• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Macam-macam Riasan Asal Daerah Jawa Timur! Pilih yang Mana Sis?

hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Macam-macam Riasan Asal Daerah Jawa Timur! Pilih yang Mana Sis?


Indonesia terdiri dari banyak banget adat dan budaya, GanSis. Kalau kita bahas semua budanya gaakan kelar-kelar deh. Jadi disini ane hanya akan membahas adat khususnya dalam hal riasan dan busana pengantin dari salah satu provinsi di Indonesia yang berada di bagian timur Pulau Jawa alias Jawa Timur.

Agan Sista penasaran?
Sista ingin melangsungkan pernikahan dengan mengenakan riasan dan busana asal Jawa Timur?
Atau Agan pengen calon istrinya mengenakan riasan dan busana asal Jawa Timur saat menikah nanti?
Boleh banget diintip nih GanSis!




Madura Lilin



Riasan dan busana yang dikenakan oleh pengantin wanita asal Kabupaten Sumenep, Madura biasanya dilengkapi dengan hiasan melati menyerupai lilin Sis, hiasan ini digunakan sebagai simbol kesucian. Aslinya, sang pengantin mengenakan kebaya putih yang melambangkan kemurnian hati Sis, tapi sekarang adat tersebut mulai ditinggalkan dan banyak yang beralih menggunakan kebaya modern.



Malang Keprabon



Wanita asal Malang Keprabon terinspirasi dari tokoh Ken Dedes loh, Agan Sista pada tau ga? Pokoknya sang wanita akan menggunakan Ukel Keprabon (sanggul), mahkota, kalung Hara, dan klat bahu Kayura Padma. Tentunya dengan menggunakan kain dodot Taman Sari yang berwarna hijau yang dilengkapi dengan kain Nyamping Tumpul Malangan sebagai busananya Sis.



Blitar Kartika Rukmi



Riasan dan busana yang menjadi pedoman masyarakat Blitar adalah busana yang dikenakan oleh Dewi Rukmini, sang kekasih Sri Kresna. Ia mengenakan busana berwarna hijau yang menyimbolkan kesuburan serta dilengkapi dengan untaian bunga melati dan hiasan mahkota di kepalanya.



Mupus Braen Blambangan



Untuk Sista yang berasal dari daerah Banyuwangi, Sista bisa menggunakan riasan Pengantin Mupus Braen Blambangan. Riasan dengan sanggul berbentuk Gelung Sampatan, konde Kembang Goyang dan mahkota Buthi Setinggil, serta dilengkapi dengan anting serta kalung Mromong, selendang Sumber Wangi, dan busana yang bernuansa warna merah, hitam dan emas.



Blitar Kresnayana



Selain riasan Dewi Rukmini, masyarakat Blitar juga punya pedoman risan lainnya Sis. Riasan Kresnayana yang dikenakan untuk pengantin kebesaran dengan mahkota yang menjulang tinggi dengan ikatan rambut lengkap dengan lilitan ronce melati. Riasan tersebut digunakan dengan busana batik Kawung Tanjung khas kota Blitar. Keren kan?



Adat Bojonegoro Kebesaran



Untuk adat Bojonegoro, busana yang dikenakan identik dengan warna hijau yang klasi, serta menggunakan selempang berwarna hijau yang dipakai menyilang menutupi dada, Sis. Dilengkapi dengan hiasan sederhana dengan paes di dahi serta mahkota dan konde pada kepalanya.




Itu dia GanSIs, beberapa riasan dan busana pengantin wanita dari beberapa daerah di Jawa Timur.
Sentuhan budayanya tetap membuat penampilan cantik kan?
Sista mau pilih yang mana nih?



SUMBER
darmawati040
rykenpb
amyjk02
amyjk02 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.9K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.