• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Keselamatan Kamu Terjamin, Air Bag Tidak Hanya Ada Di Mobil Sekarang Motor Juga

Odleva
TS
Odleva
Keselamatan Kamu Terjamin, Air Bag Tidak Hanya Ada Di Mobil Sekarang Motor Juga
Jaman sudah semakin canggih, makin kesini pabrikan makin berkembang dan terus melakukan inovasi-inovasi keren seperti salah satunya yang akan kita bahas kali ini.

Seperti kebanyakan orang tahu, teknologi Air Bag hanya bisa ditemukan di kendaraan roda empat, truck bus dan alat transportasi lainnya. Sampai saat ini kendaraan yang masih jarang menggunakan fitur ABS adalah motor. Meskipun sudah ada beberapa yang pakai seperti Honda Goldwing dan motor premium lainnya.



Itulah mengapa motor sangat dinilai kurang aman dalam urusan safety, bahkan jika kamu telah menggunakan helm, anggota badan lainnya pun bisa terkena benturan benda keras ketika terjadi kecelakaan.

Tapi tenang, pabrikan wearpack balap seperti Dainese sudah mulai mengembangkan teknologi air bag di beberapa produknya. Mereka menyebut paten air bag ini dengan nama D-Air…para pembalap MotoGP sudah banyak yang menggunakan wearpack air bag ini, tentunya selain menghindari cidera juga meminimalisir efek benturan.

Tidak hanya Dainese saja, Alpinestar juga mengeluarkan teknologi yang serupa, mereka menyebutnya dengan Tech-Air. Setelah mengalami banyak percobaan serta riset, hingga akhirnya mereka sudah dapat menghadirkan teknologi keselamatan ini dengan kualitas yang sudah teruji.



Jadi sistem air bag yang ada di wearpack ini memiliki semacam sistem CPU sendiri, atau di Dainese mereka menyebutnya dengan Intelligent Protection System untuk membaca sensor sebanyak 7 buah, diantaranya adalah tiga akselerometer, tiga sensor giroskopik, dan satu unit GPS.

Dengan itu sistem akan mengkalkulasikan dan mendeteksi potensi terjadinya kecelakaan, sistem dapat memindai dalam 1000 kali pindaian per detik, sehingga tidak ada kata delay.



Jika sistem mendeteksi terjadinya kecelakaan, maka balon yang ada didalamnya akan mengembang dalam waktu beberapa milidetik, kurang lebih sekitar 20-40 milidetik.

Katrid tekanan tinggi akan memenuhi area di sekitar bahu, dada, tulang rusuk dengan jumlah volume sebesar 11 liter. Mereka mengklaim jika teknolgi D-Air ini dapat meredam benturan sebanyak 90% dari tubuh.

Referensi : tmcblog.com(13/4/2020).
y4ns4nnona212tien212700
tien212700 dan 258 lainnya memberi reputasi
259
5.6K
137
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.