Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
217
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e9f7e1af4d69538c34c30d4/permainan-tradisional-khas-bulan-ramadhan-sekarang-jarang-ditemukan
Permainan tradisional yang identik dengan bulan ramadhan di setiap daerah yang satu dengan daerah lain pasti mempunyai perbedaan. Untuk mengenang masa lalu dan bernostalgia, kali ini Agan TS mau membahas beberapa permainan yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan.
Lapor Hansip
22-04-2020 06:13

Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Permainan tradisional khas bulan ramadhan, seru dan bisa menjalin persaudaraan!


Bulan Ramadhan adalah bulan suci penuh ampunan, bulan istimewa bagi umat islam di seluruh dunia.
Kedatangannya selalu dinanti, satu bulan dalam satu tahun yang istimewa dan berarti.
Antusias masyarakat Indonesia dalam menyongsong ramadhan mempunyai cara-cara yang cukup unik dan menarik untuk di bahas. Setiap daerah memiliki tradisi yang menjadi kebanggaan masyarakat dan terus dilestarikan untuk memupuk keberlangsungan seni dan budaya.

Kekayaan Indonesia memang tidak dapat diragukan lagi, keberagaman adat budaya, seni, tradisi, makanan tradisional bahkan permainan-permainan jaman dulupun ikut menjadi kekayaan yang patut untuk dibanggakan.

Berbicara mengenai permainan jaman dulu yang identik dengan bulan Ramadhan, pasti kita akan teringat dengan masa lalu saat kita masih usia anak-anak atau remaja.
Dimana pada masa itu kita masih bebas untuk berekspresi dan melakukan permainan-permainan seru tanpa harus merasa jaim atau malu-malu.

Biasanya pada bulan ramadhan selesai shalat tarawih sampai menjelang subuh, kita bermain bersama teman-teman di halaman masjid, berkumpul ngobrol atau bermain mainan tradisional.
Permainan yang dilakukan berkelompok yang tentunya bisa merekatkan persahabatan!

Tentu Agan dan Sista pernah mengalami sendiri kejadian ini di daerah masing-masing sewaktu kecil, dan itu membuat kita rindu ingin mengulang kembali masa yang telah berlalu.

Permainan-permainan tradisional yang identik dengan bulan ramadhan di setiap daerah yang satu dengan daerah lain pasti mempunyai perbedaan. Untuk mengenang masa lalu dan bernostalgia, kali ini Agan TS mau membahas beberapa permainan yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan.
Apa saja permainannya, lihat di bawah ini:


♤ Bermain Bola Api♤

Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Sumber gambar: di sini


Permainan bola api adalah permainan yang lumayan ekstream, biasa dilakukan oleh anak laki-laki di kampung yang sudah biasa melakukan permainan ini.
Permainan bola api hampir sama dengan permainan sepak bola pada umumnya, yang membedakannya adalah bola yang digunakan. Bola yang digunakan dalam permainan bola api terbuat dari serabut kelapa yang dibentuk bulat seperti bola, kemudian direndam di dalam minyak tanah lalu dibakar dan dimainkan bersama teman-teman.



♧Main Petasan♧

Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Sumber gambar: di sini


Bermain petasan atau kembang api meskipun sudah dilarang oleh Kepolisian namun masih tetap menjadi permainan yang identik dan paling digemari di bulan ramadhan.
Anak-anak yang berkumpul pasti mereka membawa petasan, disulut kemudian dilemparkan jauh-jauh, kadang juga dijadikan kejailan untuk mengusili anak-anak perempuan. Suara petasan bulan ramadhan menjadi suara yang khas dan sering didengar, dalam menghiasi riuh dan ramainya malam bulan puasa.


¤ Main Ular Tangga atau Monopoli

Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Sumber gambar: di sini


Permainan ular tangga dan monopoli sejak dulu hingga sekarang masih menjadi permainan yang banyak diminati oleh anak-anak.
Biasanya permainan monopoli ini dijadikan permainan penghibur dan pelipur rasa lapar menunggu waktu berbuka puasa. Dimainkan bersama anak tetangga yang seumuran sampai waktu adzhan maghrib terdengar dari mushola terdekat.



~ Pawai Obor ~

Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Sumber gambar: di sini


Pawai obor sebenarnya bukanlah permainan, melainkan sebuah tradisi yang biasa dilakukan dalam penyambutan bulan ramadhan.
Namun setelah pawai obor ini berakhir, obor yang sebelumnya digunakan untuk pawai beralih fungsi menjadi alat penerangan jalan ketika pergi kemushola untuk shalat tarawih.
Saat ini obor sudah tidak lagi digunakan sebagai alat penerang jalan, karena listrik sudah masuk ke desa-desa dan jalan sudah diterangi dengan lampu bohlam.



