News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea0d706337f937d4d548c26/3-aktivis-aksi-kamisan-ditangkap-polisi-motifnya-melawan-kapitalisme
Tiga mahasiswa aktivis Aksi Kamisan ditangkap polisi di Malang, Jawa Timur, Minggu (19/4) akhir pekan lalu. Mereka ditangkap atas dugan melakukan vandalisme yang menghasut kepanikan masyarakat di tengah pandemi virus corona covid-19.
Lapor Hansip
23-04-2020 06:45

3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme

Past Hot Thread


3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme

Quote:"Ketiga tersangka ini memiliki motif, mereka tidak terima dan memprovokasi masyarakat untuk melawan kapitalis yang dirasakan merugikan masyarakat," kata Asep


Tiga mahasiswa aktivis Aksi Kamisan ditangkap polisi di Malang, Jawa Timur, Minggu (19/4) akhir pekan lalu.

Mereka ditangkap atas dugan melakukan vandalisme yang menghasut kepanikan masyarakat di tengah pandemi virus corona covid-19.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan di Polresta Malang, ketiga tersangka; MAA (20), SRA (20), dan AFF (22) memiliki motif kekecewaan terhadap sistem kapitalisme.

"Ketiga tersangka ini memiliki motif, mereka tidak terima dan memprovokasi masyarakat untuk melawan kapitalis yang dirasakan merugikan masyarakat," kata Asep di Mabes Polri, Rabu (22/4/2020).

Asep mengungkapkan bahwa mereka melakukan pencoretan di dinding warga dengan tulisan "Tegalrejo Melawan".

"Barang bukti 2 sketch karton tulisan 'Tegalrejo melawan'," lanjutnya.

Beberapa titik aksi corat-coret tersebut diidentifikasi ada di enam titik yakni di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Jalan LA Sucipto, Jalan Tenaga, Jalan Ahmad Yani Utara sampai Jalan Jaksa Agung, Jalan Suprapto, dan di Underpass Karanglo.

"MAA (20) perannya sebagai inisiator membeli pilok dan melakukan pencoretan, tsk kedua dengan inisial SRA (20) inisiator dan melakukan pencoretan, tsk ketiga AFF (22) perannya mengawasi kegiatan pencoretan tersebut," ucap Asep.

Sebelumnya, Kapolresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata mengatakan bahwa ketiganya melakukan vandalisme dilakukan pada 4 April 2020 mulai 00.00 WIB sampai 04.00 WIB, dan ditangkap pada 19 April 2020, sekitar pukul 20.20 WIB.

Atas perbuatannya ketiganya dijerat UU I/1946 tentang peraturan hukum pidana pasal 14 dan 15, serta pasal 160 KUHP dengan hukuman penjara 10 tahun.

Minta Dibebaskan

Sementara itu, YLBHI, LBH Surabaya dan LBH Pos Malang melayangkan surat terbuka menuntut ketiga aktivis tersebut dibebaskan.

LBH Surabaya Jauhar mengatakan, di tengah pandemi corona, terjadi peristiwa tidak demokratis, berupa penangkapan dan penahanan tanpa prosedur serta melanggar hak warga negara.

Pihak kepolisian menangkap dan menahan tiga pemuda atau mahasiswa bernama Ahmad Fitron Fernanda, M. Alfian Aris Subakti dan Saka Ridho atas tuduhan vandalisme, kemudian melebar menjadi penghasutan.

"Tindakan penahanan ini tidak mencerminkan profesionalitas polisi sebagai penegak hukum yang melakukan tindakan penangkapan dan penahanan tidak sesuai aturan," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Pasalnya, lanjut dia, ketiga pemuda yang ditahan saat ini ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian.

Menurut keterangan dari keluarga Fitron, Alfian dan Mamul, ketiga pemuda ini tiba-tiba ditangkap tapi polisi tidak menunjukkan surat penahanan yang jelas.

Alasan penangkapannya pun dinilai prematur. Sebabnya, hanya berbasis dugaan yang spekulatif tanpa disertai bukti yang jelas alias masih kabur.

Pada tanggal 19 April 2020, sekitar pukul 20.20 WIB, sekitar lima orang polisi mendatangi kediaman Fitron di Sidoarjo.

Menurut keterangan ayah Fitron, tiga polisi bertugas di Malang dan dua orang yang lain merupakan polisi Sidoarjo.

Saat dimintakan surat penjemputan, polisi menunjukan surat yang tidak ada nama Fitron. Alhasil, Fitron sempat menolak untuk menuruti permintaan polisi tersebut.

Fitron akhirnya terpaksa mengikuti polisi sekitar pukul 20.45 WIB dan dibawa ke Polres Malang.

Sekitar pukul 23.00 WIB, polisi menggeledah kediaman nenek Fitron di Tumpang (tempat Fitron tinggal selama kuliah di Malang) untuk mencari barang-barang Fitron yang berkenaan dengan gerakan anarko.

Sebagai catatan, Fitron yang bernama lengkap Fitron Fernanda merupakan aktivis Pers Mahasiwa di UM Malang.

Fitron selama ini juga aktif sebagai Komite Aksi Kamisan yang giat menyuarakan hak asasi manusia dengan melakukan aksi diam di depan Balai Kota Malang setiap Kamis sore.

