alexstewartAvatar border
TS
alexstewart
Daftar Film Dari Makoto Shinkai yang Harus Kamu Tonton!

Makoto Shinkai 
merupakan seorang sutradara anime yang banyak sekali menghasilkan karya yang luar biasa. Film seperti Kimi no Na Wa atau Tenki no Ko adalah sebagian dari karya-karyanya. Nah, daftar film dari Makoto Shinkai yang harus kita tonton itu apa aja sih? 

1. The World be Enclosed
Kakomareta Sekai

adalah flm pendek dari Makoto Shinkai, menggunakan Lightwave 3D. Ini terinspirasi oleh novelis Jepang Murakami Haruki buku 'Sekai no Owari to Hard-Boiled Wonderland' (judul bahasa Inggris: Hard-Boiled Wonderland and the End of the World). Musiknya dikerjakan oleh Tenmon, yang juga bertanggung jawab atas musik dalam Shinkai's 'Kanojo to Kanojo no Neko', 'Hoshi no Koe', dan 'Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho'.
.

2. Other Worlds
Tooi Sekai

Hanya berdurasi 1 menit. Pendek sekali ya. Isinya tentang seorang sepasang kekasih, pria dan wanita yang membicarakan hubungan mereka.

3. She and Her Cat
Kanojo to Kanojo no Neko

Sinopsis : Kisah ini terjadi dalam kurun waktu setahun. Pada musim semi yang sedang hujan, Dia menemukan Chobi di luar dan membawanya pulang. Chobi jatuh cinta pada pemiliknya karena kebaikan dan kecantikannya. Selama musim panas Chobi mendapat pacar, Mimi. Mimi mencintai Chobi dan ingin menikah dengannya, tetapi dia menolak karena dia cinta pemiliknya. Pada hari musim gugur, Pemiliknya sedang berbicara panjang melalui telepon. Ketika itu selesai, Dia menangis dan menjadi depresi. Chobi tidak mengerti apa pembicaraan itu atau apa yang terjadi tetapi menyimpulkan bahwa itu bukan kesalahannya. Dia berdiri di sisinya dan menghiburnya. Waktu terus berjalan dan itu menjadi musim dingin. Dia terus bekerja dan melanjutkan hidupnya. Pada akhirnya, Dia dan Chobi senang dengan kehidupan mereka bersama dan berkata serempak, "Aku pikir kita berdua mungkin menyukai dunia ini."

4. Voices of a Distant Star
Hoshi no Koe

Sinopsis : Seorang anak sekolah bernama Mikako Nagamine, Sumi Muto, Cynthia Martinez, direkrut ke dalam Angkatan Darat PBB untuk bertempur dalam perang melawan sekelompok alien yang disebut Tarsians (dinamai menurut wilayah Tharsis di Mars tempat mereka pertama kali ditemukan). Sebagai Agen Khusus, Mikako pilot mecha robot raksasa yang disebut Tracersebagai bagian dari skuadron pertempuran yang melekat pada pembawa pesawat ruang angkasa Lysithea. Ketika Lysithea meninggalkan Bumi untuk mencari orang-orang Tarsian, teman Mikako, Noboru Terao, Chihiro Suzuki, Adam Colon, tetap ada di Bumi. Keduanya terus berkomunikasi lintas ruang menggunakan fasilitas email di telepon seluler mereka. Ketika Lysithea melakukan perjalanan lebih jauh ke luar angkasa, pesan semakin lama semakin lama untuk mencapai Noboru di Bumi, dan jeda waktu korespondensi mereka akhirnya membentang selama bertahun-tahun.

Melompat pada tahun 2047. Mikako tampaknya sendirian di kota yang kosong dan kosong, mencoba menghubungi orang-orang melalui telepon genggamnya. Dia bangun di Tracer-nya yang mengorbit planet Ekstrasurya. Dia kemudian pergi ke Agartha, planet keempat fiksi dari Tata Surya Sirius. Mikako mengirim e-mail ke Noboru (yang menunjukkan tanggal 2047-09-16), dengan subjek "Aku di sini", yang akan menghubunginya delapan tahun kemudian. Beberapa kilasan, menunjukkan ingatan, halusinasi, atau bahkan pertemuan khayalan. Ruangan yang ditunjukkan di awal animasi disajikan lagi; Mikako berjongkok di sudut, terisak dan memohon dengan doppelgangernya untuk membiarkannya melihat Noboru lagi sehingga dia bisa mengatakan kepadanya bahwa dia mencintainya.


5. The Place Promised In Our Early Days
Kumo no Muko, Yakusoku no Basho

Sinopsis : Setelah Pemisahan Jepang pada tahun 1974, pulau utara Hokkaidō (atau Ezo, seperti yang disebut dalam anime) ditempati oleh "Union" (mengacu pada Uni Soviet). Pada tahun yang sama, Union memulai pembangunan menara aneh di Hokkaido yang dirancang oleh seorang ilmuwan bernama Ekusun Tsukinoe. Anime ini mengikuti kisah tiga teman yang tinggal di Aomori, di Jepang utara: dua anak laki-laki, Hiroki Fujisawa dan Takuya Shirakawa, keduanya anak ajaib dan seorang gadis, Sayuri Sawatari. Pada tahun 1996, ketiganya berada di kelas sembilan, tahun terakhir sekolah menengah pertama mereka, dan mereka terpesona oleh Menara Hokkaido yang terlihat melintasi Selat Tsugaru di utara. Sayuri menjadi teman dekat dengan kedua bocah lelaki itu.

Anak-anak itu menemukan pesawat drone Pasukan Bela Diri yang jatuh dan bekerja untuk membangun kembali pesawat itu dengan dukungan Mr. Okabe, bos mereka di pabrik militer. Tiga remaja berjanji untuk suatu hari terbang ke Hokkaido untuk mengunjungi Menara. Namun, sebelum mereka bisa melakukan ini, Sayuri menghilang secara misterius selama musim panas.


6. 5 Centimeters per Second
Byosoku Go-senchimeteru

Sinopsis : Anime ini memiliki tiga bagian yaitu Oukashou, Kosmonauto, dan Byousoku Go-senchimeteru. 

Bagian Pertama. Pada tahun 1995, Takaki Tōno dengan cepat berteman dengan Akari Shinohara ketika ia pindah ke sekolah dasar di Tokyo. Mereka tumbuh lebih dekat satu sama lain karena minat dan sikap yang sama misalnya, mereka berdua lebih suka tinggal di dalam selama istirahat karena alergi musiman mereka. Akibatnya, mereka membentuk ikatan yang kuat, mereka berbicara satu sama lain menggunakan nama panggilan kesayangan yang mereka berikan masing-masing, itu merupakan pertanda persahabatan dan keakraban yang mendalam di Jepang.

Setelah lulus dari sekolah dasar, Akari pindah ke prefektur Tochigi terdekat, karena pekerjaan orangtuanya. Keduanya tetap berhubungan dengan menulis surat tetapi akhirnya mulai menjauh. Ketika Takaki mengetahui bahwa keluarganya akan pindah ke Kagoshima di sisi lain negara itu, ia memutuskan untuk secara pribadi pergi menemui Akari karena mereka akan terlalu jauh untuk saling mengunjungi setelah pindah. Dia juga menyiapkan surat untuk Akari mengakui perasaannya untuknya. Namun, Takaki kehilangan surat itu selama perjalanan dan badai salju yang parah terus-menerus menunda kereta selama beberapa jam. Ketika keduanya akhirnya bertemu dan berbagi ciuman pertama mereka, Takaki menyadari bahwa mereka tidak akan pernah bersama lagi.

Bagian kedua bercerita saat Takaki yang saat itu kelas tiga SMA. Ada seorang gadis yang mencintainya bernama Akane. Sementara pada bagian ketiga bercerita saat Takaki sudah bekerja di sebuah perusahaan. Namun dia belum saja bisa melepaskan bayang-bayang Akari. Sayangnya, Akari sudah bertunangan dengan pria lain. 

7. Children Who Cases Lost Voices
Hoshi o Ou Kodomo

Sinopsis : Asuna sering sendiri sejak ayahnya meninggal. Ibunya harus bekerja sepanjang hari untuk membiayai hidupnya. Hal itu membuatnya jarang bertemu Asuna. Untuk membunuh sepi, Asuna sering bermain di tebing hutan. Dia senang berlama-lama di sana. Di daerah tebing itu pula dia bertemu dengan Mimi, seekor kucing yang menjadi temannya. Sebelum meninggal, ayah Asuna memberikan sebuah kepingan kristal yang bisa membawanya ke dunia lain. Suatu kali, saat dia sedang menuju tebing, dia bertemu seorang lelaki yang menyelamatkannya dari binatang buas. Mereka duduk bersama di tebing. Sayangnya itu tidak lama. Ada kejadian mengerikan setelah pertemuan mereka.

8. Someone's Gaze
Dareka no Manazashi

Sinopsis : cerita ini berfokus pada anak perempuan yang bernama Aya Okamura, orang tuanya, dan kucing peliharaan mereka Mii. Aya baru-baru ini mengambil pekerjaan yang memungkinkannya untuk pindah dari rumah, ayahnya, Kōji, tinggal di rumah sendirian dengan kucing mereka sementara ibu Aya, Minako, bekerja di luar negeri. Mii adalah kucing tua, awalnya diperoleh sebagai anak kucing oleh ayah Aya untuk membantu putrinya mengatasi ketidakhadiran ibunya, dan sekarang dalam kondisi kesehatan yang buruk. Kisah ini diriwayatkan dari sudut pandang kucing.

Cerita dimulai dengan Aya pulang dari hari yang sulit di tempat kerja. Setelah bersantai di tempat tidurnya, dia menerima panggilan telepon dari ayahnya, yang ingin makan malam dengannya. Namun, dia menolak dengan berbohong tentang masih bekerja. Aya merenungkan masa kecil Aya dan kehidupan keluarga, terutama memikirkan bagaimana kedewasaan dan kemandiriannya telah menciptakan jarak antara dia dan ayahnya, yang semakin kesepian namun bahagia untuknya. Malamnya, Aya bangun untuk panggilan telepon lain dari ayahnya. Setelah mengetahui kematian Mii, dia mengunjungi ayahnya dan makan siang bersamanya, sebuah pengalaman yang membawa keduanya semakin dekat. Aya kemudian mengunjungi ayahnya untuk melihat anak kucing baru yang dibelinya. 

9. The Garden of Words
Kotonoha no Niwa

Sinopsis : Mimpi anak usia 15 tahun seringkali disepelekan. Mungkin itu pula yang dirasakan Takao Azizuki, yang bermimpi menjadi perancang sepatu. Saat banyak orang tidak percaya, ada harapan dari Yukino, seorang gadis berumur 27 tahun yang mungkin bisa mendukungnya. Saat sedang bolos sekolah untuk merancang sepatu, Azizuki secara tidak sengaja bertemu Yukino di Taman Nasional Shinjuku Gyoen. Sejak saat itu, mereka bertemu di taman secara acak dan tanpa perencanaan. Mereka sering bertemu di saat hujan. Pertemuan itu lama-kelamaan membawa mereka saling mengetahui satu sama lain.

10. Your Name
Kimi no Na Wa

Sinopsis : Taki dan Mitsuha merupakan siswa SMA yang tidak saling mengenal. Taki hidup di kota sementara Mitsuha hidup di desa. Suatu hari, kehidupan mereka tertukar, kejadian yang mengubah kehidupan mereka. Taki bangun di tubuh Mitsuha dan sebaliknya. Mereka harus saling menyesuaikan perbedaan hidup yang sangat drastis ini. Karena adanya sebuah pola waktu yang berbeda, mereka mencoba berkomunikasi dengan catatan dan cetakan. Ada sebuah kejadian lagi yang kemudian menggeser waktu, dan memungkinkan mereka untuk bertemu. Namun tetap saja, masih banyak rintangan dari hal yang tidak mereka tahu.

11. Weathering with You
Tenki no Ko

Sinopsis : Urbaninasi di Jepang terus meningkat. Statista mencatat, sebanyak 91,5 persen warga Jepang tinggal di kota. Warga desa terpencil di Shikoku, Jepang turut melakukan urbanisasi ke Tokyo, termasuk Hodoka. Dia melakukan perjalanan panjang dari desa kecil menuju Tokyo. Dia sempat bertemu dengan seorang pria bernama Keisuke yang menawarkan bantuan, tetapi Hodoka merasa aneh dan memutuskan untuk mencari peruntungan lainnya. Selama mencari peruntungan di Ibu Kota Jepang, Hodoka harus tidur di jalanan. Merasa terdesak dengan keadaan, Hodoka kembali menghubungi Keisuke. Dia ditawari pekerjaan menjadi penulis majalah lokal milik Keisuke. Majalah itu membahas soal supernatural dan hal-hal aneh yang terjadi di sekeliling manusia. Hodoka mendengar kisah soal pengendalian cuaca. Konon, ada seorang gadis memiliki kekuatan untuk menghentikan hujan hingga membuat langit cerah. Sebagai penulis, Hodoka mulai mencari tahu kebenaran tersebut. Dalam mencari tahu soal legenda itu, Hodoka bertemu dengan Hina Amano yang ternyata memiliki kekuatan yang mampu mengendalikan cuaca.



saeful07
danHook
nona212
nona212 dan 267 lainnya memberi reputasi
268
9.3K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.