Gebuk Sarung

Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Sumber gambar: di sini


Masa anak-anak pasti tidak bisa lepas dari kata bandel atau nakal.
Memang kejailan dan keusilan di masa ini sangat tinggi, termasuk kenakalan di waktu bulan ramadhan.
Mungkin sebagian Agan di sini ada yang pernah melakukan permainan ini, permainan gebuk sarung.
Permainan gebuk sarung biasanya dilakukan oleh anak-anak yang kenakalannya tingkat sedang, setelah shalat tarawih sarung yang digunakan dilepas lalu diikat ujungnya menyerupai gulungan dan digunakan untuk memukuli temannya. Permainan ini akan berakhir kalau salah satu teman sudah ada yang nangis dan pulang lapor ke orang tuanya.



Long Bambu

Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!

Sumber gambar: di sini


Long bambu atau meriam bambu adalah permainan tradisional yang sangat identik dengan bulan ramadhan. Karena memang permainan ini hanya akan ditemu di buan ramadhan dan ikut berakhir saat malam hari raya idul fitri tiba.
Seperti namanya, long bambu. Otomatis permainan ini terbuat dari bambu, bambu yang digunakan biasanya berukuran 1,5 meter sampai 3 meter yang dilubangi pada bagian atasnya dan dibuat lubang kecil tempat menyulut api di bagian bawah bambu.
Amunisi atau bahan yang digunakan untuk membunyikan long bambu sendiri adalah minyak tanah atau spirtus dan korek api.
Kayu kecil dicelup ke spirtus kemudian dinyalakan dan dimasukan ke lubang bagian bawah bambu, maka long akan berbunyi dengan keras dan Cumiakan telinga.
Permainan ini saat ini dilarang karena berbahaya dan bisa mencelakai diri sendiri!


Bagaimana, apakah Agan dan Sista ingat dengan permainan khas bulan Ramadhan yang saat ini sudah mulai jarang ditemui seperti permainan-permainan di atas?

Beberapa permainan tradisional memang sedikit lebih berbahaya, namun karena anak-anak zaman dulu susah untuk dinasehati dan tergolong lebih bandel atau tahan banting, jadi meskipun dilarang mereka akan tetap memainkan permainan tersebut.
Berbeda dengan anak era modern, mereka lebih cenderung suka bermain dengan permainan kekinian dan dimainkan menggunakan gadget.

Perlu digaris bawahi, permainan zaman dulu dan permainan zaman modern sama-sama mempunyai dampak positif dan negative. Permainan tradisional lebih berbahaya untuk keselamatan fisik, namun mengajarkan tentang arti kerjasama dan kebersamaan. Sedangkan permainan era modern, lebih minim bahaya fisik namun membentuk pribadi yang individualis dan kurang bersahabat.

Bernostalgia dengan permainan tradisional di bulan Ramadhan mengingatkan kita semua pada masa lalu, masa-masa indah saat belum mengenal gadget dan masih memiliki banyak waktu untuk berkumpul dengan teman-teman seumuran.
Mudah-mudahan dengan membaca thread ini, bisa mengobati sedikit kerinduan kita akan masa lalu ya GanSis.
Semoga Ramadhan tahun ini meninggalkan kesan istimewa meski pun dengan keadaan yang berbeda!


Penulis: @masnukho
Narasi Pribadi


Quote:
Berbagi Cendol Kebaikan


Cendol1
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!


Cendol2
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
Diubah oleh masnukho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 164 lainnya memberi reputasi
165
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:02
eh sarung wadimor buat gebug sarung damage nya gede gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:04
perang sarung 😆

cap wadimor + batu = 99 damage + pasif benjol2 kepala emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:05
dulu suka nya slepetan sarung gan😂 bukan gebuk sarung wkwk

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:08
petasan gan. yang tidak pernah absen sampai skrg emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:08
Semua udah digantiin sama gadget ya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:13
Susah bray, sekarang yang kayak gitu bakal dibilang bidah sama kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:15
ud ane coba smua ini.. hehehe
ada yg blm gan, maen sarung ninja.. 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:22
Sekarang sudah bisa diakses lewat play store semua bre emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:28
kalo dulu sih ane suka nontonin orang nge track ( balap motor liar) di kemayoran setiap sore sebelum berbuka puasa..
tapi sekarang udh kaga ada lagi.... udh dilarang sama kepolisiaan kayaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:32
Hanya anak bar bar yang main kecuali monopoli dan ular tangga.. hehe

dulu main sabuk sarung & petasan (kek model perang begitu.. nyaris kena mata itu petasan tembak emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:33
Main layangan, ngga termasuk, yah, krn bocah2 tempat Ane sekarang lg musim emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:39
iya gan, kangen permainan dulu apalagi yg Long bambu (klw di Sumatra namanya Meriam bambu (?))
suaranya itu loh, bikin perang ama tetangga sebelah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:47
Quote:Original Posted By mfeardaus
eh sarung wadimor buat gebug sarung damage nya gede gan

emoticon-Cape d... mahal itu jangan

Quote:Original Posted By yudhielagi
perang sarung 😆

cap wadimor + batu = 99 damage + pasif benjol2 kepala emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak mahal dikain sarungnya gan

