setan.matiAvatar border
TS
setan.mati
Berbagai sumber sebut Kim Jong Un Meninggal Dunia
Bebagai media di Korea, Jepang, dan China menyebutkan bahwa diktator Korea Utara berusia 36 tahun, Kim Jong Un telah meninggal dunia. Namun informasi ini masih simpang siur.



Sebelumnya sempat diberitakan bahwa sebuah tim yang mencakup ahli medis dan pejabat dikirim dari China ke Korea Utara untuk mengecek kesehatan Kim Jong Un. Perjalanan oleh para dokter dan pejabat Cina itu dilakukan di tengah laporan yang saling bertentangan tentang kesehatan pemimpin Korea Utara tersebut. Tidak begitu jelas apa yang ditunjukkan oleh perjalanan tim China dalam hal kesehatan Kim.

Sebuah delegasi yang dipimpin oleh anggota senior departemen penghubung internasional Partai Komunis China meninggalkan Beijing ke Korea Utara pada hari Kamis, dilaporkan dua orang kepada Reuters. Departemen itu adalah badan Cina yang berurusan dengan negara tetangga Korea Utara. Sumber menolak untuk diidentifikasi mengingat sensitivitas masalah ini. Departemen penghubung tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar pada Jumat malam kemarin. Kementerian luar negeri China juga tidak mau langsung menanggapi wawancara mengenai komentarnya pada Jumat malam kemarin.



Daily NK, situs web berbasis di Seoul, melaporkan awal pekan ini bahwa Kim pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April. Laporan itu mengutip satu sumber anonim di Korea Utara. Para pejabat Korea Selatan mengatakan mereka tidak menemukan tanda-tanda aktivitas yang tidak biasa di Korea Utara.

Pada hari Kamis, presiden AS, Donald Trump, juga mengecilkan laporan sebelumnya bahwa Kim sakit parah. "Saya pikir laporan itu tidak benar," kata Trump kepada wartawan, tetapi ia menolak mengatakan apakah ia telah menghubungi pejabat Korea Utara.

Kim, yang kini diperkirakan berusia 36 tahun, telah menghilang dari liputan di media pemerintah Korea Utara sebelumnya. Pada 2014 dia menghilang lebih dari sebulan dan TV pemerintah Korea Utara kemudian menunjukkan dia berjalan dengan pincang. Spekulasi tentang kesehatannya telah dipicu oleh kebiasaan merokoknya yang berat, kenaikan berat badan yang signifikan sejak mengambil kekuasaan dan riwayat keluarga yang terkena penyakit kardiovaskular.

Ketika ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il, menderita stroke pada tahun 2008, media Korea Selatan melaporkan pada saat itu bahwa dokter China terlibat dalam perawatannya bersama dengan dokter Prancis.

Pada tahun 2019, Xi Jinping melakukan kunjungan kenegaraan pertama kali dalam 14 tahun oleh seorang pemimpin Tiongkok ke Korea Utara, yang bergantung pada Beijing untuk dukungan ekonomi dan diplomatik.

China adalah sekutu utama Korea Utara dan jalur kehidupan ekonomi bagi negara yang terkena sanksi PBB, dan memiliki minat yang besar terhadap stabilitas negara tersebut.

Beberapa jam yang lalu wartawan Japanese weekly bernama Shukan Gendai mengklaim diktator Korea Utara dalam keadaan vegetatif setelah komplikasi dari operasi jantung.



Dokter China - yang diyakini sebagai bagian dari tim yang dikirim untuk merawat Kim Jong-Un - dilaporkan mengatakan penundaan dalam prosedur jantung yang telah membuat pemimpinnya sakit parah.

Rincian spesifik lebih lanjut tidak diketahui.

Pada hari Jumat, sebuah sumber Korea Selatan mengatakan intelijen mereka adalah bahwa Kim masih hidup dan kemungkinan akan segera muncul.

Orang itu mengatakan dia tidak memiliki komentar tentang kondisi Kim saat ini atau keterlibatan orang Cina.

Kim adalah pemimpin turun-temurun generasi ketiga yang berkuasa setelah ayahnya Kim Jong-il meninggal pada 2011 karena serangan jantung. Dia telah mengunjungi China empat kali sejak 2018.

SUMUR
Kim Jong-un: China sends doctors to check on health – report (The Guardian)
'Kim Jong-un dead' – multiple sources claim North Korean dictator died Saturday night (Express)
Exclusive: China sent team including medical experts to advise on North Korea’s Kim (Reuters)
Diubah oleh setan.mati 25-04-2020 23:14
Robbayani023
andi9599
zachwaadzromare
zachwaadzromare dan 221 lainnya memberi reputasi
222
10.9K
286
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.