hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Jangan Sampai Salah, Menjemur Bayi Ternyata Dapat Membahayakan!


Agan dan Sista!

Bagaimana kabarmu?
Bagaimana kabar buah hatimu?

Semoga kamu dan keluarga senantiasa sehat dan berada dalam lindunganNya ya!

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, banyak sekali beredar artikel-artikel yang berisi tentang cara-cara yang bisa GanSis lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk juga terhindar dari COVID-19. Mulai dari berbagai macam ramuan degan manfaatnya, hingga pentingnya berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Meskipun sebenarnya belum ada penelitian pasti yang mengatakan bahwa berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membunuh COVID-19, tapi memang ada manfaat di balik berjemur matahari pagi, kok. Bahkan manfaat yang didapat dari matahari pagi tak hanya untuk orang-orang dewasa saja, anak-anak bahkan bayi pun akan mendapatkan manfaat dari berhjemur di bawah sinar matahari pagi. Agan dn Sista pasti sering kan melihat bay-bayi baru lahir dibawa berjemur oleh orangtuanya setiap pagi.

Tapi ingat GanSis, menjemur bayi di bawah matahri tidak boleh sembarangan, ada hal-hal yang harus kalian perhatikan. Karena kalau salah justru akan membahayakan buah hatimu.



Lakukan Pada Waktu yang Tepat dan Dengan Durasi yang Ditentukan



Waktu untuk menjemur bayi sudah ditentukan, GanSis. Ada baiknya bayi dijemur di bawah matahari pagi pada pukul 07.00 hingga 09.00 atau setelah pukul 14.00. Jangan sekali-kali kalian menjemur buah hatimu pada pukul pukul 10.00 hingga pukul 14.00, karena pada saat itu jumlah radiasi sinar UV B sedang tinggi-tingginya. Oh iya, waktu menjemur dari pukul 07.00 hingga 09.00 bukan beraarti kalian harus menjemurnya selama 2 jam ya, tapi cukup 10 – 15 menit saja.


Tetap Lindungi Kulit dan Matanya



Agan Sista kalau menjemur buah hatimu biasanya gimana? Apa kamu biarkan ia dalam keadaan tanpa busana? Kalau kamu pernah melakukan itu, sebaiknya jangan diulang ya, karena hal tersebut ternyata salah. Kulit bayi yang masih sangat tipis akan mudah terbakar jika kamu menjemurnya tanpa menggunakan perlindungan. Jadi usahakan si bayi tetap menggunakan pakaian ya. Selain itu, ada baiknya juga kalau kamu melindungi area matanya, kamu bisa menutupinya dengan menggunakan kain atau gunakan kaca mata hitam ya. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu retina matanya yang masih sangat sensitif.


Gunakan Juga Tabir Surya



Bayi-bayi yang baru lahir memang belum boleh menggunakan tabir surya, tapi jika buah hatimu sudah mulai menginjak usia 6 bulan ada baiknya gunakan tabir surya sebelum dijemur. Tak perlu SPF yang tinggi, cukup tabir surya dengan SPF 15 saja ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah bahaya dari sinar UV.


Pilih Tempat yang Terkena Cahaya Matahari Langsung



Ketika menjemur buah hati kalian harus cermat-cermat memilih spot terbaik ya. Meskipun kalian tetap harus melakukan perlindungan pada si bayi dengan menggunakan baju, kaca mata hitam, dan tabir surya, tapi kamu tetap harus mencari spot yang terkena cahaya matahari langsung, jangan malah ngadem di bawah pohon atau di balik kaca, ehehehe. Karena objek-objek yang menghalangi matahari ini juga akan menghalangi sinar UV yag dibutuhkan oleh si bayi.



SUMBER
sarkaje
nona212
tien212700
tien212700 dan 51 lainnya memberi reputasi
52
1.8K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.