• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lakukanlah Kebaikan, Karena Segala Sesuatu Pasti Akan Kembali Pada Diri Sendiri.

sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
Lakukanlah Kebaikan, Karena Segala Sesuatu Pasti Akan Kembali Pada Diri Sendiri.

Tak terasa ya 3 hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, tapi euforia menyambut bulan Ramadhan sama sekali tidak terasa. Semua gara-gara virus Corona yang saat ini masih menjadi musuh manusia, berharap sekali virus ini secepatnya pergi dan kami kaum muslimin bisa menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan tanpa rasa takut untuk berkumpul beribadah.

Ngomong-ngomong tentang bulan Ramadhan, ane teringat 1 hal kecil yang pernah ane lakukan di parkiran kampus. Ane ga pernah menyangka kebaikan kecil yang ane lakukan bisa berdampak besar untuk Dia, dan juga bisa kembali sebagai rejeki luar biasa kepada ane. Sejak saat itu ane bener-bener percaya nasihat "Semua perbuatan baik yang kamu lakukan, entah sekecil apapun itu, niscaya akan kembali pada dirimu sendiri". Ane dulu kuliah di Universitas Mercu Buana Jakarta, kebetulan ane masuk program kelas karyawan dimana semua mahasiswa nya sudah memiliki pekerjaan. Dan ane selalu mengambil kelas malam, karena ane pulang kerja pukul 19.00 malam. 

Dok.pribadi
Normalnya kelas berakhir pukul 21.30 untuk yang berbobot 3 sks dan pukul 21.00 untuk kelas yang berbobot 2 sks. Tapi tak jarang juga kelas berakhir lebih cepat atau lambat tergantung mood dari dosennya.

Malam puasa pertama sebenarnya ane tidak ada kelas, tapi karna ada satu tugas elearning berkelompok dan harus submit malam itu, jadi ane ke kampus dengan beberapa teman untuk mengerjakan tugasnya, kita selesai sekitar pukul 22.30 dan suasan kampus sudah mulai sepi, dan gerbang sudah hampir ditutup. Untungnya ane bawa motor, jadi ane sama sekali tidak khawatir walaupun pulang malam.

Ketika ane melewati halte bus didepan masjid kampus, ane ngeliat ada satu mahasiswi sendirian celingukan ke-kanan kiri, terlihat gelisah sekali, tebakan ane sih dia lagi nunggu angkot pasti karena berhenti di halte. Tapi ini udah tengah malem mana ada angkot lewat. Makanya ane inisiatif nyamperin cewek ini.

Singkat cerita ternyata bener, dia lagi nunggu angkot. Terus ane bilang ini udah malem, angkot pasti udah ga ada. Ane saranin naik ojek online tapi dia gamau, ane ga tanya si kenapa dia gamau naik ojek online. Pas ane tanya ternyata dia kost di daerah srengseng, sedangkan ane kost di pesanggrahan wah deket. Yaudah akhirnya ane tawarin buat pulang bareng. Malem itu, ane anterin dia sampe gang rumahnya, tapi ane ga tanya namanya siapa.

Setelahnya ane ga pernah ketemu atau papasan sama cewek ini dikampus, bahkan ane juga udah lupa mukanya seperti apa.

Waktu emang cepet banget berlalu, semester 7 adalah semester terberat buat ane, karena ane kehilangan pekerjaan ane, bos ane bangkrut dan semua karyawanya dirumahkan termasuk ane. Padahal ane adalah seorang perantauan, membiayai hidup dan kuliah sendiri, sedangkan ane nganggur hampir 1 bulan lamanya, pusing nyari kerja kesana-sini susah banget, banyak yang menolak dengan alasan karna ane masih mahasiswa. Ga kehitung udah berapa banyak lamaran yang ane kirim, udah berapa kali ane melakukan interview, tapi masih belum ada yang nyangkut. Sampe akhirnya ane dapet info loker dari temen kampus ane di Jakarta Pusat, ini adalah perusahaan multifinance dan sedang membutuhkan seorang Accounting.

Siapa sangka besok nya ane langsung dapat panggilan untuk psikotes dan interview di perusahaan multifinance tersebut, dan tau ga ternyata manager accounting yang mewawancarai ane, adalah cewek yang dulu ane anterin pulang ke Srengseng ternyata namanya Erna. Alhamdulilah hari itu ane diterima bekerja disana, alhamdulilah karna akhirnya ane bisa dapet kerja.

Setelah bekerja beberapa hari, ane iseng-iseng nanya ke mb Erna, kenapa ane yang diterima, padahal ane sempet ngobrol dengan kandidat lain dan mereka semua sudah sarjana, serta sudah pengalaman. Kenapa justru milih ane yang belum punya pengalaman di bidang accounting secara nyata.

Ane inget banget jawaban mb Erna. "Sin, nyari orang pinter itu gampang, tapi nyari orang baik susah, dulu pas mb Erna ga bisa pulang keabisan ongkos dari sekian banyak mahasiswa di kampus yang lewat depan mba, cuma kamu yang mau nolongin nganterin mba. Kalo ga ada kamu, mungkin dulu aku udah jalan kaki sampe kosan. Mana bisa aku lupa."

Wah ane ga nyangka banget sih, padahal itu udah 2 tahun lebih kejadianya, tapi mb Erna masih inget, dan kebaikan kecil ane dulu sangat membantu mb Erna. Ane jadi sadar, kadang hal kecil yang kita lakuin bisa berarti banget buat orang lain. Dan dari sini, ane mulai percaya bahwa semua hal akan berbalik pada diri kita sendiri. Apalagi kebaikan, semakin banyak kita melakukan kebaikan, maka akan semakin banyak pula kebaikan yang akan kembali ke kita.

Dari mba Erna, ane juga belajar untuk tidak pernah melupakan kebaikan orang lain. Supaya nanti jika kesempatanya tiba, ane bisa membalas kebaikan mereka. Alangkah indahnya dunia, jika kita bisa saling membantu sesama manusia.
Ini adalah potret kebersamaan ane dengan mba Erna. Terimakasih mba Erna telah membagikan banyak hal positif, semoga kebahagiaan selalu menyertaimu mba.

Zhilgwin Sindy-20 April 2020

Spoiler for Spoiler for bagi-bagi cendol seger.:

Diubah oleh sinsin2806 20-04-2020 13:51
sebelahblog
ginanisa7
nunu403
nunu403 dan 66 lainnya memberi reputasi
67
728
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.