Dalam kegiatannya sebagai pers mahasiswa, Fitron selama ini juga sering meliput perjuangan warga yang menolak tambang emas di Gunung Tumpang Pitu dan Salakan.

Dia juga kerap melakukan tugas jurnalistik dalam kampanye "Save Lakardowo", yakni kasus pembuangan limbah berbahaya oleh PT PRIA di Mojokerto mengganggu kesehatan bagi warga sekitar pabrik.

Kedua pemuda lainnya yakni Alfian dan Saka ditangkap di rumahnya pada tanggal 20 April 2020. Alfian dibawa polisi dari rumahnya di daerah Pakis, Malang sekitar pukul empat pagi.

Sedangkan Saka dijemput di rumahnya di Singosari pada pukul 05.00 WIB oleh lima personel kepolisian yang tidak berseragam.

Saka dan Fian, keduanya juga sering mengikuti agenda Aksi Kamisan Malang. Mereka selama ini juga mendampingi petani desa Tegalrejo di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang yang sedang berjuang mempertahankan lahannya dari serobotan PTPN.

"Ketiga pemuda itu, diproses secepat kilat tanpa memperhatikan langkah-langkah hukum yang ada. Hal ini sangat bertentangan dengan azas keadilan. Karena mereka diperlakukan bak teroris dan berbahaya, padahal mereka kooperatif dan bekerja sama dengan baik. Apalagi tuduhan yang disangkakan sangat samar. Polisi lalu menaikkan status mereka menjadi tersangka, dengan Pasal 160 Tentang Penghasutan yang merupakan delik materil," jelasnya.

sumber

**************
Masak polisi gak ngerti pancasila.. padahal sila ke 5 dari sosialisme.. bukan kapitalisme emoticon-Ngakak (S)

Diubah oleh yasue.dik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 204 lainnya memberi reputasi
203
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
23-04-2020 22:09
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhammadafdal15 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
23-04-2020 22:13
Quote:Original Posted By cadelistomark2
Kondisi darurat bencana Gan...COVID-19 dah ditetepkan sbg bencana nasional. Polisi seharusnya berhak melakukan tindakan yg bila dlm keadaan biasa dianggap lebay. Maju terus pak pol.


Iyess gan siss.. benerrr..
Mangkanyaaa semoga semuanya segera ditegakkan... Aamiin....
Yang benar ditegakkan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
23-04-2020 22:14
Quote:Original Posted By guntur9090
Keadilan sosial. .
Bukan keadilan kapitalis


iyaaa beneer bangeet gaaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhammadafdal15 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
23-04-2020 22:19
sikat pak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhammadafdal15 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
23-04-2020 22:23
Udah mulaikah di sini? Di Amerika jg udah mulai banyak yg mendukung sosialisme dilihat dari banyaknya dukungan ke Bernie Sanders yg kampanyenya selalu mengusung tema sosialisme. Kebanyakan juga anak2 muda, karena mereka yg paling kena dampaknya dr kapialisme modern.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 00:24
sunset di tanah anarki..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhammadafdal15 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 00:38
Polisi koclok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhammadafdal15 dan jancok. memberi reputasi
2 0
2
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 00:56
serigala berbulu domba ga ni ?
profile-picture
profile-picture
muhammadafdal15 dan jancok. memberi reputasi
2 0
2
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 01:08
vandalisme adalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah "perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya)" atau "perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas".
aktivis opo kui ... sing apik to mas mas yen menyuarakan aspirasi...
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 02:49
umur mereka cuma 20 tahunan, penting banget peran orang tua untuk ngajarin mereka. Jangan suka ngimpi dan ngebacot doang jadi manusia. Pemuda dulu adalah pemimpin sekarang, dan pemuda sekarang adalah pemimpin masa depan. Kalo bisanya cuma unjuk rasa, menunjukan perasaan aja, ya itu artinya cuma mengulang cerita lama.

Kalo emng hebat, jadi presiden, atau minimal kepala daerah dan tunjukkan kemampuan dalam mengatur wilayah untuk memajukan wilayahnya. Kalo cuma suka corat coret tembok, itu gk ada bedanya sama anak PAUD emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 03:14
Gamparin aje sampe goblok..

Orang tua sekolahin tinggi2..
Bukannya belajar ipk cum laude kerja posisi tinggi sukses..
Malah nyoret2 tembok..
Bocah goblok
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 03:54
Penyebaran paham komunis sosialis kah?
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 04:32
wadawwwwwwww
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 04:33
apakah ada di dunia ini yg tidak kapitalis?
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 04:52
sekoga segera ada titik terang di antara semuanya ya,
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 05:44
Mantappppssss...
semua Akan diHisab kita akan saksikan bersama sama nantinya...
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 05:45
bingug juga sih mau berkata apa dengan kondisi seperti ini emoticon-Thinking ya semoga aja segera tuntas deh masalahnya dan ada solusi yang baik untuk semua pihak emoticon-Kiss (S)
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 05:57
simpatisan komunis

ENYAHKAN!
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
3 Aktivis Aksi Kamisan Ditangkap, Polisi: Motifnya Melawan Kapitalisme
24-04-2020 05:58
kooperatif kok malah dicurigai, piee toh pak polkis..surat penahan ga ada nama yg ditahan, mau membungkam sejumlah kasus yg nyangkut apa yah?? emoticon-Cool
profile-picture
muhammadafdal15 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia