News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
143
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea2808a10d29536d667d57f/pusat-kajian-visi-prediksi-pandemi-covid-19-mereda-juni
Peneliti Visi, Widyar Rahman melalui pernyataan tertulis di Jakarta, menyampaikan jumlah kasus meninggal akibat COVID-19 dan sembuh di Indonesia akan mencapai keadaan konstan pada hari ke-100 semenjak kasus positif pertama terkonfirmasi, yakni pada 8 Juni 2020.
Lapor Hansip
24-04-2020 13:00

Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni

Past Hot Thread
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni

Pusat Kajian Visi Teliti Saksama (Visi) memprediksi pandemi COVID-19 di Indonesia baru mereda pada Juni 2020, melalui uji simulasi dengan model sistem dinamik yang menunjukkan perjalanan pandemi Corona.

Peneliti Visi, Widyar Rahman melalui pernyataan tertulis di Jakarta, menyampaikan jumlah kasus meninggal akibat COVID-19 dan sembuh di Indonesia akan mencapai keadaan konstan pada hari ke-100 semenjak kasus positif pertama terkonfirmasi, yakni pada 8 Juni 2020.

"Dari pengujian yang dilakukan Visi pada 31 hari sejak kasus positif pertama COVID-19 di Indonesia, ditemukan 'reproductive number' sebesar 19. Hal ini bermakna setiap satu orang terinfeksi dapat menularkan kepada 19 orang lainnya," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Berdasarkan nilai "reproductive number" dapat diprediksi kontrol sebaran pandemi, lanjut dia, sehingga perkembangan jumlah kasus baru COVID-19 akibat penularan dari orang terinfeksi di Indonesia akan berlangsung selama sekitar 50 hari.

Lantaran masa penularan yang berlangsung selama 50 hari, pada hari ke-100 angka kematian dan sembuh mencapai keadaaan konstan.

Uji sistem dinamik dilakukan Tim Riset Visi melalui proses validasi model pemantauan data historikal yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia periode 2 Maret 2020 hingga 2 April 2020 sebagai data referensi harian, yang mencakup jumlah kasus kumulatif, jumlah pasien sembuh, dan meninggal.

Lebih lanjut, menurut Widyar, pada dasarnya peninjauan aspek kesehatan COVID-19 dengan pemodelan pandemi yang dilakukan Visi mengikuti pola harian yang terjadi sejak kasus pertama muncul, sehingga program "self isolation", "social distancing", penggunaan masker, cuci tangan menggunakan sabun, dan penggunaan "hand sanitizer" yang sedang digalakkan pemerintah telah masuk dalam model ini.

Namun, kata dia, proses pemantauan itu sebenarnya memiliki batasan tertentu, karena data yang dikeluarkan secara resmi oleh Pemerintah setiap harinya boleh jadi masih menyisakan orang-orang yang tidak atau belum terdeteksi.

Beberapa batasan lain, yaitu bahwa model ini tidak dapat menentukan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) secara spesifik, tidak memperhitungkan kejadian reinfeksi virus, dampak sosial pandemi akibat kebijakan pemerintah, dan pengaruh budaya masyarakat dalam merespons keadaan darurat COVID-19.

Asimtomatik

Di Indonesia, sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020, data individu terpapar terus meningkat. Per 22 April 2020, jumlah temuan positif COVID-19 mencapai 7.418 kasus atau bertambah 283 kasus baru yang terkonfirmasi dari pemeriksaan menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR), jumlah pasien meninggal dunia mencapai 635 orang dan 913 pasien dinyatakan sembuh.

Sedangkan, jumlah ODP bertambah 7.241 orang, menjadi 193.571 orang, dan akumulasi PDP mencapai 17.754, atau bertambah 1.091 dari data satu hari sebelumnya.

Selain angka yang dipaparkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kata dia, terdapat kekhawatiran potensi kasus yang lebih besar disebabkan adanya temuan asimtomatik atau orang tanpa gejala yang mengindikasikan penyebaran virus bersifat sulit terdeteksi dan tidak terkendali.

"Jumlah individu meninggal akibat virus ini dipengaruhi laju mortalitas yang diperkirakan berkisar di angka 5,8 persen berdasarkan pemodelan. Tingginya persentase ini sekaligus menunjukkan ada potensi jumlah kasus positif yang jauh lebih besar dibandingkan data resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah," ujar Direktur Riset Visi Nugroho Pratomo.

