaa kayaknya menarik soalnya sambil ngabuburitnjg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Post ini telah dihapus oleh KS06
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 11:20
cincau campur lidah buaya, wuih enyak.. diminum siang2..
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 12:49
seringgg banget dulu bikin es cincau sama temen di rumahh hhehehee.. sekarang mau bikin di kosan agak susahhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 12:50
tapiii bisa juga siihh buat menu yg lainnya buat iseng2 mencari kesibukan saat gabut begini hehe.. makasii gannn nice info
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan introvertpsycho memberi reputasi
2 0
2
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 12:50
Quote:Original Posted By delreywatson
cincau enak si, biasanya ane beli di pasar. gak bisa buat sendiri, tanamannya juga langka deh,


cobain bikin sendiri gannnn rasanya pasti lebih puas hehehe karna perjuangan sendiriii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 13:20
Duh kangen rasa teh rosela enak banget sumpah wangi asem seger gimana gituh kek ada rasa berry berry nya bahkan
Dulu nanem ini disamping rumah
Diubah oleh sfcloud9
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan introvertpsycho memberi reputasi
2 0
2
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 13:30
Biasanya sih cincau gan, apalagi dibarengi sama minuman es buat atau es cendol, wah segerrrrr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irene.holmes dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 34 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 34 balasan
Inilah Tanaman yang Dapat Digunakan sebagai Takjil
28-04-2020 13:35
Semangat Berbagi Cendol emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Kebaikan Selalu Menyapa, Meski dengan Cara Sederhana
kebaikan-selalu-menyapa-meski-dengan-cara-sederhana
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia