• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dirumah Aja Membuat Bisnis Besar Hancur, PHK Terjadi Dan Rakyat Lapar Apa Solusinya?

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Dirumah Aja Membuat Bisnis Besar Hancur, PHK Terjadi Dan Rakyat Lapar Apa Solusinya?




Sudah berapa lama kita di paksa untuk dirumah? Bahkan sebagian orang sudah merasa bosan, tipe manusia sebagai mahluk sosial memang membutuhkan orang lain.

Efek covid-19 benar-benar menghantam sektor bisnis besar di Indonesia, sudah banyak perusahaan pun tak sanggup menggaji karyawannya dan akhirnya PHK terjadi di mana-mana. Untuk mencari uang dengan cara biasa akan sulit karena sistem sepertinya tak memihak kalau banyak orang selalu berada di rumah.



Maka intinya kita harus berubah atau mati lapar!!

Masih ingat kisah sosok Ibu yang berada di Serang Banten tidak makan 2 hari hanya minum air galon saja untuk survive? Dan kini beliau pun meninggal karena tak tahu caranya merubah sistem kerja di dunia yang sengaja di percepat, dimana sistem saat ini menuntut agar semua orang bekerja dengan cara tak biasa.



Seperti yang pernah kita ketahui setiap peristiwa selalu ada dua sisi, ketika satu sisi itu hancur sisi yang lain meningkat sangat tajam. Terlihat sekarang platform streaming banyak diburu orang, online payment meningkat drastis, pengguna gaming platform tertinggi sepanjang sejarah. Untuk itu tetaplah "Positif dan Adaptif".

Karena manusia memang cenderung bersifat adaptif dalam menangani banyak masalah.



Jadi Solusinya Bagaimana?

Jangan putus asa, pekerjaan akan selalu ada selama manusia masih membutuhkan manusia lain selama mereka hidup.

Pastinya kamu punya smartphone bukan? Apa yang kalian mainkan PUBG, Mobile Legend, atau berselancar didunia medsos? Terlihat saat ini masa depan ada dalam genggamanmu.

Jadikan smartphone menjadi hal yang berharga, sarana untuk mencari rupiah. Karena saat ini kita harus merubah kebiasaan lama, teknologi semakin berkembang bila tiba saatnya nanti manusia tidak terlalu dibutuhkan lagi untuk pekerjaan formal. Semua sudah bisa berjalan dengan AI dan juga sistem robotik yang mulai di produksi massal.



Cobalah melirik hal yang bisa diolah oleh industri kreatif yang begitu banyaknya menawarkan platform di dunia maya, bukan hanya menjadi kontent kreator youtube dan instagram saja karena dua platform itu sudah oversaturrated karena saking banyaknya yang bermain disana.

Kalian pecinta fotografi atau videografi bisa menjual hasil jepretanmu di platform envato, Shutterstock, fotolia, gettyimage, videvo dan beragam nama platform lainnya. Disini skillmu dapat bercerita dan intelektual propertymu akan dibayar dengan dollar.





Kalian yang suka created musik atau komposer bisa menjual hasil karyamu di platform spotify, epidemic sound, youtube music, apple music dimana karyamu disini akan lebih bisa bicara banyak dengan sebuah suara.

Bila kamu mempunyai keahlian designer, programer, performer atau model kamu bisa mengikuti platforn freelancer, fiver, up work dan banyak lainnya.

Hal ini juga dimanfaatkan oleh warga venezuela ketika sedang terkena krisis, bayaran dollar juga menjadi salah satu penyebab akhirnya mereka pun beralih ke banyak platform digital untuk mencari uang karena nilainya lebih menguntungkan ketika mata uang mereka melemah.





Bila keahlianmu sebagai penulis maka banyak platform yang bisa kamu manfaatkan terutama forum kita ini yaitu kaskus, selain kaskus tentu banyak juga platform lainnya seperti wattpad, steller, storial, dan banyak platform lainnya. Tidak jarang juga dari tulisanmu ini nantinya ada yang di beli oleh publisher untuk naik ke media cetak atau ke media layar kaca. You know Genta? "Keluarga Tak Kasat Mata" menjadi contoh tulisan yang sukses diangkat ke layar lebar.

Kalau gansis punya keahlian graphic art atau ilustrator, maka banyak platform dapat kalian gunakan seperti Webtoon, Etsy, Behance dan lainnya.

Bagaimana kalau kamu mempunyai keahlian sebagai programer, dan game design maka banyak juga platform yang bisa gansist coba untuk jual hasil karyamu seperti steam, gog bahkan apple store dan juga playstore. Bahkan playstation store, xbox store juga memberikan pilihan bila kamu adalah developer besar.



Setidaknya thread ini hanya untuk berbagi karena antara sesama mahluk sosial akan terus membutuhkan manusia lainnya, inilah pondasi awal untuk kita agar jangan berputus asa. Ketika banyak terjadi PHK di satu sisi lalu kita harus melirik sisi lainnya tak boleh lengah, apalagi gundah.

Setidaknya inilah sebuah awal baru untuk anak cucu kita nantinya, industri kreatif yang menampilkan banyak anak muda. Tetapi, perlu hati-hati juga seperti yang terjadi pada kartu prakerja. Masyarakat butuh makan bukan video pelatihan yang banyak terdapat di video gratis, uang negara sebesar satu juta untuk pelatihan kenapa tidak dibuka untuk membuat industri kreatif. Negara yang membiayainya, daripada menguntungkan staf khusus dengan embel millenial yang ternyata adalah buzzer yang ingin mendapatkan duit negara dengan cara mudah.



Bagaimana caranya?

Saling bekerjasama, walau tanpa tatap muka tetap bisa berjalan. Mau menciptakan apa? Sebuah game, di perlukan beberapa para ahli, designer, programer dan juga komposer dan lainnya ini bisa dilakukan masing-masing di dalam rumah. Lalu disatukan semua itu hingga menjadi sebuah game yang siap di pasarkan. Bila tak ada sarana inilah tugas negara untuk hadir membiayai sarana infrastruktur membuat sebuah game, dari peralatan software dan hardware serta tim marketing.



Daripada harus menjual video pelatihan dengan embel-embel kartu pra kerja?

Di era ini semua lebih praktis dan bila kita berfikir kritis maka tidak ada yang tidak mungkin. Tanpa bantuan negara saja sebenarnya kita bisa, apalagi dibantu oleh negara? Jelas ini proyek besar untuk menanamkan jiwa kreatif di era industri 4.0 ini.

Masihkah kita diam? Masihkah kita mengeluh? Masihkah kita duduk berpangku tangan?

Saya c4punk see u next thread




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF







infinitesoulsrusuutkingoftki
kingoftki dan 244 lainnya memberi reputasi
243
8.2K
161
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.