Quote:Original Posted By nmc88
dulu suka nya slepetan sarung gan😂 bukan gebuk sarung wkwk

emoticon-Hammer2

emoticon-Bingung kayak gimana tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:48
Quote:Original Posted By bergajulmoment
petasan gan. yang tidak pernah absen sampai skrg emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak iya tapi susah sekarang disini nyarinya

Quote:Original Posted By aguspriambodo
Semua udah digantiin sama gadget ya gan

emoticon-Cape d... iya sayang banget ya

Quote:Original Posted By Silver Star
Susah bray, sekarang yang kayak gitu bakal dibilang bidah sama kadrun

emoticon-Ngakak ngurusin kadrun makan pakai sendok juga bid'ah

Quote:Original Posted By madqod
ud ane coba smua ini.. hehehe
ada yg blm gan, maen sarung ninja.. 😁


emoticon-Bingung sarung ninja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:50
Quote:Original Posted By makio01
Sekarang sudah bisa diakses lewat play store semua bre emoticon-Mewek

emoticon-Cape d... games

Quote:Original Posted By eddiesangadjie
kalo dulu sih ane suka nontonin orang nge track ( balap motor liar) di kemayoran setiap sore sebelum berbuka puasa..
tapi sekarang udh kaga ada lagi.... udh dilarang sama kepolisiaan kayaknya

emoticon-Matabelo ane belum pernah gan

Quote:Original Posted By proxfart
Hanya anak bar bar yang main kecuali monopoli dan ular tangga.. hehe

dulu main sabuk sarung & petasan (kek model perang begitu.. nyaris kena mata itu petasan tembak emoticon-Frown

emoticon-Ngakak iya ane jarang main monopoli

Quote:Original Posted By Big Bholo
Main layangan, ngga termasuk, yah, krn bocah2 tempat Ane sekarang lg musim emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo kalau puasa jarang main layangan gan

Quote:Original Posted By taosipudan
iya gan, kangen permainan dulu apalagi yg Long bambu (klw di Sumatra namanya Meriam bambu (?))
suaranya itu loh, bikin perang ama tetangga sebelah emoticon-Big Grin


emoticon-Ngakak kenapa jadi perang gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:51
Permainan Kaporit ane pas kecil tuh Maen gebuk sarung Gan, itu yang membentuk jiwa barbar ane pas tawuran sekolah dulu emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:57
90's bangett bre emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 18:58
depan rumah ane bocah2 pada men petasan gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 19:09
kalo gw dulu ada permainan namanya "tekpo".
cara mainnya mirip petak umpet, tp dimainkan pas bada solat subuh, jd memang benar2 gelap suasananya..
yg kalah tugasnya nyari lawannya yg sembunyi, matanya sambil ditutup pake sarung. yg sembunyi ga boleh bergerak dr tempatnya.
siapa yg kena duluan, berarti dia gantian jd yg jaga gawang..

seru gan, karna disambi nyetel petasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Big Bholo dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Permainan Tradisional Khas Bulan Ramadhan, Sekarang Jarang Ditemukan!
24-04-2020 19:20
Quote:Original Posted By Cybermaya88
Permainan Kaporit ane pas kecil tuh Maen gebuk sarung Gan, itu yang membentuk jiwa barbar ane pas tawuran sekolah dulu emoticon-Cool

emoticon-Ngakak iya sama gan, ternyata kita mantan anak nakal

Quote:Original Posted By perisalka
90's bangett bre emoticon-Cool

emoticon-Ngakak iya gan bree

Quote:Original Posted By dark3194
depan rumah ane bocah2 pada men petasan gan emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo jangan dimarahin ya

Quote:Original Posted By seVenswords
kalo gw dulu ada permainan namanya "tekpo".
cara mainnya mirip petak umpet, tp dimainkan pas bada solat subuh, jd memang benar2 gelap suasananya..
yg kalah tugasnya nyari lawannya yg sembunyi, matanya sambil ditutup pake sarung. yg sembunyi ga boleh bergerak dr tempatnya.
siapa yg kena duluan, berarti dia gantian jd yg jaga gawang..

seru gan, karna disambi nyetel petasan


emoticon-Matabelo waduhhh habis subuh ya gan
Ane habis subuh marathon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia