• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Suzuki Unggah Paten Desain 250cc 2 Silinder Baru, Kira-Kira Buat Motor Apa?

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Suzuki Unggah Paten Desain 250cc 2 Silinder Baru, Kira-Kira Buat Motor Apa?
Beberapa waktu lalu Suzuki kembali mendaftar paten desain mesin anyar. Menurut informasi mesin ini memiliki konfigurasi 2 silinder dan berkapasitas mesin 250cc.

Kalau dilihat dari kasat mata terbukti bagian header dan lubang exhaust-nya ada dua buah, tapi apakah sosok mesin baru ini yang akan digunakan untuk mesin Suzuki GSX-R250 yang sudah ditunggu banyak orang?





Sepertinya tidak bro, karena mesin baru ini desainnya masih sama seperti mesin Inazuma 250 dan V-Strom 250. Sedangkan sosok GSX-R250(DOHC) yang selama ini kita nanti-nanti menggunakan mesin 250cc yang benar-benar baru, bukan pakai basis mesin milik Inazuma 250.

Jadi kemungkinan besar mesin ini akan digunakan untuk Suzuki GSX-250R versi di China. Sebab motor sport ini disana menggunakan basis mesin yang sama seperti Inazuma 250 atau V-Strom 250. Karena kalau dibandingkan dengan paten desain mesin 250cc yang sempat diunggah Suzuki Eropa, antara desain baru ini dengan mesin di Eropa tersebut desainnya lebih advance dan mengarah ke mesin DOHC.



Untuk paten desain mesin baru ini ada sedikit beberapa revisi, seperti di bagian filter oli yang letaknya kini sekarang berada di bawah, dan penyempurnaan catalytic converter.

Bisa kalian setelah exhaust bagian manifold Suzuki menambahkan satu part yang disebut sebagai catalytic converter, stelah itu formasi header kembali dibuang dua ditambah catalytic coverter lagi sebelum ke muffler.

Dengan kontruksi tersebut, seperti Suzuki ingin membuat mesin baru ini lolos emisi Euro 5 yang semakin ketat.

Selain menambah bagian sensor dan catalytic converter, Suzuki juga mengubah bagian kontruksi water pump dimana mesin baru ini akan dibekali dengan pendinginan radiator. Sayang banget mereka masih belum mengubah over head cam dengan kontruksi DOHC. Seperti yang kita ketahui, Suzuki GSX-250R versi China, Inazuma dan V-Strom 250 masih menggunakan mesin SOHC.

Jadi kita jangan harap lebih soal tenaga yang dapat dihasilkan, karakter mesin ini masih dinilai loyo bagi sebagian orang, jadi Suzuki GSX-250R masih belum bisa kita head to head-kan dengan Honda CBR250RR, Ninja 250 dan R25.

Referensi : iwanbanaran.com(2/4/2020).
rtrn
nona212
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.