• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 10 Pohon Luar Biasa di Bumi, Umurnya Ada yang Mencapai 80.000 Tahun!

JimaylaAvatar border
TS
Jimayla
10 Pohon Luar Biasa di Bumi, Umurnya Ada yang Mencapai 80.000 Tahun!
Siapa yang dapat memungkiri GanSis kalau kehidupan ini memang anugerah dan serba ajaib. Mungkin saja kita yang tidak begitu dalam memikirkan beragam ciptaan-Nya yang ada di sekitar kita, apalagi di muka bumi ini.
Pepohonan sudah menjadi teman manusia selama hidup di dunia, sayangnya masih banyak yang seolah menganggapnya hanyalah benda mati. Bukankah pepohonan juga adalah makhluk hidup yang bernafas? Berarti harus ada perlakuan yang layak bukan?
Betul gak, GanSis?
Daripada menebangnya secara sadis, sepertinya beberapa pohon di bawah ini bisa memberikan inspirasi pada manusia bahwa pohon juga bisa menjadi teman terindah dalam hidup.

1. Ginkgo Cina  Berusia Lebih dari 1.400  Tahun

Pohon ini tumbuh di sebelah Kuil Buddha Gu Guanyin di Pegunungan Zhongnan, menjatuhkan dedaunannya yang kuning indah di sekitar kuil.

2. Rhododendron Berumur Lebih dari 125 Tahun

Tumbuhan ini sebenarnya bukanlah tergolong pada pepohonan tulen, lebih cocok digolongkan pada tumbuhan semak-semak. Namun karena usianya yang sudah ratusan tahun jadi terlihat besar dan megah. Foto di atasdiambil dari halaman rumah seseorang penduduk Kanada.


3. Pohon Baobab di Madagaskar

Pohon dari Madagaskar ini tumbuh cukup besar, tingginya bisa mencapai 100 kaki dan lebar 35 kaki. Salah satu keunikan pohon yang satu ini adalah mampu menampung air yang banyak di dalam batangnya. Bayangkan saja, GanSis! Dalam batangnya bisa menampung hampir 32 ribu galon air. Wah, bisa jadi solusi saat musim kemarau ni.


4. Maple Jepang di Portland, Oregon

Pohon yang satu ini sudah memiliki cukup banyak fanslho, GanSis. Buktinya, di situs berbagi foto flickr, terdapat akun khusus untuk para penggemar pohon ini. Gambar ini diambil dari National Geographic yang terletak di Taman Jepang di Portland. Terlihat begitu indah, daunnya berkilau dengan warna yang bervariasi dari hijau, ke warna coklat muda, hingga merah tua.


5. Methuselah

Mendengar namanya, kayak nama pemain bola ya GanSis. 🤣
Methuselah adalah salah satu pohon tertua yang diketahui, berumur hampir 5.000 tahun. Pohon ini terletak di daerah Inyo, di Californiameskipun lokasi tepatnya tetap dirahasiakan demi menjaga kelestariannya.
Bayangkan, GanSis! Umurnya 5.000 tahun, kurang setia gimana coba sama manusia? Doi mah jelas kalah, GanSis! emoticon-Ngakak

6. Pohon Jenderal Sherman Sequoia

General Sherman adalah pohon sequoia raksasa yang terletak Taman Nasional Sequoia, di California. Saat ini, General Sherman masih dinobatkan sebagai pohon yang berbatang tunggal paling besar yang ada di muka Bumi.
Diperkirakan massanya adalah 2.472.000 pon, sedangkan usia pohon ini diperkiarakan 2.400–2.800 tahun.


7. Angel Oak Tree

Pohon ini terletak di Charleston, Carolina Selatan. Usianya sekitar 400 tahun, daya tarik pohon "malaikat" ini adalah rantingnya yang menjulur ke segala arah. Jika dihitung, naungan pohon membentang hampir 17.200 kaki persegi.


8. The Trees Of Dead Vlei

Jika diartikan secara harfiah dalam bahasa Indonesia, 'The Trees of Dead Vlei' adalah pohon-pohon dari Vlei Mati. Kata Vlei sendiri diambil dari nama daerah tempat pohon ini tumbuh, yaitu Deadvlei, Namibia. Umur pohon-pohon pada gambar di atas diperkirakan kurang-lebih 100 tahun.

Konon katanya, tempat itu dulu penuh dengan kehidupan, dan sekarang hanya menampung kerangka pohon. Pohon-pohon yang tersisia tidak bisa tumbuh dengan baik karena suhu daerah tersebut yang sangat kering.

9. Dragon Blood Tree

"Pohon darah naga" ini terletak di Pulau Socotra, Yaman. Tahukah GanSis, nama pohon ini diambil karena terdapat resin/semacam minyak dari pohon yang berwarna merah gelap seperti halnya warna darah. Ya, siap yang tahu bahwa warnanya mirip dengan darah naga bukan? 😁

10. Pohon Pando


Pohon Pando merupakan organisme tunggal terbesar dan hanya memiliki satu sistem akar bawah tanah. Diperkirakan beratnya mencapai 6 ton, sedangkan usianya hampir 80.000 tahun–menjadikannya sebagai salah satu organisme tertua yang pernah diketahui.  Pohon ini dietmukan di Hutan Nasional Fishlake, Utah.

GimanaGanSis? Jalan-jalan kali ini luar biasa bukan?
Pohon yang mana yang paling membuat GanSis takjub?

emoticon-Toast


Sumur: urnabios.com/10-most-incredible-unique-trees-in-world/
Diubah oleh Jimayla 26-04-2020 01:17
marulove
zachwaadzromare
onik
onik dan 251 lainnya memberi reputasi
250
10.7K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.