joko.win
TS
joko.win
Sudah Sebulan,Menanti Janji Anies Wujudkan Lab BSL3 untuk Cek Sampel Corona diJakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan teleconference dengan pimpinan kota jaringan C40 membahas penanganan corona. Foto: Facebook/Anies Baswedan

Pemerintah terus meningkatkan jumlah laboratorium untuk pengetesan sampel dengan metode PCR. Dengan peningkatan jumlah lab dan kuantitas pengetesan, diharapkan jumlah pasien yang terjangkit virus corona bisa diketahui lebih cepat.

Berbicara soal kapasitas laboratorium, tentu ingat dengan janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghadirkan laboratorium bio safety level (BSL) 3. Dengan begitu pengetesan bisa menjadi lebih banyak angkanya.

Rencana itu sempat disampaikan Anies saat berbincang dengan mentalis Deddy Corbuzier yang diunggah melalui channel Youtube Deddy. Saat itu, Anies menyampaikan rencana soal kehadiran laboratorium BSL 3 di Jakarta.

"Yang paling akurat, adalah dengan menggunakan swab. Ya tingkatkan kemampuan untuk melakukan testing. Kita di Jakarta ini sedang ngebut membangun lab BSL 3, biosafety lab level 3. Untuk bisa melakukan itu," kata Anies Baswedan dikutip dari wawancaranya bersama Deddy Corbuzier di Youtube, Senin (30/3).

Anies menuturkan, dengan adanya lab BSL 3 di Jakarta dapat meningkatkan kapasitas pengetesan sampai angka ribuan per hari. Di kesempatan yang sama Anies menyatakan lab itu sudah bisa dipakai satu minggu setelah dirinya mengungkapkan itu dalam wawancara itu.

"Mudah-mudahan minggu depan sudah selesai, lab nya sudah siap. Nanti kalau sudah siap saya umumin sekalian. Sekarang sudah dikerjain. Nanti begitu kalau sudah siap saya umumkan," ucapnya.

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta memang memiliki laboratorium kesehatan daerah (Labkesda). Saat ini, levelnya BSL 2 plus. Meski sudah bisa meneliti hasil tes swab, kapasitasnya masih terbatas.

Untuk itu, Pemprov DKI mempercepat pembangunan laboratorium BSL 3 agar pengetesan swab lebih banyak dan cepat menekan penularan virus corona.

Sudah hampir satu bulan, Anies belum juga mengumumkan kesiapan lab BSL 3 di Jakarta. Padahal, pengoperasian lab itu sangat penting untuk kecepatan mendeteksi pasien positif virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti belum mau berkomentar terkait kesiapan lab BSL 3 di Jakarta.

Terkait rencana Jakarta punya lab BSL 3, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria, mengatakan dirinya belum tahu secara rinci soal Anies ingin membangun Lab BSL 3 di Jakarta.

https://www.google.com/amp/s/m.kumpa...ta-1tGAGc6kotb

Diubah oleh joko.win 20-04-2020 09:50
netizen62DoDoLanDoDoLonik
onik dan 268 lainnya memberi reputasi
261
10.6K
271
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.