Meski analisis menunjukkan pandemi tidak akan bertahan bertahun-tahun di Indonesia, kata dia, upaya mencegah penularan yang dilakukan Pemerintah tetap perlu ditingkatkan dan didukung peran aktif seluruh warga negara, sehingga penurunan jumlah kasus lebih cepat dari perkiraan.

"Adalah penting untuk mematuhi keputusan Pemerintah. Masyarakat menahan diri untuk tidak mudik sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran secara lebih luas. Upaya Pemerintah melarang mudik dinilai sebagai upaya tepat membatasi penularan, selain pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah, penggunaan masker, rajin mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan lingkungan dan lain sebagainya," kata Nugroho.






profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 168 lainnya memberi reputasi
167
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:12
yang disampaikan pak nugroho di akhir thread ini, sangat betul skali.. ayo pada manut... biar cepet selesai..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:14
gan ane mau nanya dong, kenapa ya sekarang dapatin cendol gampang banget? jaman dulu ngejunk dibanned, tapi kok sekarang ngejunk malah dapat cendol banyak banget emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:14
kalau semuanya saling patuh aturan pemda dan pusat bahkan aturan di kelurahan, makan Juni memungkinkan untuk berhenti penyebarannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:23
solusinya buat pengangguran gimana..
emang smua berimbas ktanya ga kaya ga miskin..tapi skrg buat makan aja sulit,sampe tengah bulan,akhir taun..buset deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:24
Juni?
Sampe kpn mau bohongin rakyat?
Indonesia baru mulai, tambah penangan dari pemerintah kurang serius, yakin juni? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:28
Prediksi gw klo mau kelar ini virus ya semua negara mesti selesai kasusnya. klo msh ada kasus di luar negeri ya bakal ada pandemi gelombang kedua. bolak balik aj kenanya. mknya kuncinya yg paling pnting itu saat ini : 1. Makin perbanyak tes PCR jd semakin byk yg tes semakin byk yg ketauan dan bisa diisolasi. 2. Perlambat penyebaran virus ya psbb lbh teges dan stop mudik biar ga makin nyebar kemana mana. 3. Ini agak susah, kelengkapan fasilitas rs terutama ventilator jadi yg meninggal bisa dikurangi, masak hari ini 42 org meninggal edan. 4. Ya antivirusnya ada, smoga disegerakan ya allah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:30
september 2020, sesuai siklus matahari. kan sudah ada jurnalnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:30
amiin ya Rabb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:40
mudah2an....
amin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:40
Juni mereda iya kl bs pada nahan diri diem dirumah, buka puasa pertama aja yg jualan cendol cingcau gorengan ngantrinya kaya bulan puasa biasanya 😂
Jalanan mendadak macet saat mendekati waktu magrib 🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:43
Aminin dl aja bray emoticon-Cool
Sisanya kiya bisa sambil berdoa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:44
Quote:Original Posted By FAKMEN
gan ane mau nanya dong, kenapa ya sekarang dapatin cendol gampang banget? jaman dulu ngejunk dibanned, tapi kok sekarang ngejunk malah dapat cendol banyak banget emoticon-Wow


Lagi ada event penuhin cendol buat donasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:51
emg trend nya udh turun?ko udh byk yg prediksi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 22:54
doakan yang terbaik saja ya gansis, semogaa juni atau lebih cepat. ane kangen makan diluar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 23:04
fresh news ⤵⤵

Kerja Sama Jokowi Dan Donald Trump Dikala Pandemic Covid19.
https://kask.us/iFWLr
#ForumKaskus via @KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 23:30
Ane berdoa skalipun vaksin belum ditemukan, tapi seenggaknya virus ini uda ga mewabah di negara tercinta. Ga bsa bayangin baru 2 bulan aja, PHK dimana², kredit macet dimna2, pemotongan gaji dimana².

Kangen kumpul keluarga, kangen silaturahmi dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 23:35
belum ada ramalan secar statistik yg tepat dan ujung2nya waktunya mundur, warga +62 itu unik hari ini party mabok2an,besok ikut pengajian dan berdakwah,besoknya karantina ngumpet gara2 di kejar utang....hbs itu party lagi,bikin rusuh,demo lagi trus begitu...i love +62
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adizza dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
24-04-2020 23:40
Blm sampai bulan mei aja udh jatuh miskin huhuhuhuhu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
25-04-2020 00:00
mudah2an beneran. Aaamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Pusat Kajian Visi Prediksi Pandemi Covid-19 Mereda Juni
25-04-2020 00:05
ane takut meleset doang takut diphp in
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salrots dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia