• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fatwa MUI Vs Habib Rizieq Larangan Shalat Berjama'ah dan Jum'at di Masjid, Ikut Mana?

nibrasulhaqAvatar border
TS
nibrasulhaq
Fatwa MUI Vs Habib Rizieq Larangan Shalat Berjama'ah dan Jum'at di Masjid, Ikut Mana?
Ummat Semakin Galau dengan Fatwa


Assalamu'alaykum

Pa kabar sobat kaskus? Semoga tetap sehat dan baik-baik saja, Aamiin.

Meski dunia sedang berduka dan tidak baik-baik saja dengan virus corona Covid 19 yang tengah melanda. Usahakan dan semangat berusaha tetap menjaga kesehatan mental sehingga immun kita tetap terjaga ya gansist.

Kaum muslimin kali ini tidak hanya berduka karena pandemi global covid 19, namun lebih menyedihkannya lagi adalah adanya fatwa MUI larangan untuk tidak mendirikan shalat berjama'ah di masjid, begitu juga tidak adanya shalat jum'at.


Bagi muslimin, ketika ada duka, musibah, bencana berharap dapat lebih dekat pada penggenggam hidup, namun musibah kali ini justru kita harus dijauhkan dari masjid-masjid kita. Sakitnya tuh di sini, iya di sini.


Karena saking berbahaya dan cepat merebaknya virus corona covid 19 ini, akhirnya MUI membuat Fatwa supaya kaum muslimin untuk sementara tidak mendirikan shalat fardhu secara berjama'ah dan juga tidak menyelenggarakan shalat jum'at.

Tujuan MUI adalah berharap tidak ada terjadi berkumpulnya banyak orang, sehingga tidak berkemungkinan penyebaran virus corona covid 19 semakin meluas.


Adapun imam besar FPI Habib Rizieq yang kini masih berada di tanah suci Makkah, melalui Dewan Pimpinan Pusat FPI menyampaikan agar kaum muslimin mengikuti, mematuhi juga menaati Fatwa MUI terkait pencegahan wabah corona covid 19.

Menurutnya, disaat kaum muslimin tengah berada pada wilayah yang masih jauh dari penyebaran wabah, maka tetap melaksanakan shalat fardhu berjama'ah dan shalat jum'at di masjid.

Akan tetapi jika daerah tempat tinggalnya ini sudah berada di daerah rawan wabah corona covid 19, maka shalat fardhu berjama'ah dan shalat jum'at bisa dilakukan di rumah saja.


Karena berupaya mencegah suatu wabah itu jauh lebih baik. Usaha yang dilakukan itu bukan karena takut terhadap virusnya.

Namun sebagai seorang muslim diajarkan untuk tawakkal kepada Allah SWT, dan dikatakan tawakkal itu jika ada sebuah ikhtiar yang mengawalinya.

Dan saat ini, ikhtiar seorang muslim adalah dengan melaksanakan apa yang difatwakan MUI dan juga mengikuti segala hal yang disarankan tenaga medis pemerintah, dalam usaha semakin merebaknya wabah dan bisa jadi akan menimbulkan fitnah bagi kaum muslimin yang berkumpul ketika beribadah.

Begitulah apa yang disampaikan petinggi ormas besar FPI. Beliaupun berdo'a semoga wabah corona covid 19 ini segera berakhir dengan Allah mengangkatnya dari negeri ini.

Baiklah gansist ini dulu thread ane kali ini, semoga bermanfaat dan menambah optimisme kita mampu melawan wabah virus corona covid 19 ini bersama-sama dengan berharap pertolonganNya semata, aamiin.

Sampai jumpa pada thread ane berikutnya, jangan lupa cendol, rate dan komen.

Wassalamu'alaykum


Tulisan: nibrasulhaq

Referensi:



Diubah oleh nibrasulhaq 29-03-2020 13:33
lenitan
sebelahblog
infinitesoul
infinitesoul dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.